Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 28 Desember 2007

Hipoglicemia: One of Miracle in Interna



Suatu sore, jam 18.00, ada keluhan dari seorang pasien rawat inap. Tiba-tiba saja pasien mengigau, bicara tidak jelas, antara sadar dan tidak serta timbul keringat dingin. Pada pemeriksaan tidak didapatkan adanya kelainan motorik dan tanda-tanda vital dalam batas normal. Dari list pasien diketahui bahwa pasien tersebut menderita DM serta sedang mendapatkan terapi sulfonilurea. Setelah dicek GDS (Gula Darah Sewaktu) ternyata kadarnya tinggal 53 mg/dL. Its hipoglicemia!*
Terapi lalu diberikan sesuai dengan protap (prosedur tetap). Pasien pun segera sadar penuh seperti sedia kala. Alhamdulillah......
Salah satu keajaiban di dunia kedokteran (khususnya Interna/ Ilmu Penyakit Dalam) yang sangat saya ingat adalah hipoglikemia. Beberapa kali saya menjumpainya. Saya sempat kaget juga waktu pertama kali menemui kasus tersebut. Pasien yang semula koma saja (dalam hal ini koma hipoglikemia), setelah dibolus dengan D40 langsung sadar penuh dan sepertinya "fine-fine" saja. Barangkali kalau pasien tersebut diajak lari-lari saja langsung bisa...hehehe...Sungguh ajaib!
Gegitulah hipoglikemia, efek terapi langsung dapat segera dilihat. Tapi eit...jangan senang dulu. Hipoglikemia bisa berulang beberapa jam kemudian. Untuk itulah perlu monitor GDS setidaknya 6 jam sekali. Sebaiknya kadar gula darah dipertahankan di atas 90 mg/dL.
Kasus hipoglikemia memang jarang, akan tetapi saya tetap menganjurkan pada teman-teman sejawat supaya membawa D40 setidaknya 2 flash untuk persediaan sendiri. Apalagi bagi yang bekerja di pelosok desa, seperti saya...hehehe...Istilahnya "sedia payung sebelum hujan" lah.

* Diagnosis hipoglikemia (berdasar Trias Whipple):
[+] Adanya gejala-gejala hipoglikemia.
[+] Kadar gula darah kurang dari 60 mg/dL.
[+] Gejala menghilang bila kadar gula darah dinormalkan.

4 komentar:

Luluch The Cinnamon mengatakan...

Ae Andri.Selamat datang di dunia blogging hehehe.Ehm,sdkt saran,lbh serius dong...Andri gt lhoh...Topik spt Hypoglycemia kan bs dibahas lbh dalam lg.Spt bkn refrat versi tdk resmi,jd ada pembahasan overall mule dr sebab sampai penanganannya.It would be great :) oya,add blog-ku dong di link-mu

Andri Journal mengatakan...

Moh ah luch....lha aku dah ga kuliah lg je....jadinya males buka2 buku meneh...hehehe....
Tapii....saran lu tak pertimbangin deh....maw tak buatin artikel tentang malaria ga....ntar bandingin ama kenyataan di sono...gimana????

Cardio Chef mengatakan...

halo bos! welcome to d' blog jungle!!
Masih inget aku to? Habibie. Hooh bos, mbok blog mu dikumpliti, biar namaku bisa nampang di blogmu, huehehehe..
mohon ijin bos, namamu bakal tak pasang di blog kuwh yah...
just visit:
www.habibiearifianto.blogspot.com
leave comments please!

Andri Journal mengatakan...

Wah....Aku ga kenal ki...Lha rupamu ketutupan masker og....Wkwkwkwk...
Wokey Habibie...Ntar tak mampir ke blogmu...
BTW,aku ga mudeng carane nge-add blog ki piye?????Mbok aku diajari.... =)

Recent Comments