Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Minggu, 03 Agustus 2008

100 Implant


Selasa kemarin, tepatnya tanggal 29 Juli 2008, Terusan Tengah tidak seperti Selasa pada umumnya. Beberapa spanduk dibentangkan, umbul-umbul ditancapkan dan Puskesmas pun dipenuhi oleh berjubel ibu-ibu, yang sebagian menggendong anaknya. Tampak pula beberapa seniman Reog beratraksi memamerkan kebolehannya.

Hari itu, Bupati Kapuas hadir bersama jajaran Muspida untuk membuka secara simbolis pemasangan 100 implant secara gratis. Acara ini merupakan buah kerjasama antara Kodim 1011/Kualakapuas, Puskesmas Terusan Tengah, warga tiga desa di Terusan Tengah dan tentu saja Karjo. Karena atas jasa Karjo lah minuman khas Terusan bisa terhidangkan di depan para tamu undangan. Job description Karjo sederhana saja: memetik 80 buah kelapa muda. Jika Anda sedang menganggur dan bersedia diupah 25 ribu rupiah untuk memetik 80 buah kelapa dalam tempo sehari, datanglah ke Terusan sehari sebelum Bupati berkunjung.

Bagi orang di daerah Terusan, istilah gratis bisa membuat kuping berdiri. Orang yang tidak berniat pasang implant pun serta merta ikut andil juga. Walhasil, target 100 implant pun bukan hal yang sulit untuk dicapai.

Semua sumber daya manusia Puskesmas pun dikerahkan. Tak ketinggalan mbak Hera dan pak Leon yang dipanggil khusus dari Pustu mereka di Terusan Raya. Hasilnya, terkumpul sebanyak 12 tenaga medis yang kemudian dibagi menjadi 6 tim. Masing-masing tim terdiri atas 1 operator dan 1 asisten. Saya sendiri (bersama dr Freddy) diberi job description yang lumayan mentereng, dokter konseling. Artinya, bila ada kasus-kasus abnormal maka kami lah yang harus turun tangan. Atau bila ternyata ada pasien yang ‘meragukan’, maka kami lah yang harus memutuskan apakah pasien tersebut boleh dipasang implant atau tidak. Hebat bukan?

Bagi kawan-kawan yang belum mengenal implant, akan saya jelaskan sekelumit tentang implant ini. IMPLANT, biasanya lebih familiar dengan sebutan susuk KB. Susuk yang dipakai dalam acara kali ini bukanlah susuk dari mbah dukun untuk menambah aura kecantikan, akan tetapi berupa susuk KB II tiga tahunan, yang mana terdiri atas 2 kapsul implant yang masing-masing mengandung hormon levonorgestrel 75 mg.

Sebelum diputuskan untuk menggunakan kontrasepsi jenis ini, sebaiknya pemakai berkonsultasi dengan dokter. Kontra indikasi pemasangan implant yaitu: hamil atau diduga hamil, perdarahan per vaginam dengan penyebab yang tidak jelas, penyakit hati yang akut, kanker, penyakit jantung dan pembuluh darah. Pasien hipertensi dan diabetes sebaiknya tidak memakai kontrasepsi jenis ini.

Implant memiliki superioritas dibanding metode kontrasepsi yang lain. Metode ini efektif mencegah kenhamilan dalam rentang yang lama, keberhasilannya tinggi, reversibel dan stabil. Reversibel mengandung pengertian bahwa metode ini cocok untuk usia muda atau baru mempunyai satu orang anak, karena kesuburan akan segera pulih begitu implant dicabut.

Saat yang terbaik untuk pemasangan implant adalah selama berlangsungnya menstruasi atau selambat-lambatnya pada hari ke-tujuh menstruasi. Bagi beberapa wanita biasa dijumpai ketidakteraturan menstruasi setelah pemasangan implant. Hal ini biasanya hilang setelah pemakaian 3-6 bulan pertama.

Implant ditempatkan di dalam lengan kiri atas (bagi yang kidal di lengan kanan). Tujuannya jelas, supaya tidak mengganggu aktivitas pasien. “ Kira-kira 4-5 jari di atas lipatan lengan…agak ke bagian dalam”, jelas mbak Sus, bidan dari Pustu blok C Kanan.

Dalam acara itu, saya cuma kebagian bongkar implant 2 kali dan pasang implant 1 kali, sebelum akhirnya diajak dr Safira, yang juga istri Camat Selat, untuk makan prasmanan di rumah Kapuskes. Menunya adalah menu khas Terusan Tengah: ikan papuyu bakar, ayam goreng, sambal kecap, sambal mangga, sayur asem dan lalapan. Sudah cukupkah?

Tentu saja belum, karena waktu saya pulang, saya masih minta dibungkuskan ikan haruan bakar. Maruk bukan?

