Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Rabu, 12 Agustus 2009

Angkatan 2000 FK UNS


“Masa kuliah adalah masa emas, maka pergunakan lah masa itu sebaik-baiknya”



Masa emasku sudah berakhir, dan aku cukup bahagia dengan apa yang kuperoleh selama itu. Kuliah dengan orang-orang terpelajar memang sedikit banyak mempengaruhi cara berpikir. Aku, yang terbiasa bergaul dengan anak-anak kampung, otomatis harus menyesuaikan diri dengan keadaan itu. Dan beruntunglah aku bertemu dengan teman-teman dari angkatan 2000 FK UNS, mengarungi belantara kuliah kedokteran, responsi, quiz, praktikum dan tentu saja inhall.

Teman yang pertama kali kukenal adalah Andreas, mahasiswa bernomor induk G0000041. Nomor induknya persis di bawahku (nomor indukku G0000042). Nomor induk itu disusun berdasarkan alphabetik. Pertama kali kenal sudah bisa dilihat wataknya yang nyleneh. Dia mengaku bernama ‘Ferry’ saat berkenalan denganku. Sebagai orang desa yang lugu tentunya aku memanggilnya terus seperti itu. Baru setelah sekian lama, aku baru tahu kalau namanya ternyata Andreas. Sekarang dirinya bekerja di sebuah klinik di Wonogiri bagian selatan.

Yang cukup terkenal pada awal kuliah waktu itu namanya Ardi, yang kemudian terpilih sebagai Koti (koordinator tingkat) angkatan kami. Orangnya tinggi besar, mirip dengan Yoga. Saya dulunya berpikir kalau keduanya kakak beradik karena kemiripannya, ternyata bukan. Pada kelanjutannya nanti, dua orang ini ditambah Aldiela dan Bimo Ndut adalah Fantastic Four dalam angkatan kami, sama-sama berukuran XL. Ardi menikah dengan teman saya yang lain, Ifa namanya. Bimo Ndut bekerja di sebuah rumah sakit di Wonogiri bagian utara, sedangkan Yoga dan Aldiela tidak tahu nasibnya sekarang.

Angkatan 2000 FK UNS terdiri dari 158 orang. Terdiri atas mahasiswa dengan karakter yang beragam. Tidak jarang kami susah menyatukan ide manakala kami hendak melaksanakan kegiatan. Ada yang pintar, kalem, norak, modis, dan ada juga yang bahenol. Yang mirip orang Papua juga ada, namanya Alfons. Dirinya sekarang sedang menjalani PTT di Asmat, Papua, sesuai dengan habitatnya.

Nah, walau pun punya kepentingan yang berbeda-beda, tradisi yang berlaku di FK UNS mengharuskan kami untuk menyelenggarakan acara tertentu tiap tahunnya. Dekan Cup misalnya. Ajang ini adalah kejuaraan sepakbola tahunan di kampus. Semester tiga adalah saat dimana penyelenggaraannya dibebankan pada angkatan kami. Saat itu angkatan kami membentuk dua tim untuk memperbesar kesempatan menjadi juara. Tapi rupanya itu menjadi bumerang. Karena kekuatan terbagi dua, maka dua tim pun kandas di tengah jalan.

Dan bila menyebut sepakbola, tidak lengkap rasanya bila tidak menceritakan bagaimana aku membuat gol satu-satunya selama kuliah. Aku masih ingat betul, saat itu tim kami berhadapan dengan tim angkatan 2001. Aku yang berdiri bebas mendapat assist dari Aswin, dan terciptalah gol itu. Satu-satunya gol, pertama dan terakhir. Aku rayakan dengan melepas kaos dengan nama ROMEO di punggung, dan kulemparkan sekenanya ke arah penonton. Sangat, teramat sangat norak sekali.

