Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Sabtu, 20 September 2008

Antara Kapuas Dan Wonogiri | part 2


Sore harinya, saya mengajak Fina untuk jalan-jalan. Pas saja, karena saat kami bertemu di Plasa Marina, waktu sudah menunjukkan jam 5-an, jadi bisa sekalian buka puasa bersama.Oh iya, saya ke Plasa Marina dengan diantar oleh dr Freddy. Dalam hal ini, kolega saya itu cukup pengertian dengan meninggalkan kami berdua (ehem…ehem...), alasannya sih mau makan duluan di McD soalnya dah keburu lapar…hehe…

Setelah berputar-putar mencari kedai makan yang cocok, kami akhirnya singgah di sebuah warung makan bernama WAPO – kata Fina itu kependekan dari Warung Pojok. Dilihat sekilas memang ramai secara saat itu waktu buka puasa hampir tiba. Bahkan, kami harus antre di luar hanya untuk mendapatkan meja.

Dan pada akhirnya, kami kekenyangan setelah makan di warung itu. Saya memesan nasi goreng Hong Kong bersama ayam goreng saus tiram. Baru kali ini saya benar-benar merasakan yang namanya paprika. Rasanya aneh, pantas saja kalau Sinchan tidak terlalu menyukai sayuran yang satu ini.

Karena tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan jalan dengan wanita cantik, saya lalu mengajak Fina untuk mengunjungi museum House of Sampoerna yang pernah dia ceritakan dulu. Alasan saya waktu itu: pengin beli kaos.

Ketika masuk museum, kami langsung disergap bau-bauan tembakau dan cengkeh. Gedung yang bersih, pencahayaan yang bagus, ditambah penjaga museum yang cakep adalah hal-hal yang saya tangkap selama di museum itu.

Sedikit saran, harga kaos di counter terlalu mahal menurut saya. Dulu, saya beli kaos bergambar Dayak di Martapura harganya cuma 20 ribu, tapi kaos yang dijual di museum ini harganya berkisar 80 ribu – 120 ribu. Tapi karena saya sudah bilang kalau saya ingin beli kaos, akhirnya ya saya beli juga. Gengsi lebih berbicara daripada akal sehat.

Dan karena kami bukan muhrim, maka sebelum jam 9 malam kami bergegas pulang. Dalam perjalanan pulang itu saya katakan kepada Fina kalau Surabaya itu lebih dingin daripada Semarang.

“Kalau Semarang panas banget Fin…”, kata saya.

“Ya iya lah…kan kita dari tadi pakai AC…”, kata Fina.

“Iya juga ya…”, pikir saya. Memang, semenjak dari bandara, terus naik mobilnya dr Freddy, terus tiduran di rumah dr Freddy, terus naik mobilnya Fina, semuanya memakai AC. Kawan, keesokan harinya badan saya agak meriang.

Pelajaran di Bus

Saat saya sedang duduk di bus Jurusan Solo-Wonogiri, ada beberapa kejadian yang cukup menarik perhatian saya.

Kejadian pertama, beberapa kuli membantu seorang bapak mengangkut barang bawaannya. Sesampainya di bus, bapak tadi memberi uang 2000 rupiah.

“Kurang pak”, kata kuli.

“Memangnya ongkosnya berapa sih?”, kata si bapak.

“7000 pak”.

“Mahal amat! Nih tak kasih 5000 aja!”

“Kurang 2000 pak”, kata kuli setengah memaksa.

“Ya udah…ini tak tambahi 1000 lagi. Udah cukup kan?”

“Kurang 1000 pak”, kata kuli sambil sedikit mendorong-dorong si bapak. Akhirnya, si bapak memberi juga tambahan uang 1000 rupiah. Kesimpulan: hidup di Jawa itu keras.

Kejadian kedua, dua anak ingusan yang membawa gitar berukuran kecil masuk ke dalam bus. Mereka membawakan sebuah lagu yang tidak asing lagi. Liriknya kira-kira begini: “jauh kau pergi…meninggalkan dirikuuu…dst…dst…”. Kesimpulan: untuk mengamen di Jawa, tidak perlu suara merdu.

Ketiga, seorang lelaki dari desa bertanya kepada kondektur bus.

“Bus ini nanti lewat Rumah Sakit Jebres kan?”

“Iya”, jawab kondektur.

