Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Selasa, 09 September 2008

mbak Judith


Takdir adalah satu dari enam hal yang harus diimani seorang muslim. Dan takdir manusia sudah digariskan 50.000 tahun sebelum manusia itu diciptakan.

Takdir pula lah yang mempertemukan saya dengan mbakyu saya di dunia blogger, mbakyu paling cantik sedunia, mbak Judith – demikian saya memanggilnya. Dipertemukan oleh Tuhan sekitar bulan Maret 2008 di blognya mas Dony si Putera Daerah. Saya melihat komentar mbak Judith pada postingan berjudul “Tips Menjadi Seleb Blog” yang berbunyi, “Lha aku wong anyar... babar blas ora mudeng blog, sederhana wae. Salam nggo kota Solo ya mas, aku wis 17 taun ora tindak2 mrono. Blog-mu keren,sopan lan mitayani. Salam dari Swiss”. Komentar yang menarik menurut saya, dan kata yang paling menarik adalah ‘mitayani’: terdengar sangat Solo sekali. Di postingan itu, saya sendiri berkomentar sesuatu yang menjadi visi blog saya: “Tujuan saya ngeblog buat cari istri mas...Kayak Adit ama Ninit tu lho.Kira2 mungkin gak...Hohoho...^o^”.

Dan pada tanggal 7 Maret 2008, saya pun berkunjung untuk pertama kalinya ke blog mbak Judith yang saat itu sedang memposting “Thunersee…”. Komentar saya waktu itu: “Wah...Mbak Judith...Lam kenal ya mbak...Anda tinggal di Swiss to?Sudah lama?Aku kapan2 pengin ke Eropa ah...Mungkin pas bulan madu...hakhakhak... ^O^ Mbak,kalo maw nyari info tentang kesehatan mampir aj ke blog saya.Moga2 ada manfaatnya.. =) “. Mimpi saya memang Eropa, dan Alpen lah Edensor saya.

Seingat saya waktu itu mbak Judith hanya punya satu blog, Matahati namanya. Belakangan blog itu dikhususkan untuk acara masak-memasak, sedangkan hal-hal lain beliau tuangkan pada Bibliothek (artinya perpustakaan). Tuhan menggariskan, bahwa blog kami lahir pada bulan yang sama, Desember 2007. Saya tidak percaya pada yang namanya kebetulan. Ini adalah pertanda, dan saya bilang kalau ini adalah pertanda yang bagus.

Pada perjalanannya, saya sebenarnya lebih senang membaca artikel di Bibliothek daripada di Matahati. Matahati penuh dengan resep yang tidak pernah saya praktekkan di dapur. Sesekali saya berkomentar pada masakan-masakan yang nyeleh, Buto Ijo misalnya. Di situ saya berkomentar, “Wah...Kalo mbak judith nyuguh aku buto ijo...Tak pilihi petene mbak...Lalapan favorit di samping jengkol...hakhak.. ^O^”.

Di Bibliothek saya mencoba menyelami pemikiran beliau sebagai seorang wanita dan ibu dari lima orang precil: Pinkan, Andy, Meta, Irdina dan Diaz. Saya baru tahu kalau Pinkan, Diaz dan Irdina lahir di Indonesia dari komentar mbak Judith beberapa waktu yang lalu. Dan saya lihat, Irdina sepertinya cantik…halah….(“Pengin mantu dokter ra mbak?”, kataku dengan mengerlingkan mata).

Dari sekian banyak artikel di Bibliothek, ada satu artikel yang menarik perhatian saya yang kemudian saya transformasikan menjadi sebuah jurus untuk menggaet wanita: namanya jurus Jinak-Jinak Merpati. Demikian kiranya deskripsi dari jurus itu:

“Mungkin memang kita akan kecewa banget kalo cinta kita ditolak, begitukah? Aku nggak ngajarin jelek ke temenku. Maju selangkah demi selangkah untuk sebuah cinta, itu adalah strategi dan kendali! Nggak perlu terburu buru mengharapkan orang yang kau cintai merespon cintamu. Bertahanlah terus dan bersikap jinak2 merpati ... ha ha ha! Ketika cintamu bertepuk sebelah tangan, jangan mudah frustasi dan jangan putus asa kalo cintamu ditolak! Kendalikan perasaan cintamu! Introspeksilah, mungkin ada sikapmu yang perlu diperbaiki. Daya tahan kamu terhadap penolakannya bisa menjadi daya tarik tersendiri dihatinya. Keteguhan hatimu akan membuktikan kesungguhan cintamu padanya. Sebagai seorang wanita kita harus lebih bijak dalam bertindak, bertahanlah dalam kelembutan ...

