Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Minggu, 06 Desember 2009

Jalan-Jalan ke Solo

Hari minggu yang lalu, aku mendapatkan kesempatan langka: mengajak jalan-jalan dua cewek sekaligus!Ihiy.Niatnya hanya mengajak satu cewek,tapi kasihan melihat teman cewek satunya ‘nganggur’, jadilah kuajak keduanya. Istilah kasarnya, beli satu dapat dua! Hebat benar boi.

Meski badan capek, tetapi the walking-walking must go on. Tujuan pertama Timlo Sastro. Lokasinya dekat dengan Pasar Gede Solo. Dapat referensi warung ini dari internet. Sebenarnya, hari sebelumnya aku sudah menyambanginya. Tapi saat itu warung sudah tutup. Tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama, aku pun mendatanginya lebih awal. Ramai sekali warung itu. Warung yang ramai punya tiga kemungkinan. Pertama, masakannya enak. Kedua, harganya murah. Atau ketiga, penjualnya Britney Spears!


“Bedanya nasi timlo dengan timlo komplit apa pak?”, tanyaku pada penjual sebelum memesan makanan.

“Kalo timlo komplit ada telurnya, ada ….”, kalimat selanjutnya aku tidak terlalu mendengar karena suara dalam warung yang riuh.

Aku akhirnya memesan timlo komplit dua porsi dan nasi timlo satu porsi. Harga timlo komplit 12.000 rupiah. Antara kuah dan nasi, pada timlo komplit, disendirikan. Lalu, ada juga es kuas. Rasanya mirip Madurasa-nya Air mancur, yaitu madu dengan rasa jeruk nipis. Kurang lebih seperti itu, kalau lidahku tidak salah baca.


Setelah kenyang, kuajak kedua gadis tadi blusukan ke Pasar Gede untuk mencicipi yang namanya es dawet. Akhirnya ketemu dengan warung dawet selasih Bu Watik. Mangkok yang dipakai adalah mangkok kecil, seukuran dengan mangkok yang dipakai penjual wedang ronde. Komposisinya (seperti bisa dilihat di gambar): ada bubur sumsumnya, ada ketan irengnya, ada cendolnya, ada santennya dan tentu saja, ada selasihnya. Kawan, apakah itu selasih? Selasih itu adalah biji buah kemangi. Bentuknya bulat-bulat kecil menggemaskan.

Tujuan berikutnya adalah Pusat Grosir Solo. Di sini tempatnya membeli baju, terutama batik, dengan harga terjangkau. Batik bisa juga dijumpai di Pasar Klewer. Dari Pasar Gede, kedua tempat ini cukup dekat, jadi bisa ditempuh dengan jalan kaki. Dengan energi yang didapat dari Timlo Sastro dan Dawet Selasih, kedua gadis pun berjalan dengan bermandikan teriknya mentari.


Jika ingin sholat, masjid yang relatif dekat ada di sebelah barat Alun-Alun Utara, yaitu Masjid Agung Surakarta. Dari Pusat Grosir Solo ke masjid suasananya relatif teduh, karena di sepanjang jalan terdapat beberapa pohon beringin besar yang menaungi. Nah, tepat di sebelah selatan masjid itu lah letak Pasar Klewer. Selain batik, ada juga penjual oleh-oleh makanan kecil di sini, macam intip, jenang dodol maupun brem.

Kiranya itu dulu jalan-jalan di Solo kali ini. Semoga bisa bermanfaat bagi panjenengan semua. Nuwun.

20 komentar:

BIG SUGENG mengatakan...

Timlo itu makanan apaan sih?
bukannya grup lawak yaa?

Katanya bertiga kok becaknya cuma isi dua?

Andri Journal mengatakan...

@big sugeng:
Timlo mirip dg nasi sop pak.Grup Timlo kan asalnya jg dari solo,mungkin dulu terinspirasi dari nama makanan ini.Pas pulang,aku naik sepeda motor sendiri,sementara cewek2 itu naik becak. :)

anantasean mengatakan...

hahaha... sialan aku jadi obat nyamuk doang, sebenernya tuh sodara-sodara aku sih gpp ditinggal mereka, fine-fine aja kok jjs sendiri tp mereka aja yg nggak bisa hidup tanpa diriku hahaha... preettt...

Andri Journal mengatakan...

@anantasean:
Ngajak km tuh bukannya tanpa maksud lho ya.Ntar kalo ke bromo gantian km yg jd 'guide'-nya.Ok? ;D

REYGHA's mum mengatakan...

Nggih matur nuwun nggih mas, tapi sayang ga bisa liat foto2nya loading nya lama bangetz..

ririn mengatakan...