Setengah jam berlalu, dan bus sudah sampai di daerah Gading.

“Rumah Sakit Jebres-nya masih lama to pak?”, tanya orang desa.

“Yaaaahhh…udah lewat dari tadi pak…Bapak ini gimana sih?”

Orang desa pun kebingungan. Kesimpulan: malu bertanya sesat di jalan, banyak bertanya memang memalukan….tapi itu lebih baik daripada tersesat kan?

Keempat, seorang lelaki ganteng mempromosikan sebuah alat kerik. Kata dia, bahannya dari stainless steel dan tidak melukai kulit. Selain itu, bagi yang membeli alat tersebut akan mendapatkan hadiah langsung berupa gambar lokasi titik-titik refleksi di telapak tangan dan kaki. Karena presentasinya menyakinkan maka prediksi saya: akan banyak barang yang terjual. Kenyataan yang terjadi: tidak satu pun penumpang yang membeli barang dagangannya.

Saya jadi ingat saat kelas 1 SMA dulu. Seorang guru pernah memberi tugas kepada kami para murid untuk menuliskan sebuah kata mutiara pada selembar kertas karton. Saat itu, saya menulis: “Hidup Tidak lah Mudah, Kita Harus Terus Belajar”. Itulah kesimpulan saya yang terakhir.

***

Happy Birthday Myspace Comments
MyNiceSpace.com

Oh iya, hari ini saya ulang tahun yang ke-26. Bagi yang ingin mengucapkan selamat bisa meninggalkannya di box komentar (ngarep.com sambil menengadahkan tangan...hahaha...).

34 komentar:

piyek mengatakan...

Ya udah.. Sekalian ku ucapkan selamat ulang thn deh.. Aku suka beli kaos di counter A Mild.Desainnya bagus2.Tapi belum sempat ke HoS.Mudah2an next time ada kesempatan.. Oya,ini aku lg coba pake opera mini.Edan,jempolku jd keriting.Hehe..

A.G mengatakan...

pak dokter Selamat ulang tahun yoo..semoga panjang umur,diberkahi selalu oleh Tuhan dan cepet dideketin jodohnya *yg udah kebelet*

Darkpuccino™ mengatakan...

wah udah keluar episode ke 2 niya nih. hwehe...

slamat ultah ya pak dokter. saya yg pertama ngucapin ya. hehe :D

eLpHieNa mengatakan...

Wuh...Part 2...Telaten tenan tho dokter jangkung yg satu ini..

Fina menambahkan: pertama ktmu dokter jangkung rada bkin sebel,knapa?(bs dbaca dpart1).Trus kedua bkin aq trlihat kecil...Gara2 tinggimu itu dok,pdahal aq dah lumayan tggi,jadi minder...Ketiga oleh2nya unik 'kuku macan','gantungan kunci mandao','cincin akik,ktanya seh blue safir','trus yg lbh aneh 1kg beras banjar..Tak kirain aq dpt jatah zakat hehe'.Berasnya pero puol,ampe ksereten pas buka pake nasi itu..Hehe...

Iya dok..Stuju nek hrga bju2 dimuseum mahal..Tapi emang just adanya dsana,klo bju dayakmu kan disemua daerah kalimntan ada..Hehe...Intinya:itu mahal karena unik n g ada yg ngembarin...Ojo lali member cardq dijaga baek2...

Wah pelajaran dibus akeh tenan,slama dbus apa ndak istirahat toh,malah mperhatikan gerak gerik org...Tp ok deh,bs buat nambah topik dpostinganmu..

Foto2 dmuseum HOS blum tak upload..Wifi kmpus lg drop alias lemot pol..Bsk insyallah tak upload lwat FS,ntar dcheck aja nggih...
Wadoh tmbh posting dwe aq,niatx comment tp kok pnjang ngene...Hehe...

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Piyek:
Makasih..Kalo keriting kan bisa dilurusin lg di salon terdekat..hwehe..

@ mbak Ayin:
Amiin..Makasih mbak..

@ Darkpuccino:
Makasih dark..Km yg ketiga kok. ^^

@ dik Fina:
Hahaha..Sebenernya maw tak jadiin satu postingan,tp karena pas nulis yg part 1 di bus aku berasa maw mabuk darat..jadinya yg part 2 tak tulis setelah nyampe rumah.

