Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 26 September 2008

Ramadhan Di Kapuas


“Asholatu lailahaillallaaaaaaaaaahhhhhhhh….”

Terdengar pekik seorang anak di masjid saat sholat tarawih. Tidak perlu menoleh ke arah suara tadi pun saya sudah tahu bahwa anak itu adalah Manda. Siapa Manda? Manda adalah salah satu kawan saya di Terusan Tengah. Umurnya sekitar 13 tahun. Orang-orang mengenalnya sebagai juara satu tenis meja se-kabupaten Kapuas untuk tingkat sekolah dasar. Bahkan, di Terusan Tengah sendiri, dirinya hanya bisa dikalahkan oleh Pak Bardin, juara langganan tenis meja 17 Agustusan.

Teknik Manda dalam bermain tenis meja memang tergolong istimewa, terutama serve-nya. Bola dari dirinya berputar (mluntir), dan rendah. Bola seperti ini tidak bisa di-smash, tapi hanya bisa dikembalikan dengan sedikit diangkat. Dan bila bola dari kita terlalu tinggi sedikit saja, siap-siap lah menerima smash dari Manda. Cthak!! Rasain lu…

Dan karena saya ingin mengukur kehebatan Manda sekaligus berbekal keyakinan diri bahwa “anak ingusan ini bisa dikalahkan dengan mudah”, suatu waktu saya menantangnya. Tidak tanggung-tanggung, saya janjikan dia segelas Pop Ice bila bisa mengalahkan saya.



Pertandingan pun selesai dan Manda bisa menikmati Pop Ice rasa cokelat di warung Mama Vety, gratis tentunya.

Manda adalah anak dari Pak Ilham, pria aseli daerah Kandangan, Kalimantan Selatan yang bekerja sebagai staf di SMPN 3 Selat. Kata Pak Mamad, saya harus berhati-hati bila berhadapan dengan orang Kandangan: mereka biasanya membawa belati di pinggang mereka. Pelajaran moral kesebelas: jaga bicara bila berhadapan dengan orang Kandangan, bisa-bisa Anda tertusuk belati sebelum sempat minta maaf.

Kembali ke to...pik!

Awalnya, saya agak heran waktu sholat tarawih berjamaah di masjid blok B Kiri ini. Pertama, soal jumlah makmum. Makmumnya paling banyak ‘cuma’ 2 baris, padahal kalau sholat Jum’at bisa sampai 4-5 baris. Lalu, kemana orang-orang yang lain? Usut punya usut, ternyata di blok B Kiri ini terdapat banyak langgar (surau) dan kebanyakan orang sholat tarawih di langgar-langgar ini.

Kedua, soal pakaian. Mayoritas makmum mengenakan setelan seperti ini: baju koko lengan panjang (biasanya berwarna putih), memakai sarung…dan tidak lupa, kopiah! Jadi, kesannya seperti seragam. Tidak seperti di kampung saya di Jawa yang pakaiannya waktu sholat tarawih berwarna-warni. Pernah saya sholat tarawih di salah satu masjid di Kuala Kapuas tanpa memakai kopiah, dan ternyata satu-satunya yang tidak memakai kopiah, memakai kemeja lengan pendek dan celana jeans ya saya sendiri (jadi berasa aneh gitu deeeh…).

Ketiga, soal jumlah rekaat. Di Jawa, hampir selalu saya sholat tarawih dengan jumlah 11 rekaat (4 rekaat – 4 rekaat – 3 rekaat). Sedangkan di Terusan Tengah, jumlah rekaatnya, 23 rekaat (2 rekaat hingga 11 kali ditambah 1 rekaat 1 kali). Biasanya dimulai jam 18.30 WIB dan berakhir jam 19.30 WIB, tanpa diselingi ceramah. Saya pikir akan sangat melelahkan dengan jumlah rekaat sebanyak itu, tapi tidak juga. Malah, sekembalinya di Jawa saya terkantuk-kantuk saat sholat tarawih. Walaupun rekaatnya cuma 11 rekaat, bila sholat tarawih dengan jumlah rekaat sebanyak itu, bacaan imam akan lebih lambat dari yang jumlah rekaatnya 23.

