Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 04 Januari 2008

Luka Bakar Akibat Terkena Knalpot

Hari ke 22


Hari ke 5



Berikut ini adalah pengalaman saya saat terkena luka bakar akibat terkena knalpot beberapa waktu yang lalu. Lukanya lumayan luas, akan tetapi masih termasuk luka bakar derajat 1 (lihat gambar). Luka bakar derajat 1 artinya kerusakan yang ditimbulkan luka bakar derajat ini hanya sebatas permukaan kulit luar, yang disebut dengan lapisan epidermis.

Hari ke-1 hingga hari ke-3 luka saya beri dengan madu kemudian saya tutup dengan kasa. Alasan saya karena saat itu saya harus pulang pergi Solo-Wonogiri dan tentunya Anda bisa merasakan perihnya bila luka tersebut langsung bergesekan dengan kain celana. Madu saya pakai karena zat tersebut dipercaya mampu menarik air dari luka, anti bakteri dan dapat meningkatkan pembentukan angioblas dan fibroblas.

Hari ke-4 saya diberi ibu saya daun "Benahong" untuk ditempelkan pada luka dan lagi-lagi luka saya tutup karena saya harus bepergian Wonogiri-Purwantoro. Saya tidak tahu khasiat daun tersebut, hanya menurut anjuran ibu saja.

Hari ke-5 saya lihat luka masih basah dan terasa nyeri sekali. Saya lalu mengkonsumsi pereda nyeri (Na Diklofenak 50 mg), antibiotik (Ciprofloxacin 250 mg) dan salep Bioplacenton.
Hingga hari ke-7, luka masih terasa nyeri dan bahkan timbul pus, pertanda luka saya terkena infeksi. Saya sempat khawatir juga.

Pereda nyeri dan antibiotik saya lanjutkan hingga 1 minggu. Luka saya bersihkan, pus saya keluarkan hingga tampak seperti luka baru. Saya berikan povidon iodine (Betadine) dan salep Bioplacenton dua kali sehari, pagi dan sore. Ahamdulillah, luka mengering dan nyeri berangsur mereda.

Dari awal saya sebenarnya menghindari penggunaan povidon iodine karena bersifat sitotoksik dan itu artinya akan menghambat penyembuhan luka. Akan tetapi pada akhirnya saya gunakan juga dengan pertimbangan bahwa luka sudah tidak steril lagi, ditandai dengan timbulnya pus.

Kesimpulan :
[+] Jangan tutup luka bakar akibat terkena knalpot dengan apapun! Karena itu akan menyuburkan infeksi, timbul pus dan penyembuhan pun menjadi lambat.
[+] Biarkan luka terbuka, tetapi sedapat mungkin hindarkan dari debu dan lalat.
[+] Bila luka sukar sembuh atau timbul pus, bersihkan dengan povidon iodine (Betadine) dua kali sehari, pagi dan sore. Setelah itu berilah salep Bioplacenton.

Semoga bermanfaat.


5 komentar:

Stranger mengatakan...

Thanks for visiting my blog and leave nice comment, heheheh salam kenal mas Andri. Semoga sudah sembuh lukanya. ya GBU
Best Regards,
Stranger

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Salam kenal jg Stranger... ;)
Alhamdulillah lukanya dah sembuh og...Tapi ya itu....bekas lukanya masih ada...hiks....

estrella mengatakan...

saya juga pernah kena luka bakar akibat knalpot motor. untungnya di kaki dan tertutup kaos kaki.
itu juga akibat kenakalan saya waktu tk. saya duduk di depan. kita udah sampe rumah tp motor blom berhenti. namun saya turun duluan. ya udah, kena deh..lebar lg..hix2

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Tabiat orang Jawa,saat mereka terkena musibah,hampir selalu mengatakan "untungnya".... =)

Rahmah mengatakan...

Mau Share Ya. Propolis bisa menjadi solusi kesehatan untuk berbagai penyakit, termasuk Mengobati Luka Bakar Kena Knalpot, yang bekerja secara holistik. Propolis adalah zat yang dihasilkan oleh lebah sebagai obat dan pencegahan penyakit (Hampir semua kitab suci menulis tentang lebah, Q.S. An Nahl Ayat 69). Info tentang propolis dapat kunjungi obatpropolis.com
semoga bermanfaat
Rahmah

Recent Comments