Oh iya..lupa nulis bab oleh2..Beras itu yg ngasih bu Lina,tetanggaku.Beras itu hasil panen tahun ini.Aku dan dr Freddy masing2 dikasih 5 kg..Aku jg br kali ini dikasih oleh2 beras. ;p

Ok,member cardmu ntar tak balikin kalo aku ke surabaya (lagi)..tolong diingetin kalo lupa..hehe..Jaga jg blue safirku ya..Makasih.. ^^

Judith mengatakan...

Selamat Ultah adiku,moga sehat selalu,panjang umur,panjang rejeki dan dapet jodoh rambut panjang :D

Lagi sibuk kejar tayang, aku telat kommen kiy ha ha! Ngomong2 kowe kok kurus toh Ndri?

Salam nggo Wonogiri Indah (kok koyok jeneng bis yak? ..)

Ngatini mengatakan...

pelajarannya menarik...
cari jodoh itu memang susah, jadi butuh perjuangan..(lho kok?)

iya iya deh...hepi besdey ya om..
aku minta kado coklat dong..jangan nanis lagi..

anjelie mengatakan...

wah pada ngucapin met ultah. ngikut ya. met ultah buat pak dokter. btw angkatan 2000 fk uns yah? seangkatan ma dr.andreas yang sekarang di maguan husada pracimantoro dong? salam kenal ^^

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ mbak Judith:
Amiin..Makasih mbakyu..Emang kuru mbak,dhuwurku 187 cm bobotku mung 73 kg.Yen miturut rumus,bobot idealku 78 kg..dadine jik kurang 5 kg meneh. :)

@ Ngatini:
Makasih ngat..Lho,bukannya yg harus dikado itu aku -_-?

@ Anjelie:
Andreas?Ya kenal bgt to..Ow,skr dia masih di pracimantoro ya..kayaknya dia betah di sana..Aku dulu sempat maw kerja di sana,tp gak jadi dan akhirnya kerja di purwantoro..Kayaknya dia dah married ya?

Salam kenal jg anjelie..Orang wonogiri kah?

annisamy mengatakan...

salam......


pa kabar....

eLpHieNa mengatakan...

dok....foto2 HOSnya dah upload di FS mu....di app nggih....

;p

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Annisammy:
Kabar baik..Salam balik.

@ dik Fina:
Ok..Makasih ya.. =)

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ mengatakan...

hepi besday ya dOck...moga panjang umur,lancar rezeki tercapai apa yg cita N cintakan plus tambah di yayang...yayangnya ...amieNn


cuit..mesra o_O{aku tutup mata}

f.i.q.e.l mengatakan...

hoho.
selamat ulang tahuuun.

wirati mengatakan...

Ok deh Andri, Aku ucapkan selamat ulangtahun dulu yah, semoga kamu cepat dapat jodoh sesuai yang kamu idamkan selama ini. Amin.
Andri kamu ini dokter opo wartawan sih, bisa-bisanya nyari berita di bus. He.he..he..he... tapi bakat deh.....
Terus kelanjutan ama si Fina, gimana toh.....???????
Score kamu 41, itu artinya kita- sama -sama orang baik, pribadi yang hangat, and top. Makanya laku berat, ampe susah milihnya. hik..hik..hik..hik...

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Gelly n Fiqel:
Amiin...Makasih yaa... =)

@ Wirati:
Cita-citaku sebelum jadi dokter sebenarnya pengin jadi wartawan lho wir...tapi nasib lah yang membawaku menjadi dokter. Puji Tuhan. ^^

travellous mengatakan...

Semat Ulang tahun Pak Dokter! wish u all the best!
postingan berikut tentang kejadian dan harapan di Ultah ya! ^_^

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ mengatakan...

dock menjelang hari raya jalin silaturahmi clik cini http://gellucta.blogspot.com/
berharap ada uang raya terselip untukku hahahaha...:D pis
gimana ma puasanya dock lancar ^_^

Dony mengatakan...

