Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Senin, 20 September 2010

Early Morning Antihistamine

Sudah lama sebenarnya, aku menderita kelainan bernama rhinitis alergika. Suatu kelainan yang ditandai oleh bersin-bersin di pagi hari, disertai hidung tersumbat dan keluar cairan bening dari hidung (rinore/meler). Sungguh tersiksa rasanya bila serangan rhinitis muncul, apalagi timbul setiap hari! Memang tidak mematikan seperti saudara jauhnya, asma bronchiale, tapi tetap saja rhinitis menurunkan kualitas hidup penderitanya.

Baru akhir-akhir ini saja aku melakukan eksperimen terhadap diriku sendiri, dan hasilnya cukup memuaskan. Berawal dari artikel yang kubaca di majalah, bahwa penyerapan obat antihistamin terganggu apabila diberikan setelah makan. Dipadukan dengan timbulnya keluhan rhinitis yang ajeg, yaitu pagi hari setelah bangun tidur, maka timbullah sebuah gagasan yang kuberi nama: early morning antihistamine, yang artinya kurang lebih, minum anti histamin pagi-pagi sekali, sesudah bangun tidur, sebelum sarapan. Antihistamin yang kuminum dalam eksperimen ini adalah Interhistin (mebhydrolin napadysilate).

Para pembaca yang budiman, perlu diketahui bahwa, biang kerok terjadinya bersin-bersin, hidung tersumbat dan meler itu tak lain adalah sebuah zat bernama histamin. Histamin dilepaskan oleh sel yang bernama sel mast seperti halnya uang yang keluar dari mesin ATM. Yang bertindak selaku kartu ATM adalah barang-barang pencetus alergi (misalnya debu atau kapas). Naasnya, penderita rhinitis memiliki mesin penghasil histamin dengan kepekaan di atas rata-rata. Disenggol sedikit saja histamin-nya keluar semua. Histamin-histamin ini, diberikan kepada buruh-buruh bernama reseptor untuk membengkakkan rongga hidung dan memproduksi cairan dari dalam hidung. Dan terjadilah hidung tersumbat dan meler.

Penanganannya, secara teori mudah saja. Kawan cukup mengidentifikasi pencetus alergi, lalu menghindarinya, selesai perkara. Tak ada asap kalau tak ada api. Tak ada histamin kalau tak ada kontak dengan pencetus alergi. Tapi Kawan, ternyata tak sesimpel itu. Apalagi kalau mengingat kamar penderita yang, maaf kata, kurang terawat, rasanya mustahil untuk tidak berinteraksi dengan barang-barang pencetus tadi. Maka, penanganan rhinitis yang lebih rasional adalah dengan jalan memperdaya histamin.

Kita tak akan mengotak-atik mesin penghasil histamin. Biarkan ia mengeluarkan histamin sesuka hati. Yang perlu kita lakukan adalah memberi sogokan berupa antihistamin kepada para reseptor supaya mogok kerja. Kalau reseptor sudah mogok kerja, hidung tersumbat dan meler tentu tak timbul lagi. Nah, bila sudah tahu mekanisme rhinitis seperti itu, jangan menunggu bersin-bersin baru minum antihistamin. Segera minum antihistamin sesaat setelah bangun tidur, insyaAllah, gejala rhinitis tak akan timbul lagi.

Wassalam.

8 komentar:

aphied mengatakan...

moga g kumatan yaa dok alerginya. :D

anjang mengatakan...

alergika apa vasomotor?

Elsa mengatakan...

wah tips nya mantab banget,
dicatat dan diinget inget nih

thanks yaa

Elsa mengatakan...

Sala kenal Om...
Dija baru pertama kali kesini

kalo Om gak sibuk,
datang aja ke acaranya Dija
ulang tahun ke setengah
ada syukuran giveaway

besok tanggal 23 september
datang ya Om...

pratiwi hape mengatakan...

kalau saya beda .
saya bersin" dan pilek ketika di tempat berdebu, udara dingin.
dan saya sudah 3 bulan ini batuk-batuk. kata dokter bukan TBC alhamdulillah. tapi saya merasa tidak nyaman
hm...

Vicky Laurentina mengatakan...

Setelah minum mebhidrolin itu, jadi ngantuk nggak, Ndri?

Andri Journal mengatakan...

@ aphied: selama minum obat sih gak kumat..gak tahu kalo nanti pas lepas obat. Makasih doanya.. :)

@ anjang: mungkin juga vasomotor, mengingat gejalanya juga mirip..

@ elsa: sudah mampir..selamat ulang tahun yang ke setengah yaa.. :)

@ pratiwi hape: bisa jadi batuk-batuknya juga disebabkan oleh alergi..

@ vicky: sejauh ini..tidak ngantuk..Justru kalo bersin-bersin dan tidak minum obat malah terasa mengantuk..

toko online mengatakan...

Wah informasinya sangat bermanfaat, terimakasih ya mba saya jadi tahu ternyata bersin-bersin itu bisa dari kapas juga ya. Duh betul sekali, mulai sekarang harus rajin membersihkan semua tempat dari yang namanya debu.

Recent Comments