Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Selasa, 07 April 2009

Jatim Park


Hwaaaaaaaaaaa

….

Hwaaaaaaaaaaa

…..

Hwaaaaaaaaaaa


Teriakan histeris membahana saat saya naik wahana yang bernama Columbus. Itu lho, mainan yang bentuknya mirip ayunan di TK (Taman Kanak-Kanak) tapi ukurannya raksasa, sampai bisa ditempati hingga 10 orang. Dasarnya orang desa, bukan main takutnya saya saat itu. Sampai kedua kaki saya bergetar dibuatnya. I swear, I will not try this fuck*n toy again! Jantung ini rasanya seperti lepas dari tempatnya, apalagi saat ayunan meluncur ke bawah. Mmmmh...Tangan saya sampai memegang erat-erat pegangan dari besi yang melintang di atas paha. Tapi ketakutan itu saya tahan sebisanya. “Malu dong, kan dilihat ama pacar..hee..”

Wahana Columbus hanyalah salah satu dari puluhan wahana yang ada di Jatim Park, Malang, Jawa Timur. Saya lebih suka menyebut Jatim Park sebagai ‘taman gado-gado’. Saya sebut demikian karena isi taman tidak melulu bunga dan kupu-kupu, tapi ada banyak hal di sana.

Galeri Etnik Nusantara

Menampilkan pakaian adat dari berbagai suku di Indonesia. Yang paling saya kenali adalah pakaian adat dari Suku Dayak. Motifnya yang terbuat dari manik-manik berwarna-warni terlihat bagus, apalagi kebetulan boneka yang dipajang juga cantik. Sebetulnya yang lebih khas lagi ada, yaitu gendongan bayinya, tapi saya lihat kemarin tidak ada. Kalau tidak salah, motif yang diambil berasal dari Kalimantan Timur. Karena setahu saya motif dengan lekukan-lekukan seperti itu berasal dari sana, berbeda dengan motif yang berasal dari Kalimantan Tengah yang didominasi tameng berbentuk segienam.

Di anjungan Jawa Timur dan Papua bisa Anda jumpai rumah adat dari Suku Asmat berikut aktivitas mereka dan relief karapan sapi dari Madura.

Galeri Belajar

This gallery reminds me at a quiz in the past, which its famous words are “kita tanya Galileo”. Jadi ada beberapa fenomena alam yang ditampilkan kemudian kita diberitahu penjelasannya kenapa itu bisa terjadi. Misalnya saja ada sebuah bola plastik yang mengambang di atas kipas angin yang dipasang tepat di bawahnya. Nah dari penjelasan yang ada di dekatnya, pengunjung diberitahu bahwa itulah salah satu penerapan hukum Bernoulli. Apa itu hukum Bernoulli? Kita tanya Galileo…

Tapi ada beberapa juga yang tidak diberi penjelasan sama sekali, sehingga ini menyulitkan saya untuk memahami maksudnya.

Lalu ada juga tabel periodik unsur kimia raksasa, prinsip katrol, dan prinsip tuas. Dengan adanya galeri belajar ini maka Jatim Park sangat pas bila dipakai sebagai lokasi tujuan study tour. Apalagi selain galeri ini juga ada Taman Agro dan Taman Sejarah. Children may like it very much.

Taman Burung

Di sini saya menjumpai aneka burung yang berwarna-warni. Ada juga sangkar besar yang bisa dimasuki pengunjung, sehingga bisa berinteraksi langsung dengan burung-burung itu. Tapi pacar saya lari nyelonong begitu saja saat memasuki sangkar ini. Takut kejatuhan tahi burung katanya. Tahi-burung-phobia.

Yang menarik hati saya itu burung beo yang ada di pojokan. Beo ini fasih bicara, terutama bila bersuara “cewek…cewek…”. Selain itu ‘dia’ juga fasih bersuara “Ketuhanan Yang Maha Esa” dan “Assalamualaikum” juga lho. Kemarin kebetulan saya rekam dengan kamera handphone. Dialog Orang Gila vs Beo bisa didownload [di sini].