Perjalanan menarik, dari bertemu blogger caem, sampe sales alat kerik. Haha

Met ultah ya, dok! Semoga selalu bisa mengabdi kepada masyarakat

cumie mengatakan...

selamat ulang tahun ya mas !! happy birthdays! btw, mungkin klo beli tiketnya di jalan A.yani, mas andri beli di tempat si dhies tuh hehe.. soalnya kerja di travel itu dia.

wahaha.. beli kaos dayak toh. Oh ya mas, segera daftar ya mas di kayuh baimbai, habis lebaran insaallah bakal ada kopdar lagi.
saya harap mas dah di kalimantan lagi. biar kita ngubrul-ngubrul hehe
sekalian nanti pulangnya barengan gitu, saya ke kapuas wekekeke..

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Travellous:
Makasih ya ndrei..

@ Gelly:
Makasih atas awardnya ya gel..Ntar tak pajang deh..

@ mas Dony:
Sip..Makasih mas dony..

@ Cumie:
Woo..kerja di travel ya..Kemarin aku cuma nitip temen pas beli tiketnya..Berarti kalo aku beli tiket lg ntar dapet diskon spesial dong..hahaha..

Aku balik ke kalimantan tgl 10 oktober..Kalo kopdarnya setelah tgl itu insyaAllah aku ikut..Makasih ya pang..

Benny mengatakan...

Wah pak dokter.. seru jg cerita perjalanannya. knpa gak dibuatkan buku aja pak! atow memang udh ada rencana? khan seru tuch..>>>

ririn mengatakan...

hohoho....telat berapa hari nihh.. ga papa ya dokk.. :)

happy b'day pak dokter.. moga2 makin oke aja.. moga2.. bisa sering2 ketemu fina,wakakak

ya ampuunn...dokk..
coba fina baca postingnya.. (eh, pasti baca)..

tu bagian beli kaosya, jangan buka kartu dong,hehe .
hehehe,,, itu bis2 jawa pada umumnya,, emang di kalimantan ga ada yang ngamen ya dok? hehe

f.i.q.e.l mengatakan...

okee.
ntar gw link baliik.
ada ym?

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Benny:
Hahaha..Emang maw tak bikinin buku kok ben..Tinggal nunggu penerbit aja yg maw..hihi..

Tp kalo pun gak ada penerbit yg maw,ntar tak foto copy trus tak edarin ke temen2 blog (halaaah..ngomong opo to aku iki...). ^^

@ Ririn:
Makasih ya rin..Aku maklum kok..Jd maba mesti sibuk n lg seneng2nya belajar.Ya kan? :p

Di kalimantan aku gak pernah sekalipun naik bis rin..Makanya gak tahu ada yg ngamen pa gak..Selama ini kemana2 aku naik sepeda motor atau travel.

@ Fiqel:
Wah..Sayangnya aku gak mudeng ym-ym an..Ada yg maw ngajarin? -_-!

Lyla mengatakan...

Hehehe... aku ucapin sekali lagi deh Selamat Ulang Tahun ya... oya tuh cewenya kok kyk takut ya sama kamu minggir2 gitu pas di foto hahaha...

Ndri aku nyontek kalendernya tapi lupa mau bilang hehehe... asal comot aja jgn disuntik ya paling takut nih disuntik hahaha...

Eiger Yap mengatakan...

Btw chatboxnya mana mas?
btw happy b'day, wish u all the best..
keep blogging ^^

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Lyla:
Tahu tuh si Fina...Mungkin takut tak suntik kali lyl...hahaha....

Makasih ya lyl.

@ Eiger Yap:
Berhubung satu dan lain hal, untuk sementara SB tak non aktifkan...Makasih ya ger... ^^

ijal mengatakan...

wah telat ni aku mas.. maap ya..


hepi bday... hehehe... tambah tua umur tambah tua juga hatinya..

Andri mengatakan...

@ Ijal:
Makasih ya jal..

Nu gaduh blog mengatakan...

selamat ulang tahun, maaf telat ngucapinnya..semoga cepet dapet jodoh, sehat selalu dan mendapatkan serba yg terbaik dalam hidup, amien...

Andri mengatakan...

@ Bunda azra:
Amiin...Makasih atas doanya mbak. :)

Lisa mengatakan...

Eeeeh ada yg ulang tahun. Sudah saya krm ya kadonya kemarin;-) Kasih kabar kalo sudah diterima.

Andri mengatakan...

@ mbak Lisa:
Hwaa..Senangnya hatiku dikirimi kado..Makasih ya mbak..Ntar tak kabari kalo kadonya dah nyampe di wonogiri. =)

Recent Comments