16 komentar:

Dony Alfan mengatakan...

Dok, kucing di rumah saya mbok dipasangi implant, mosok manak kok dadi hobi :D

aphied mengatakan...

hihi,,aphied ngincer jas putihnya...
boleh pinjem ga pak dokter?haha

Lyla mengatakan...

wah wah kucing sepupuku juga disuntik KB tp jadi galak banget hiiii takuuuttt...

rumah lina mengatakan...

emang kontrasepsi kb yg paling dikit kontraindikasinya apa sih dok ..kok serem banget bacanya

Indah mengatakan...

eh dokter paling tinggi ya....di daerah gk takut dokter kan?apa masih percaya dukun...he..hee
disana pada byk anak ya...

Judith mengatakan...

Diswiss juga Ndri para kucing2 dikebiri di dokter hewan. Kok yo aneh2 wae efek sampinge ...

ririn mengatakan...

wwhh,, KB bisa dilengan juga? hm,, belom kebayang,hehe
tapi keren ihh,, gratisan :)

Tukang Nggunem mengatakan...

Kalo masang susuk kecantikan bisa gak?huehehehehe...

Luluch The Cinnamon mengatakan...

Perawat2ku pada cerita2, ada yang pasang implant di lengen, mu dilepas, eh dicari2 ga ada... ternyata ketemunya di paha, isa jalan-jalan ke paha juga yah si implant :D keqkeqkeq... ga kebayang...

Benny mengatakan...

baru tau tuch istilah implant, kirain kependekan dari implementasi..
hehe.. jauh banget ya..?

M Ridho mengatakan...

trims mas andri mampir di blog saya

A.G mengatakan...

wkwkwk.. aku ngakak bngt moco komente Om Dony :D.. disini kucing yo di KB mas, ben ora manak trs ;) tp syg aku ra due kucing.. gilo aku :P

soal perkabean... dolo sblm nglendung anak ke 2 aku pk kb pil tp krn mengurangi gairah seksual ya tak setop bar iku malah lgs mlending :(( skg anaku wes 1,5 th tp aku ndak KB mas, pakne wæ sek pake jas udan. Aku ndak mau dicekok'i hormon-2 ngono.. marahi efek samping :P... spt panas dalam berkepanjangan, pusing-2 ndak karuan, mo mutah spt orang lekasan, emosian :( pie jal.. nek pe disteril kok aku ijek nom :D.. masih dibawah 30 soale... ops kepnajangan yo dok keluhane

ijal mengatakan...

waaahhh... jas putih lengan panjang... (mata berbinar2)



jadi koas make jas putih lengan panjang kurang gimana gitu mas... hehe..

donlenon mengatakan...

wah, salam kenal pak dokter! lagi dinas di luar ya? wah, semangat pak dokter. tekan laju pertumbuhan manusia di Indonesia! cheers

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ mas Dony:
Wah, aku belum pernah pasang implant pada kucing ki piye mas don? Sementara pake kondom dulu yaw...

@ Aphied:
Minjem yang punya jas juga boleh kuq phied... ;P

@ Lyla:
Galak? Mungkin karena ketidak seimbangan hormon kali lyl...

@ Rumah Lina:
Kontrasepsi hormonal memang memiliki sejumlah kontraindikasi, terutama yang menyangkut kardiovaskuler. Yang paling sedikit kontraindikasinya ya KB alami macam pantang berkala atau coitus interuptus. :)

@ mbak Indah:
Dokter di daerah mirip dengan dokter konsulen kalo di kota mbak...Kalo ditangani dukun gak sembuh2 biasanya baru lari ke dokter.

@ mbak Judith:
Mesakke kucinge nuh mbak...Coba yen menungso sing dikebiri mbek kucing...halah...

@ Ririn:
Iya...satu-satunya KB di lengan ya implant ini rin.

@ Tukang Nggunem:
Sementara rung iso...Soale rung meguru mbek mbah dukun je... ;)

@ Luluch:
Wah...tenane lho luch...Bisa masuk program tv "Aneh Tapi Nyata" lho itu.

@ Benny:
Kalo implementasi ama impotensi deket pa jauh ya?

@ M Ridho:
Ya, sama-sama. :)

@ mbak Ayin:
Iya, beberapa wanita emang mengalami keluhan pasca pemakaian kontrasepsi hormonal ini, tapi gak semuanya kuq mbak.
Pake jas udan emange gak mengurangi kenikmatan to mbak? Jangan2 pake yang bergerigi...halah...

@ Ijal:
Jas lengan panjangku baru tak pake dua kali ini mas...biasane aku pake baju bebas aja...hehe...

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Donlenon:
Woi...Salam kenal juga yaw...Makasih dah berkunjung... :)

Recent Comments