Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Minggu, 06 Juli 2008

Life Will Find A Way



Sekitar jam 11 siang, sepulang dari Posyandu di blok D kiri, saya berpapasan dengan seorang pria yang sudah tidak asing lagi bagi saya, sebutlah namanya A. Dia adalah pasien skin graft saya. Dari dirinya saya mendapat pelajaran moral yang pertama: life will find a way. Sama persis dengan kalimat yang pernah diucapkan oleh tokoh Ian Malcolm dalam film Jurrasic Park.

Alkisah dua bulan yang lalu, sebagian kulit dan daging telapak kaki kanan pria ini terlepas. Sebabnya adalah kaki kanannya waktu itu masuk gir sepeda. Kulit dan daging yang sempat jatuh ke tanah ditempelkan begitu saja ke bekas luka sebelum saya datang ke rumah untuk merawat lukanya.

Waktu itu saya dihadapkan pada dua pilihan, antara membiarkan luka terbuka dan mengharap daging tumbuh dari dalam ataukah menambal kembali luka dengan kulit dan daging yang terlepas tadi. Saya ambil pilihan yang kedua dengan harapan kulit dan daging tadi bisa menyatu kembali. Dengan pilihan ini saya prediksi pemyembuhan akan terjadi lebih cepat.



Tiga hari berlalu, saya lihat ternyata ada tanda-tanda vaskularisasi di kulit hasil graft. Seminggu kemudian saya angkat jahitan. Di satu sisi sebenarnya sudah mau menyatu, tapi di sisi yang lain masih membuka. Maka saya berikan dua jahitan lagi. Selang tiga hari, dua jahitan itu saya lepas. Kulit bagian luar (epidermis) ikut terlepas. Di bawahnya timbul semacam epidermis baru.



Saya pikir graft tadi sudah benar-benar menyatu. Ternyata dugaan saya meleset. Graft yang saya pasang terlepas sedangkan daging di bawahnya menutupi luka tadi. Puji Tuhan. Kata A, graft itu lepas karena diinjak anaknya saat baru tiduran! Selama tiga minggu, A tadi saya berikan anti nyeri dan antibiotik untuk mencegah infeksi sekunder.

Skin graft saya memang gagal, tapi tubuh seperti halnya alam, memiliki mekanismenya sendiri untuk tetap survive. Tuhan menciptakan manusia terdiri dari sel-sel yang jenius.

10 komentar:

iwakpindank mengatakan...

Dok..Foto2 lukanya serem amat..Grrhh..

Ya semoga pasiennya lkas sembuh...

Dok tnya..Apa sesak nafas itu turunan?

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ dik Fina:
Amin.

Sesak nafas diagnosanya macam-macam. Kalo sesak nafas karena asma ya termasuk penyakit turunan.

alka great mengatakan...

subhanallah....
Allah SWT telh menciptakan dengan sempurna......

btw mas, ada terbersit rasa was-was ato cemes gak dengan kejadian itu....?
trus si pasien ada wajah kecewa juga gak mas.....?

Luluch The Cinnamon mengatakan...

hehehe, aku mengalaminya sendiri lhoh... pas aku trejun ke laut, eh jempol kaki kiriku kena karang. Pas mau dijahit, baru sadar, klo udah gumpil 2x 0,5 cm, ndak iso dijahit, sisa kulitnya juga udah ga ketauan kemana [ketinggalan di laut be'e :P]. AKhirnya cuma tak balut aja, ga isa dijahit. Eh ternyata lama-lama menyatu sendiri n sembuh sempurna. My cell works well :D

geLLy mengatakan...

kak Dre Pic sakitnya sEreM aku ga' tega lihat ^^ moga Cepet SeMbuh amieMNMM

Dony Alfan mengatakan...

Wah, sing nyawang wae ngeri, opo maneh sing nglakoni

si Dyah mengatakan...

Memang yang di Atas itu jeniusnya jenius.
Tapi, wadaw Ndri...gak tahan deh liat fotonya!
*kabur*

Daniel Witanto mengatakan...

Hebat sekali memang tubuh kita dirancang sedemikian rupa oleh Tuhan lengkap dengan daya regenerasi.. Dalam kasus ini tentunya graft sangat membantu karena tanpa itu penyembuhan akan lebih lama, dan jaringan yang beregenerasi sulit bersatu karena jaringan yang rusak terlalu luas

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Alka Great:
Aku sih pas pertama liat lukanya bener2 miris...pasiennya juga kesakitan. Waktu itu banyak keluarga pasien yang maw liat lukanya...jadinya ramai banget.

@ Luluch:
Paling2 kulitmu dah dimakan hiu luch...wkwkwkwk...

@ Gelly:
Amiin. ^_^

@ Mas Dony:
Bener mas...Untunge wae mari.

@ Mbak Dyah:
Pokoke Aqila jangan sampe liat deh...ntar malah gak bisa tidur...hehe...

@ Daniel Witanto:
"Dan bila aku sakit, maka Tuhan-lah yang menyembuhkan aku".

Setidaknya saya sudah mengusahakan yang terbaik.

gadis mengatakan...

liat dagingnya, ga jadi makan, terbayang2 hikssss

Recent Comments