Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Sabtu, 02 Juni 2012

Infeksi Nosokomial di Rumah Sakit

Infeksi nosokomial adalah infeksi yang didapat penderita ketika penderita tersebut dirawat di rumah sakit. Suatu infeksi dikatakan didapat di rumah sakit apabila: (1) Pada waktu penderita mulai dirawat di Rumah Sakit tidak didapatkan tanda-tanda klinik dari infeksi tersebut; (2) Pada waktu penderita dirawat di rumah sakit, tidak sedang dalam masa inkubasi dari infeksi tersebut; (3) Tanda-tanda klinis infeksi tersebut baru timbul sekurang-kurangnya setelah 3 x 24 jam sejak mulai perawatan; (4) Infeksi tersebut bukan merupakan sisa (residual) dari infeksi sebelumnya; (5) Bila saat mulai dirawat di Rumah Sakit sudah terdapat tanda-tanda infeksi dan dapat dibuktikan infeksi tersebut didapat penderita ketika dirawat di rumah sakit yang sama pada waktu yang lalu serta belum pernah dilaporkan sebagai infeksi nosokomial.

Infeksi Saluran Kencing (ISK)

Kriterianya meliputi: (1) penderita menggunakan kateter urin atau pernah menggunakan kateter urin yang dilepas dalam 48 jam pada saat biakan urin dilakukan; (2) Paling sedikit satu dari tanda dan gejala serta tanpa ada penyebab lain yang dikenali: demam (≥ 380 C), urgency, frequency, dysuria, nyeri suprapubik atau nyeri costovertebral angle atau tenderness; (3) Biakan urine positif berupa ≥ 105 kuman per cc urine dan tidak lebih dari dua species kuman.

Pneumonia

Kriterianya meliputi pemeriksaan radiologi dan tanda/gejala. Dari pemeriksaan radiologi, dua atau lebih radiograf thorax/ chest serial dengan paling sedikit satu dari berikut: infiltrat baru atau progresif dan persistent, consolidasi, cavitasi atau pneumatoceles (pada bayi berusia ≤ 1 tahun).

Sedangkan tanda/gejala, paling sedikit satu dari tanda/gejala berikut: (1) demam (≥ 380 C) tanpa sebab lain, (2) leukopenia (≤ 4000 lekosit/mm3) atau leukositosis (≥ 12.000 lekosit/mm3), (3) untuk dewasa berumur ≥ 70 tahun, gangguan status mental tanpa sebab lain. Ditambah paling sedikit dua hal berikut: (1) onset baru sputum yang purulen atau perubahan karakter/sifat sputum atau peningkatan sekresi respiratori atau peningkatan penggunaan suction; (2) onset baru atau batuk memburuk atau dyspnea, atau tachypnea; (3) rales atau suara nafas bronchial; (4) pertukaran gas yang memburuk (misal desaturasi O2, peningkatan penggunaan oksigen atau peningkatan kebutuhan ventilator).

1 komentar:

Lestari News mengatakan...

wah harus hati-hati nih biar gk kena infeksi

Recent Comments