Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Rabu, 17 Februari 2010

Syok Anafilaktik

Seorang pasien wanita berumur 50 tahun datang diantar oleh seorang dokter.Keluarga pasien juga ikut mengantar.Kondisi pasien saat datang tidak sadarkan diri.Saat diperiksa,tekanan darahnya 70/40 dengan nadi yang kecil dan halus.Rupanya,pasien ini baru saja mendapat suntikan dari dokter yang mengantar.Pasien alergi dan mengalami syok.

Jalan nafas pasien dibebaskan dengan bantuan guedel dan dipasang selang oksigen.Oksigen dialirkan sebesar 5 liter per menit.Infus dipasang di lengan kanan sementara kaki diangkat untuk mengalirkan darah ke jantung.Adrenalin 0,5 cc diberikan secara subkutan di regio deltoid kiri.Tekanan darah diukur setelah 5 menit,tapi tetap tak beranjak naik.

Suntikan adrenalin diulang dengan dosis sama di tempat yang sama.Tekanan darah diukur lagi setelah 5 menit.Kali ini tekanan darah naik menjadi 80/60.Kesadaran pasien juga berangsur-angsur membaik.Kami semua sedikit bernafas lega dengan hal ini.

Pengukuran tekanan darah tiap 5 menit selanjutnya menunjukkan kenaikan,bahkan setelah 20 menit tekanan darah sudah mencapai 130/80.Pasien selamat!

7 komentar:

berkarya merajut harapan mengatakan...

obat apa rwytnya?

dukundigital mengatakan...

Siip two thumbs... akhirnya satu nyawa terselamatkan... :)

Andri Apriyadi mengatakan...

Tips yang bagus! keren!

Tukang Nggunem mengatakan...

Dok, jaman saiki kok akeh penyakit aneh2 to..sing nang tipi2 kae lho..knapa jaman dulu tidak pernah ada yang semacem itu? kira2 apa analisamu tentang hal ini?

si Dyah mengatakan...

Duh dokter Andri, syukur alhamdulillah...hingga sekarang saya tidak perlu menggunakan EpiPen junior Aqila. Tidak bisa dibayangkan bagaimana paniknya saya kalau Aqla mengalami syok anafilaktik krn alerginya.

Itu pasien alergi apa sih? Memang tidak pernah diketahui sebelumnya ya? Saya sekarang hati-hati sekali ketika makan makanan laut...krn sepertinya gen alergi thdp makanan itu kuat mengalir di keluarga saya! Walau sejauh ini...reaksinya tidak lebih dari gatal2 saja :-)

yenni 'yendoel' mengatakan...

lega yah dok! selamat juga buat pak dokter!

Judith mengatakan...

Ya ampun Ndri.. untung kamu cekatan menangani pasien tersebut.. di tempatku nggak jarang terjadi pasien yang keracunan sampe syok seperti itu,bukan karna makanan tapi dari gigitan serangga2 berbisa.. karna kebanyakn kulit dan darah orang2 eropa kiy sensitif..sulit untukku menjabarkannya Ndri..ada yang dientup tawon tau2 pingsan sampe jam2an.. opo kuwi jenenge? :( .. berisik deh suara ambulance tat tut tat tuutt nguing2!

Jaman saiki semakin maju.. semakin banyak bermunculan pula penyakit2 modern..

Good luck yo Ndri ;)

Recent Comments