Dilatar belakangi cerita temanku ini, aku jadi tergugah dan ingat2 masa remajaku dulu yang juga pernah cinta bertepuk sebelah tangan! Aku nggak kecewa, cuma tersingung! mungkin mentang2 gua jelek LoL pula! Tapi aku nggak bisa bertingkah agresif. Alangkah lebih baiknya kalo kita bersikap seakan akan mudah dimiliki, tapi sewaktu waktu sulit untuk digapai (rasain lu! ...) dengan cara menunjukkan bahwa kita menyayangi diri kita sendiri, membuktikan betapa berharganya diri kita dan cinta kita. Tidak ada bunga Mawar yang nggak berduri ....”

Pelajaran moral ke sembilan: bila cintamu ditolak, jangan minum Baygon!

Kelemahan nyata dari jurus ini, menurut hemat saya, adalah pada masalah tempo permainan yang begitu lama. Kesabaran adalah syarat mutlak, dan stamina adalah modal utama.

Jurus ini pernah saya aplikasikan pada beberapa cewek. Dan memang, rasanya seperti berhasil pada awalnya. Sampai kemudian mentok pada satu permasalahan: finishing touch. Bola berhasil saya giring menusuk ke jantung pertahanan lawan dan tinggal berhadapan dengan kiper, tapi kemudian tiba-tiba saya berhenti. Saya terlalu lelah untuk mencetak gol, saya ingin istirahat sejenak!

Permainan yang saya ulur terlalu lama membuat Kumbang lain, yang lebih taktis dalam bergerak, dengan leluasa merebut perhatian si Bunga. Si Bunga sepertinya juga menganggap kumbang pemalas ini tidak serius mendekatinya, dan akhirnya pindah ke lain hati. Kuulangi lagi para Cewek, jurus Jinak Jinak Merpati itu butuh waktu, dan kalian sebaiknya memahami itu sebelum menjalin hubungan dengan saya.

Akhir kisah, hipotesa saya yang kedua tentang cinta diilhami dari SMS kakak sepupu saya waktu saya kuliah dulu. Begini bunyinya:

“Love, just like fishing. To get the best catch, you have to be patient. Keep fighting!”

33 komentar:

Luluch The Cinnamon mengatakan...

halah... kowe ki lagi jatuh cinta po bingung mencari cinta? keqkeqkeq... Ada adik kelas yang lagi cari tambatan hati tuw... Kerso tha?? :D

wirati mengatakan...

Andri, kamu ini mesti sabar. Dokter gitu lo...... banyak yang antre, benaran serius 200% malah. he..he..he,.he...
Mungkin jurusnya terlalu bnayk ngegombal. Aku setuju ama mbak judith. Jinak, jinak merpati tidak hanya berlaku pada perempuan. kamu juga bisa menerapkan kiat sukses itu. Weh.....e. dayak ceweknya cantik2 segudang. Malah aku dapat kabar dari teman aku di MP, gadis dayak dapat pacar sekarang mau nikah dengan dokter dari Singapore. dapatnya dari internet. Nah, kamu mesti sabar. Siapa tahu kamu juga ketimbang rezeki!!!!!!!!!!!
Hi..hi...hi...hi...hi.....

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Luluch:
Ayu po ra? Rambute dowo po ra...halah...Lha kuwi nomor hape-ku tak cantumke...Ndang dikenalne...hihi...
**sajake nafsu tenan ki...**

@ Wirati:
Amiin...Beneran to banyak yang antre?Aku malah gak tahu wir...hehe...

Kalo orang nagih utang sih emang dah pada ngantri tuh... ^^

Judith mengatakan...

Halah halah .. lha kok dikupas gini whhiihh isin aku ..

Dah ada strateginya, alon2 anggere kelakon ya Ndri. Lha seng salah dhudu kowe Ndri tapi Wasite, Dah hampir gol kok disemprit!

