Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 04 Januari 2008

Tips Menambah Tinggi Badan


Seorang gadis berusia 19 tahun mengeluhkan tinggi badannya yang "cuma" 150 cm. Dirinya ingin lebih tinggi lagi, setidaknya 160 cm, karena dia ingin bekerja di sebuah instansi yang menuntut tinggi badan tertentu sebagai syarat untuk memasukinya.

Tinggi badan 150 cm untuk usia 19 tahun memang agak kurang, tapi cukup banyak juga wanita Indonesia dengan tinggi sekian. Tinggi ini masih dapat diharapkan untuk bertambah, apalagi pada usia tersebut.

Genetik
Satu hal yang perlu dipahami terlebih dahulu bahwa tinggi badan sangat ditentukan oleh gen. Hasil penelitian terkini (seperti dilansir AFP tanggal 2 september 2007) menyebutkan bahwa terdapat gen yang menentukan tinggi-pendeknya seseorang.

Gen itu dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah "huruf" dasar di kode genetik HMGA2 yakni sebuah C (disingkat dengan Cytosine) akan mempengaruhi tinggi badan seseorang. Seseorang yang hanya mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah sentimeter dari yang hanya memiliki T (disingkat dari Thymin). Begitu pula, bila seseorang memiliki C ganda akan membuat mereka lebih tinggi satu sentimeter dari yang memiliki T ganda.
Masih ada lagi gen-gen yang berkaitan dengan tinggi badan. HMGA2 hanya menjelaskan 0,3 persen dari keberagaman tinggi manusia.

Untuk itulah saya sebelumnya berpesan, syukurilah apa yang Tuhan berikan, karena itu lebih baik daripada Anda menyesalinya. Masih banyak potensi lain yang ada pada diri Anda yang bisa Anda kembangkan sehingga menjadikan Anda sebagai manusia yang unggul.

Pun begitu, tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips di bawah ini.

Nutrisi
Ibarat membangun sebuah rumah, Anda tentu membutuhkan bahan bangunan. Begitu juga dengan tubuh, membutuhkan nutrisi yang cukup supaya dapat tumbuh dengan optimal.
Tinggi badan menunjukkan kualitas gizi orang tersebut saat masa kanak-kanak dulu. Jika kualitas gizi orang itu kurang pada masa kanak-kanak dulu, orang tersebut cenderung pendek pada masa dewasanya, dan sebaliknya. Bukan bermaksud sombong, saat kanak-kanak hingga umur 5 tahun saya rutin mengkonsumsi susu dan tinggi badan saya sekarang 187 cm!

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang.

Olahraga
Dianjurkan untuk melakukan olah raga yang memberikan beban pada tulang panjang kaki, misalnya atletik, lari santai, lompat tali (skipping), basket, badminton dan olahraga lain yang sejenis. Dengan cara tersebut, tulang dirangsang tumbuh sedikit lagi karena hentakan berat badan. Renang bisa juga menambah tinggi badan seseorang, namun ada juga yang menyangkalnya dengan alasan bahwa berenang hanya membentuk badan supaya lebih proporsional sehingga tubuh kelihatan lebih tinggi, padahal tinggi masih tetap sama.

Alternatif Lain
Ada juga suplemen maupun produk lain di pasaran yang menjanjikan penambahan tinggi badan secara instan (misalnya dengan meluruskan tulang belakang), tapi saya tidak menganjurkan hal tersebut karena saya memang belum memiliki data ilmiah mengenai produk tersebut, terutama mengenai tingkat keberhasilan dan keamanannya.

56 komentar:

Anonim mengatakan...

Makasih atas info tentang tips peninggi badannya mas dokter. ^_^
Besok buatin lagi ya tentang rabun. hehe....

Pasti amal ibadahmu bertambah wez. wkwkwk

Btw bagi2 donk tinggi badannya.... jangan diborong semua buat kamu. hehe

ya dah gitu aja.

sekali lagi thanks atas infonya.