Kuliner

Tentang kuliner saat bulan Ramadhan, di Kuala Kapuas tepatnya di daerah pasar, ibu-ibu yang kebanyakan berasal dari suku Banjar mendirikan warung-warung dadakan. Mereka umumnya berjualan wadai (kue). Biasanya mereka mulai berjualan jam 3 sore dan tutup malam harinya. Kue yang dijual sangat sangat beragam. Dari bingka, kalapon (sama dengan klepon di Jawa), amparan tatak, agar-agar hingga es buah. Harganya pun tidak terlalu mahal. Bila Anda sendirian, uang 10 ribu sudah cukup untuk membeli 2 macam kue dan satu plastik es buah. Kebanyakan kue-kue ini memiliki cita rasa manis, semanis gadis-gadis Banjar…hehe…Untuk urusan kue, wanita Banjar memang jagonya!




37 komentar:

indo-trans mengatakan...

wah, asyik juga ramdhan di kampung orang,,, beda am di Jwa ya??

ijal mengatakan...

jadi..... intinya mainnya kalah yah mas? hehehe..

gapapa, sayah malah cuma bisa2an main olahraga 1 itu..

berarti ngomong sama orang sana mesti nunduk gitu mas? ntar kalo mandang mata dikira nyolot trus belati berbicara..

Andri mengatakan...

@ Indo-Trans:
Kalo di kampung Terusan Tengah (tempat aku dinas PTT) gak terlalu beda,secara mayoritas penduduknya adalah orang Jawa jg..

@ Ijal:
Gak harus nunduk kok..Yg penting bicara yg sopan aja,apalagi jika posisi kita adalah pendatang..Aku akrab dg pak Ilham sedikit banyak karena aku kawannya Manda,anaknya..Lagipula,aku dan pak Ilham punya satu kesamaan: gila motoGP!

ajoe mengatakan...

sebentar lagi lebaraaaaaaannnn.....
eh mas...di jawa kan banyak juga yang rakaatnya 23 tuh....hayooooo

Dony mengatakan...

Wah, pengen rasanya merasakan kue2 Banjar itu. Penasaran nih, apakah cewek2 Banjar juga manis2, hehe

Andri mengatakan...

@ Ajoe:
Emang ada sih..Tp aku ikutnya yg 11 rekaat. ^^

@ mas Dony:
You'll never know if you don't try this first,Don..

piyek mengatakan...

Kalo Ramadhan aku juga suka berburu wadai. Paling suka wadai patah (susah banget nyarinya) sama wadai talam yg warnanya putih & ada campuran pisangnya. Enak.. enak.. enak..

PS: Glory of Love. Hmmm.. Mengingatkanku pada seseorang dari masa lalu *tsah*

Andri mengatakan...

@ Piyek:
Dari diskripsimu:putih dan ada campuran pisangnya,apakah sama dg pais (orang Jawa bilang nagasari),atau amparan tatak?Oh ya,km bisa bikin kue gak yek?Kalo bisa,ntar kalo aku ke Palangka tolong dibikinin kue cincin ya..haha..

piyek mengatakan...

Namanya amparan tatak. Tadi aku beli trus nanya nama wadai itu sama yang jual. Selama ini aku gak tau namanya... :D

Saking senengnya aku sama wadai amparan tatak itu, si Mamah sampe beli 1 slice khusus untukku sendiri. Dan itu yang bikin aku sakit perut dulu itu. Hehehe.. *nggragas-dot-com*

Aku gak bisa bikin kue cincin Ndri. Walaupun secara teknis aku punya 1/8 darah Banjar:) Tapi nanti kalo kamu ke Palangka, tak beliin deh buat oleh2mu :)

wirati mengatakan...

aku suka foto agar-agarnya. kayaknya enak bgt Dri.
Wah km gak mudik to ke Jawa?
Asik juga bisa lebaran di tempat km tugas. Tukaar pengalaman.
Ada kue asli kalimantan to?
Apa tuh, cerita dong.......
tardisi lebarannya kayak gimana disana?
apa suatu yg beda???/
kayaknya seru nih

GreEn - T mengatakan...

dari semua-mua yang aku baca, aku cuma penasaran sama makanannya aja. kalu bisa dibawain ole-ole juga oke hohoho...

buat adeknya yang bernama Manda, SEMANGAT!! kamu pasti bisa ikut olimpiade.....