Kalo udah berumah tangga, jinak2 merpati nggak berlaku lagi ya Ndri, ojo lali kuwi ha ha! Salam ..

Imey Juliant mengatakan...

walahhh... ccku tampil disini yak???
niwey.. kaget tampilannya kayak rumah lamakyu...
lam kenal yak??

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ mbak Judith:
Trus kalo dah berkeluarga jinak-jinak apalagi mbak...jinak-jinak buaya?hahaha...Wah, kayaknya aku harus sering-sering mampir di Bibliothek nih...Masih banyak ilmu yang belum kuserap dengan baik. ^^

@ Imey juliant:
Tampilan yang mana ya mbak? Salam kenal juga yaa... ^^

Lyla mengatakan...

milih jodoh itu jgn grusa grusu ntar malah keliru, gak apa2 belum punya cewe ntar kalo jodoh pasti datang juga, aku ma misua cuma kenal 5 bln ketemu sekali ketemu lagi langsung nikah hehehe...

mbakyumu mengatakan...

Huss! buaya dilarang masuk dalam rumah tangga, he he.. Ndri, SB mu mbok hapus untku sementara ya? wingi2 kiy aku moco kok ono wong edhun nulis kata2 saru banget i..

Aku lali crita, wingi mbengi kiy aku ngimpi ndhelok kowe karo cewek rambut dhowo lagi nonton wayang neng gedung pertunjukkan Sriwedari. Knapa ya Ndri? Apa karna aku lagi kangen tenanan karo kutho Solo? Aku ora ndhelok cewek e kiy putih opo ora, lebih baik gitu... wedhi aku! Lha nek rambut dhowo balik muka jebule kuntilanak piye jal?

Pas kowe ngabari arep tugas neng Kalimantan, bayanganku kowe bakal kecantol cewek ndayak, tenan toh? ..

Haiyaaahh Ndrii,kok kommen ku dhowo gini?? isin aku, ntar dikira numpang posting di blog e orang, he he! Maturnuwun lho dok

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Lyla:
Yg begitu itu yg bagus lyl..Gak banyak cang cing cong,langsung married..Pacaran cuma enak di awalnya thok..Selanjutnya sengsara..hiks..

@ mbak Judith:
Hwaa..Aku sampe dimimpiin ama mbakyuku..Terharu aku..Mimpi kuwi pertanda mbak..Tak pikir pertanda soko koe iso wae bener,soale tak delok koe kuwi jujur mbak (mbuh asline..hihi..).Aku nyoba nafsirke mimpimu..Tapi ra tak omongke nang kene..Soal SB,sengojo tak hapus..Soale gur marai ati ra penak,jo meneh iki wulan puasa..
Makasih mbakyu. ^^

putradaerah mengatakan...

Wah wah, kalian saling bertemu lewat perantaraku rupanya. Syenengnya...

ijal mengatakan...

ah lagi2 cinta ya mas..

kalo cinta itu seperti memancing, berarti beda umpan beda tangkapan dong mas?

aphied mengatakan...

cie...cie....pak dokter...

btw SB nya kmn pak dokter?

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Putera Daerah:
Matur nuwun mas Dony.

@ Ijal:
Sangat betul sekali jal..Untuk mancing hiu gak mungkin pake cacing kan?

@ Aphied:
SB untuk sementara gak tak pasang dulu phied..

donlenon mengatakan...

takdir = the secret?!

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Ya,takdir adalah rahasia.Rhonda Byrne dalam bukunya 'The Secret' pernah mengungkapkan sebuah rahasia kehidupan.Beliau berpendapat bahwa kehidupan di masa depan sebenarnya sedang diciptakan dari apa yg dipikirkan manusia saat ini.Benar atau tidak?Itu jg masih rahasia.

Lisa mengatakan...

duuuh yg lagi jatoh cinta.... kenalin dong. Btw mas Andri mau dikirimi apa ???? masak mobil sih ? syal mau ? kasih ide dong

tambal BAN mengatakan...

makasih...link anda juga sudah saya taroh...sukses ya

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ mbak Lisa:
Menara Eifel jg boleh kok..hahaha..Terserah aja mbak maw ngasih apa..Yg penting khas perancis lho ya.. ^^
Alamatku dah km catet kan mbak?Ntar tak kirimi jg batik sasirangan khas kalimantan.Mau kan? :)

@ Tambal Ban:
Ok.