HAHAHAHA.. dok,dok,selasih menggemaskan sebelah mananya sih? HAHAHA.. ada2 aja..

wow, pasar gede oke juga ya, kemarin2 diajakin kesana ga pernah mau, kirain isinya baju2 doang,, besok lagi, mau lah.. ibuku belanja, aku? makan.. HAHAHA..

Peace of Islam mengatakan...

Subhanallah

Anonim mengatakan...

Jeng Srintil :

@kutu kupret (tomang alias nova a.k.a anantasean) : hehe...merasa jadi obat nyamuk toh...bukannya dah ada pelampiasannya dgn telp bersama para gebetan...hehehe..untung mas andri memfasilitasi dirimu 1 hari itu dgn laptop dan koneksi internet...akhirnya bisa clbk dgn temen lama toh... :D

pretttt...sebenernya qta takut meninggalkan dirimu sendiri di hotel, takut kalo2 kamu kelaparan dan nangis sambil mengais-gais... :D wkwkwkw....

Ayo kapan backpacker lagi, oya harusnya kalo backpacker turune ning pinggir jalan ora ning hotel ngunu..haha...ayo iso a tanggal 18 ke bromo rame2???? ato WBL gitu....yen iso kabari yo....eh HP GSMmu ketinggalan di tas ku lho...apa digadaikan saja??? @.@

@mas andri:
weh...langsung update rekkk...
btw...mesakne pak becak...ban nya bocor setelah 2 bersodara menaiki...kata pak becak "nggih mbak, kroso kurang angin...tapi nggih alon2 mawon" kalo nggak salah bahasanya kayak gitu....trus bebrapa saat kemudian pak becak bicara lagi "wis ben, wis wayahe rusak mbak banne..." sambil mengayuh dan mendorong dg keringat bercucuran...sampe nggak tega melihatnya... :(
becak yg kita tumpangi lho bunyinya gini : "krekk...krekk...tek...tek" bunyi ban bocor dan kayaknya pelegnya dah remuk....byuhhh nggak tega tapi masih tetep naik...hehehe...mau turun tapi pak becaknya mencegah...

Ayo kapan jalan-jalan lagi.... @.@ tapi ojo jalan kaki di siang bolong gitu...panasnya terik matahari bener2 bikin gosong dan terpanggang... T.T

ijal mengatakan...

mas itu dawet sumpah bikin ngiler..

Andri Journal mengatakan...

@REYGHA's mum:
Nggih, sami-sami.Monggo pinarak Solo menawi wonten wekdal. :)

@ririn:
Menggemaskan lho rin.Bentuknya bulat-bulat kecil gitu.Mana susah sekali buat nggigitnya.Tapi cita rasa selasihnya memang bikin gemas di lidah kok.Coba aja. :)

@Peace of Islam:
Alhamdulillah...

@Jeng Srintil:
Wow,komentarnya puanjang pol,sepanjang kereta Pasundan.Ampe bingung njawabnya. :p Lha iya, untung aku bawa laptop. Lha kalo gak kan dia jadi obat nyamuk beneran. :p Sip, insyaAllah dua minggu lagi kita jalan-jalan (lagi). Semangat!

@ijal:
Itu baru fotonya,belum aslinya. =D~

Arlin mengatakan...

Hei...lama nih ga mampir,pa kabar...waaah aku pengin banget lho ke solo n semua kota i jawa coz I love javanese...the people,arts and foods!:) laen kali ngajak2 dong klo jalan2 lagi...:)

Itik Bali mengatakan...

Wah, gambarnya asyik bener : makanan
bikin laper aja
kalo perkara makan aku juaranya lho
biar nasi Timlo
biar nasi Pelawak
oke aja..

rental mobil mengatakan...

ngidam brambang asem n karaq kalau mudik ke solo.

ikeys mengatakan...

waaahh, jadi laperrrr -____-

Dony Alfan mengatakan...

mari Dolan ke Solo :D

nurrahman mengatakan...

jadi pengen wisata kuliner di Solo (lagi)...kangen Solo dan kehidupanku yg dulu kadang2 (doh, payah) hehe

kelingan soto triwindu, sate kere..hehe

Anonim mengatakan...

huedeeeeehhh....

maknyus gan. manteb tenan postingan ne. ^ ^

Febri

Indonesia Java International Destination mengatakan...

wah bikin laper aja bos,,,,,,,!!! hahaha,, maknyus tenan...

Anonim mengatakan...

Genial fill someone in on and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Thanks you on your information.

sewa mobil murah mengatakan...

info yang bagus

Recent Comments