Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Sabtu, 02 Januari 2010

Belajar Sesuatu dari Orang Cina

Tulisan ini terinspirasi saat aku jalan-jalan di Tunjungan Plaza,Surabaya kemarin.Aku melihat banyak sekali orang cina dengan dandanan wah yang hilir mudik di tempat itu.

Sebuah cerita dari seorang paman:

"Ada sebidang tanah yang dijual,dengan ukuran panjang 50 meter dan lebar 10 meter.Kemudian datanglah dua orang yang berminat.Yang satu orang jawa dan yang lain orang cina.

Penjual tanah lalu menjelaskan segala sesuatu tentang tanah itu,termasuk rencana pembangunan jalan raya di pinggir tanah itu, yang membuat tanah itu lebarnya berkurang 1 meter.Orang jawa minta pengurangan harga,karena harga sebelumnya adalah harga untuk 50 meter x 10 meter,dan bukan 50 meter x 9 meter.Penjual tanah tidak bersedia dengan harga yang diminta orang jawa.Karena tidak ada titik temu,orang jawa pun pergi.

Lalu orang cina berkata bahwa tak masalah dengan adanya pengurangan itu.Tanah pun terjual ke orang cina."

Paman berkomentar:

"Jangankan 1 meter,dikurangi 5 meter pun orang cina tetap akan membeli tanah itu.Harga tanah tidak akan pernah turun,apalagi tanah yang ada di pinggir jalan raya.Tanah itu sangat cocok untuk membuka usaha.Dan walau pun usahanya bangkrut,harga tanah itu akan menjadi berlipat-lipat beberapa tahun kemudian."

Untuk masalah duniawi,aku kagum dengan orang cina.Wawasan ke depan mereka sangat bagus.Aku sendiri pernah tinggal serumah dengan orang cina selama berbulan-bulan.Orang cina bisa sangat pemurah untuk masalah uang.Tapi satu yang kuingat,bahwa setiap pengeluaran itu pastilah efektif dan tujuannya jelas,berapa pun besarnya uang yang mereka keluarkan.

3 komentar:

aphied mengatakan...

kl kuliah d komunikasi, percakapan seperti td bs d kaji dg komunikasi budaya dok,
bs jd essay yg panjang dok. hhee. .

si Dyah mengatakan...

Ya setuju. Etos kerja orang cina memang luar biasa. Berani ambil resiko dan tidak takut kerja keras juga salah satu keunggulan bangsa ini.

Kita pergi k uzbekhistan, afghanistan, itali, columbia hingga maseru lesotho (afrika)...pasti ketemu orang cina! (ini kata teman yg memang sudah pergi k tempat2 itu lho.

Jadi kira2...nilai positif dan etos apa yg mau dik dokter Andri terapkan? :D

ririn mengatakan...

itulah.. kalo beli apapun juga, kayaknya lebih tenang kalo yang punya toko orang cina,profesional. emang sih kadang2 kita liat orang cina pelitnya minta ampun. tapi ya itu, sebenernya pelit karena ga jelas uangnya keluar buat apa..betul sekali,dok..sip2..

Recent Comments