Andri mengatakan...

@ Piyek:
Baru 1/8 aja km dah manis kayak gt yek..Apalagi kalo full!Hwehe..Lho,aku gak maw kalo cuma dibeliin kue cincin..Aku mawnya kue gelang..hahaha..
(psst..emang kue gelang itu ada ga sih yek?)

@ Wirati:
Lah..Aku skr dah di jawa wir..Postingan itu cerita saat aku di kalimantan pas awal2 ramadhan..Baru tak posting skr soalnya dulu lg sibuk..halah.. -_-!

@ Tomoki:
Sudah kuduga..km kayaknya emang suka makan! (maksudnya ga beda jauh ama aku..hihi..).

Tom,sorry..makanan oleh2nya tinggal dikit..Km ntar tak kasih gantungan kunci aja ya.. ^^

banglul mengatakan...

waaaa kue banjar nyaa, sedap bangett...
penduduk disana gimana om ? ada adat"kusus?

salam kenal :D and minal aidin walfaidzin :D

Andri mengatakan...

@ Banglul:
Amiin..Salam kenal jg..Adat2 khusus ya jelas ada,tergantung dari suku apa.

Judith mengatakan...

Pertama seng tak liat adalah Jajanan pasar yang warna warni gitu, aku kok dhadi pingin maem kue2 lapis gitu :(

Kedua .. anak2ku juga suka tennis meja Ndri, aku malah wegah olah raga :D

Selamat Hari Raya Idul Fitri ya Ndri, Minal Aidin WalFaidin ..

Pangapura ne yo atas kalepatanku seng kalempit lempit iki ...*haiyahh!

Ketiga, .. Lha mbok si Dony kiy digolekk e ceweq toh ...*peace Don! :D

Aku arep pamit dulu Ndri, absen dari blogshpere untuk beberapa hari. Bocah2 lan bojoku podo preinan kiy 3 minggu, aku jadi tambah kegiatan je :( .. Sampe ketemu maning ya adiku. Kabar Irdina baik2 aja, wong Dina kiy iseh bocah he hee ... Salam.

f.i.q.e.l mengatakan...

intinya : kalah taruhan yaaa? hehe

Andri mengatakan...

@ mbak Judith:
Pertama, kue-ne sengojo tak pasang soale kan kene lagi poso mbak...(halah...njut hubungane opooo??)

Kedua, podo-podho mbak...yen aku duwe salah karo sampeyan, aku njaluk pangapurone ugo (tangane karo ngathung njaluk fitrah...hihihi...)

Ketiga, hahahaha....Lha wong mas Dony wis gedhene sak mono mosok njaluk digolekke to mbak...mbak...Ben dheweke golek dhewe...Lagian aku yo ra reti selerane mas Dony sing kepriye... (karo kedhip2 mbek mas dony...hee...)

Yo wis...ati-ati wae mbakyu...Sampai ketemu lagi...Irdina 10 tahun meneh rak yo wis gedhe to mbak...haiyah... -_-!

Luluch The Cinnamon mengatakan...

Dah pulang ke Wonogiri ya Ndri??

Wahhh... senengnyaaa...

eniwei... Met Lebaran ya pak... Mohon maap lahir batin...

Andri mengatakan...

@ Fiqel:
Yaa...begitulah qel... ^^

@ Luluch:
Mohon maaf lahir batin juga nona dokterrr...

indo-trans mengatakan...

matur nuwun,, sdh sy link balik juga ney..

adel mengatakan...

puasa bentar lagi lewat nieh... met lebaran yah...jangan lupa oleh2..hehehe

Lisa mengatakan...

mmmh kuehnya warna warni....

Andri mengatakan...

@ Indo Trans:
Sama-sama..

@ Adel:
Met lebaran jg..BTW,ini adel siapa ya?Aku lupa. ^^

@ mbak Lisa:
Lha mbak emang maw nyoba?Silakan ke kalimantan..Soalnya kan gak bisa dikirim via pos. :p

Yudhi Gejali mengatakan...