Arena Bermain

Selain Columbus, ada juga Drop Zone, Tornado dan Spinning Coaster. Yang saya coba baru Columbus dan Drop Zone, itu pun saya kapok dan tidak mau lagi bila diminta bermain. Soalnya yang ada di pikiran saya waktu itu kalau-kalau ternyata alatnya rusak dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. “Hiii…Saya kan masih bujang tahu?!?”

Lalu ada juga Rumah Pipa, Taman Sesat dan Rumah Hantu. Sebenarnya masih banyak wahana yang belum saya coba, secara saat saya ke Jatim Park kemarin hujan deras mengguyur kota Malang dan sekitarnya. Tapi memang benar kok, rugi kalau Anda belum pernah ke Jatim Park. Tiket masuk seharga 30 ribu rupiah rasanya memang sebanding dengan kepuasan yang akan Anda dapatkan.

15 komentar:

piyek mengatakan...

Wah, kalo aku malah paling suka wahana Columbus itu. Bahkan pas ke Jatim Park aku main di wahana itu 2 kali berturut-turut.

Tapi aksi itu ternyata memakan korban. Setelah turun dari wahana itu, temenku muntah-muntah. Hehehehe...

Dony Alfan mengatakan...

Kalo sama pacar, di mana aja pasti menyenangkan, haha. Kapan pacarmu diajak dolan neng Solo? :D

Judith mengatakan...

Nek aku wes dasare ndheso, ora nate numpak jet coster koyo kuwi, mumet! Paling ndhelok anak2ku wae soko ngisor. Mbayangke seng do mbengok opo untune ora garing toh? hi hii :D

Tapi yang di Jatim Park iki babar blas aku belum kesana Ndri.. nek mbaca artikelmu iki sih, kayaknya sama dengan park2 yang ada di Eropah ;)

tantur syah mengatakan...

beo-nya pinter juga ya, klo yg itu tau? hehehe

Roby mengatakan...

Mas Andri, anda mendapatkan award. Selengkapnya lihat di sini:

http://architecturoby.blogspot.com/2009/04/award.html

Terima kasih, keep blogging..

ijal mengatakan...

halo mas.. gmn? nyontreng ga?

yatie mengatakan...

Ngga pernaH ke Jatim seh jadi ngga tau gimana rasanya naik wahana columbus..

riRiN! mengatakan...

gyaaa.. aku pernah kesana.. tapi sekarang tambah rame kaya'nya..

wah,wah, ndri.. itu sih seremnya bukan gara2 faktor ke"desa"an.. tapi..emang.. faktor usia kali ndri..
sudah saatnya memilih wahana yang safe buat manula,,,

wakakakaka

tukang Nggunem mengatakan...

Sepakat ro Dony...kapan pacarmu diajak ke Solo, dikenalke sama kita2...

Anonim mengatakan...

Pacar mas andri berkata:

beh...penggemarku ning Solo ternyata okeh..haha...
Met kenal kang Dony karo tukang nggunem...aku habis dari Solo kemarin tp blum sempat jalan2 opo maneh kupdar...ntar kalo keSOLO lg deh,trus yen wis ketemu arep dihadiah i opo toh kang? :D

Roby mengatakan...

Boleh nih jadi refrensi tempat yang dikunjungi liburan nanti.

Andri Journal mengatakan...

@ Pacar:
Penggemar?Lebih tepatnya mereka itu penasaran,cewek cantik seperti apa sih yg mau2nya pacaran ama monyet bernama Andri. :D

kyra.curapix mengatakan...

udah berbeda dengan waktu pertama kali kesana,,hahahahah

Balisugar mengatakan...

wah hebat kayak Dufan yah

Henny Y.Caprestya mengatakan...

wah..wah..enak yah, ada Jatim Park..
di Palembang nggak ada tuh
paling-paling cuma ada waterboom
:(

Recent Comments