Semester 5 giliran kami mengadakan Porsanti (Pekan Olah Raga dan Seni Antar Tingkat). Nah, yang istimewa dari penyelenggaraan even ini bagiku adalah dinyanyikannya lagu karyaku dalam lomba Yel-Yel. Anda tidak salah dengar, itu lagu KARYAKU! Hebat bukan buatan teman kalian yang satu ini. Masih terekam dalam ingatan, lagu itu kubuat saat sedang menabung di Bank BPD Jawa Tengah cabang Surakarta. Malam harinya, aku dan Yogi dengan dibantu teman kosku, mencoba mengaransemen musiknya di studio musik kampus. Aku di bagian drum, Yogi di bagian bass. Lagu itu terdengar mirip dengan lagu Asereje, karena memang hasil plagiat dari itu. Berikut lagu yang kumaksud.

Asik Aje…
By: Klas Noceng

Tim Dua Ribu tampan-tampan, cantik-cantik, cakep-cakep dan keren-keren
Tim Dua Ribu memang hebat, memang dahsyat, memang tangguh dan pemberani
Jangan menyerah sebelum pertandingan diakhiri karna selalu masih ada kesempatan
Ayo maju jangan takut, jangan ragu, jangan gentar bila nanti musuh dating dan menantangmu
Ayo maju!
Jangan Ragu!

Reff:
Dua Ribu terbaik di antara semua angkatan di eFKa
Dua Ribu terkeren diantara semua angkatan di eFKa
Dua Ribu terkuat diantara semua angkatan di eFKa.

Lagu ini dinyanyikan secara duet, oleh Mi2 (baca: Mi Two), Mita dan Mimin. Sangat heroik sekali waktu itu. Diiringi oleh belasan penari latar yang dikomandoi oleh Eny. Yang saya ingat, waktu itu penari yang ikut adalah Eny, Luluch, Hendro, Marjan, Tino, Seto dan Joni. Luluch sekarang calon PPDS Interna di Unair, sedangkan Hendro mengambil PPDS Obgyn di UNS. Tidak tanggung-tanggung, kami meraih juara pertama!

10 komentar:

BIG SUGENG mengatakan...

Wah seru yaa kalau ngingat ingat masa kuliah..... apalagi kalau masuk kategori aktifis kampus...

Ini kayaknya ada sisi yang belum terungkap yaa? Gimana sih kalau anak FK itu pacaran. Apa mesti milih anak satu angkatan?

Berkarya Merajut Harapan mengatakan...

Brarti skrg masa intan permata, ya dok hehe.. Secara emasnya uda brhasil diraih..

yenni 'yendoel' mengatakan...

juara pertama di lagunya apa akumulasi nilai dari seluruh cabang? wah keren juga karangan lagunya dok!
salam yah untuk si Ferry ... kocak nih... ngerjain teman sendiri pakai nama lain..hahahaa..

Indra Mahardika mengatakan...

Seru ya, seru sekali, bisa dibikin sinetron nih...

donlenon mengatakan...

bernostalgia dengan masa lalu emang tidak pernah ada matinye.. seru banget bung masa emas mu.. he he (ditunggu lho masa perak dan perunggunya ^_^)

raiderhost mengatakan...

mas'e juga UNS tho ??

salam kenal mas.. saya juga pernah kuliah disitu

Vicky Laurentina mengatakan...

Gimana kabarnya kaos yang kamu lemparin itu, Ndri? Apakah disimpan penonton buat kenang-kenangan atau malah dicampakin coz mereka bingung nerima hadiah keringatmu? :-P

aphied mengatakan...

hihi. . .
teringat ms2 kuliah ni si dokter. .
haha. . .

ijal mengatakan...

cieee.. yg lagi kangen2an.. hehe.. iya mas, ospek itu berkesan banget, apalagi yang angkatan tua ya2? yg skr mah ga ada apa2nya..

ririn mengatakan...

huakakakaka.. penonton yang kena lempar kaos gimana tuh dok? jangan2 ga berebut yang ada pada nyingkir jauh2, hehehehe.. *peace,dok.. :D

lagunya di rekam dong dok.. upload mp3nya..
oo.. angkatan 2000, kirain 90 atau 80 berapaaa gitu..=)

Recent Comments