Iya di Kalimantan mabyak yang jual wadai ya dok...
Bahkan pada bulan Puasa, biasanya menjelang berbuka, masyrakat menggelar Pasar Wadai (Pasar kue jajanan pasar)...

kangen rumah.

eLpHieNa mengatakan...

wedew...Potone jajan abang ijo marai pgen...Kok mirip lapis yow dok...Ndi aq ra dioleh2nè jajan kapuas,mung di iming2 tok.. :(

nanti mlem dah takbiran,ra melu kliling kmpung ngowo obor karo teriak..Allahhu akbar..Laillah haillallahu Allah hu akbar..Allahhu akbar wal lillahhilham..Hehe..

Aq wis mudik kiy..Wis ning pcitan,opo ra mampir lak cedhak toh 2jam teko.. Huhu..

Andri mengatakan...

@ Yudhi Gejali:
Lho...memangnya mas Yudi ini aseli Kalimantan ya? Baru tahu aku.. ^^

@ dik Fina:
Sing warnane abang ijo kuwi jenenge ager-ager Fin...lha, kue lapis ki sing warnane coklat putih kae...Soale ra tahan lama Fin, dadine ra iso tak bungkus nggo koe. ^^

Ra iso dolan2 Fin...dikon nunggu bapak terus nang ngomah je...hiks...

Yudhi Gejali mengatakan...

Yup..aku asal kalimantan tengah.
Sampit.
SMU di Malang
FK di Bandung
Sekarang masih di bandung

A.G mengatakan...

mas Andri krm emil ke aku dwong no hapenya nanti tak telpon hiihihi... penasaran aku kr sampeyan
emilku di mingundersen@gmail.com
tak tunggu yoo... skalian bsk tak simpen nek hapeku biar bs tak tlp kalo aku dah nyampe di Indo

Lisa mengatakan...

slamat idul fitri utk andri + kel

aphied mengatakan...

mw maemannya,,,hehe...

met lebaran ya pak dokter..
minal aidzin wal faidzin,,^^

ijal mengatakan...

mas andri, met lebaran ya..

maaf kalo ada salah ya..


btw, lebaran ga pulang ni? ga boleh pulang ya kalo ptt mas walaupun hari raya?

Andri mengatakan...

@ Yudhi Gejali:
Ok.Berarti kalo ntar maw main ke Sampit ngontak mas Yudhi dulu biar bisa mampir. :)

@ mbak Ayin:
Ok.Ntar tak kirim via email kalo nanti pas ke warnet,soale aku gak bisa ngirim email via handphone..huhu..Kalo maw konsultasi ada syaratnya mbak:bawain oleh2 dari Norway..hee.. :p

@ mbak Lisa dan aphied:
Sama2..Mohon maaf lahir batin jg yaa.. :)

@ Ijal:
Sama2 jal..Eh,kata siapa?Lha ini aku lg mudik ke Jawa.Nyantai aja.. ;)

JoVie mengatakan...

hei Ndri...
Jovie cuma mau ngucapin..
Met Lebaran yah...
MInal AIdin Wal Faidzin...

sorry nih gak sempet baca2,,,waktunya mepet banget..
ini jug apke komputer perpus...habis pulang Shalat Id belom sampe rumah..:D

BloGendeng mengatakan...

Selamat hari raya Idul Fitri,mas.

Lyla mengatakan...

wah jadi inget pas lebaran di banjarmasin. pasti seneng depan masjid sabilal muhtadin mesti ada bazar makanan... jd gak susah2 cari makan buat buka puasa.

Btw selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin yaaa

ririn mengatakan...

wahh,, dok, mau juga dong pop ice'nya.. tapi saya ga bisa tenis,,hehe


eh, 23 raka'at cuma sejam? hm.. pasti solat lumba2 tuh.. ya iya lah, ga ngantuk,, dari sujud langsung berdiri, salam, berdiri lagi,, iyakan?? hehe

happy idul fitri ya ndri.. mohon maaf lahir & batin :D

`.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ mengatakan...

WaO isa seragam gtz dOck klo di kampungku wEw warna warni malah ada yg pakai baju yg unik godaan mata pas sholattt...DORRrrrrr ampuNNN... :D


oya SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429.H تقبل الله منا ومنكم Minal aidzin wal faidzin Mohon maaf lahir dan batin ya Dock ^_^

Recent Comments