Tukang Nggunem mengatakan...

Wah pak Dokter ki, kapan gantian ngreview blogku? hahaha...wedangan nang wedangane mas Wandi yuk Mas..aku karo si kanca2ku sering nongkrong nang kono, ngecengi koas2...hehehehe

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Hohoho..Sering nongkrong nang kono to koe kang?Lha aku biyen pas koas yo meh mesti nongkrong nang kono yen pas lg jogo RS..Langganane koas mbek residen kuwi..

rezKY p-RA-tama mengatakan...

selamat2!!!!!!!
(log2)

ngatini mengatakan...

weladalah..panjang tenan kaya tali pocong... kalo mau cepet dapet jodoh sering2 aja komen di tempatku..hehehe..
ketoke kamu masih lebih muda dari aku, tapi kok wis kebelet men pengen pipis..eh pengen kawin...opo karo aku wae piye??

Dony mengatakan...

Lebaran pulang nggak, dok? Ditunggu kopdarnya di wedangan Wandi yak

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Rezky Pratama:
Selamat apa to rez? @.@

@ Ngatini:
Hahaha..Gak juga ngat..Emange kalo jd komentator terbanyak di blogmu dapet hadiah cewek cantik to?

@ mas Dony:
Aku mulih insyaAllah tgl 17 mas dony..Tgl 20an ketoke nyang solo..Nomor handphone mu piro?Ngko tak kabari yen aku meh mrono.

meithreea mengatakan...

Dokter Andri piye kabare.. ! Hehe.. dok, kalo bicara soal 'cinta' dirimu walopun dokter, kayaknya have to be a patient.. jadi pasien cinta.. lhah piye siih.. hehe..

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ mbak Mei:
Hahaha...Lha dokter kan juga manusia to mbak... ^^

A.G mengatakan...

Mas..mas.. alon-alon wæ asal kelakok.. tp ketoke sampean tipe pemilih dweh soal cewek.. nek ra rambut dowo emoh hehehe.... kuntilanak yo rambute dowo lho mas wkwkwk..
Wes pokoke tak dongake ndak cepak jodone sopo reti pas mudik iso ktm jodoh nek ndalan :)

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ mbak Ayin:
Amii...n ^^

cumie mengatakan...

mas, jangan lupa balik liad blog cumie mas, awardnya kena yg cute's blog wkwkwk
jadi ceritanya pak dokter mencari cinta toh..
o ya mas, masalah gabung ke Blogger Banjarbaru menulis + [BBM] saya tanyakan nanti ato langsung ke TKP ae mas, sebenarnya BBM itu cuma komunitas pendukung Kayuh Baimbai, jadi kayuh baimbai dulu baru BBM mungkin gitu sih. Untuk acara kopdar kemaren lumayan mas, ada cewek cantiknya wkwkkw, tp gak tau jg sapa hehehe.
saya setuju banged mas gabung, sapa tau bisa melebarkan sayap perjodohannya ampe ke banjarbaru.
O ya kemaren sabtu malem minggu dah ke kapuas tapi cuman sebentar, mungkin laen kali klo ada tempat tidur saya tinggal lebih sehari. ada tumpangan? wakakakaa
walaaaaah panjang eram..

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Yuhuu..Makasih atas awardnya..Hah,ada cewek cakepnya?Jadi semangat buat ikut kopdar nih.. ^^
Lho..Lha saya di kapuas jg cuma numpang tidur di tempat temen jg je..Piye?Hihi.. ^^

Lyla mengatakan...

wah awardnya ga jadi aku kasih sekarang ntar aja award yang kedua... tunggu aja ya.... soalnya kamu kan lagi pulkam hehehe... jadi award yang selanjutnya aja :) tunggu aja sekitar tgl 19 an ya

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

@ Lyla:
Emang ada to,hubungan antara award dg pulkam? @.@

sangpenyiar mengatakan...

wah, iki banyak orang jawa e... banyak yg aku ora ngerti... ^_^

Recent Comments