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Wakakakakaka...Akhirnyaa...Ngisi comment jg adikku yg satu ini...Anyway,thanks a lot gurl.. ;P
Wah...Kalo rabun ntar2 aj ya,soale topik selanjutnya mungkin insomnia.Wokey?
Tetep kompak selalu =)

Anonim mengatakan...

yahh pakk,,,qu nulis ulang,,,
gara-gara kebodohanku jadi kehapus de,,,padahal uda panjang bgd,,,hiks,,,

yawda gapapa de,,,q kan ade yang baek,,;)

adow tadi nulis apa yah,,,lupa,,,

ow iya,,,
saran-saranmu uda sebagian tak jalanin,,,hehe,,,
kan pengen tambah tinggi,,,
tapi ada satu hal,,yang paling menyiksa adalah JOGGING,,,,

Soalnya tiap abis jogging kakiqu suka pegel-pegel berhari-hari,,,
istilahnya asam laktatnya (bener ga si?) nempel terus ga ilang-ilang,,,,

sungguh mengingatkanku pada MIB(muteri imam bonjol) pas jaman sma,,,wadoww nyerinya berhari-hari,,,

malah curhat ki piye...

tapi bisa ga si kalo dibiasain jogging tiap hari lama-lama kaki jadi gag gitu pegel lagi?

sebenernya kayake aq gag jogging dink,,maraton kalee yaa,,,ckakakaka,,,abis klo lari pelan-pelan ga enak,,,mending jalan,,,,hehe,,,

tapi demi nyaingin mba luna,,eh salah tambah tinggi,,gapa2 de,,,
skalian cuci mata di sore hari,,,hehe,,,

pokoknya thx a lot de mas,,,masqu emang pinter,,,ntar tambah ganteng deh,,,(tapi sithik wae),,,hehe,,,

Setidaknya ngasi aku harapan klo ternyata q masi bisa tambah tinggi walopun dikit,,paling cuma beberapa cm,,,gapapa dah,,,

pak,,kamu kq tinggi banged kaya genter to???
ati-ati ya,,,ntar nyangkut di pohon jeruk,,,(q was-was ni,,hehe,,)

yawda ah,,
muup2 ya klo commentnya puendek banged,,,hehe,,,
mesti bacanya puyengg,,,,

-->ehh dari keket lagi,,,

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Bener2 adek yg berbakti pada kakaknya (sambil geleng2 kepala....).Aku ampe nangis2 baca komentarmu...Puanjange pol tenan!!!Makasi bgt ya adekku keketz tersayangs...Aheuheuheu....
Wah...Ketahuan ga pernah olahraga lu...Hu um,itu namanya asam laktat dek.Tp don't worry,ntar lama2 jg ilang sendiri kuq...Tubuh kan jg pinter,punya mekanisme penyesuaian diri (itu kalo tubuhmu pinter lho ya...ckakakakaka...).
Tp inget...Joggingnya kudu istiqomah alias kontinyu...Soale kebanyakan orang kan gak sabaran..Dah cape2 jogging,eh tingginya gak nambah2..Terusin aj lg..ga tambah tinggi tp kan tambah sehat...Nah,kalo tambah sehat kan km bisa ngasi comment2 lg to....Tul gak? ;P

arm mengatakan...

wah, mas, (saya benci mengakuinya) umur saya udah liwat masa pertumbuhan, jadi ya apa mau dikata tinggi saya tetep segini2 aja nih -_-'

btw TFYI :)

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Sama2 arm...Tinggi pendek gak masalah...Yg penting tetep berkarya.Tul gak?
Keep fighting =)

Anonim mengatakan...

betul..
faktor nutrisi ttp no.1
selanjutnya adalah latihan

From: tinggilagi.com

iwakpindank mengatakan...

ALHAMDULILLAH...

nggak terlalu pendek juga diriku...tapi sebenernya pengen tinggian dikit ya nambah 5 cm bisa nggak ya di umur yang dah tuwir ini.....hehehe....

habisnya dulu pernah ikut tes masuk taruni akpol, dah lolos semua tes tinggal keputusan akhir aja ehhh... nggak ktrima....alasannya diantara yang lolos itu pada tinggi-tinggi aku paling pendek....wkwkaka...melazzzz....rata2 yang ketrima 165cm keatas padahal cewek, lha aku mung 161,5cm .....

Anonim mengatakan...

saya ingin mbagikan tips yang tak terduga sebelumnya, sebagai pembuka marikita lihat kasus 2 ini;
masih ingatkah anda dengan manusia kawat ?dari hal itu ternyata banyak hal yang tidak dapat dijelaskan oleh ilmu kedoktran,seorang tokoh spiritual di bali yang dapat berubah wujud menjadi leak dengan tangan yang memanjang dan kuku2 yang menyeramkan ini kisah nyata dan fakta serta pernah diliput oleh trans7 ,saya mau menantang para pakar genetika untuk menjelaskan hal ini ternyata mereka seoloah seperti seorang dungu dan tak bisa berkata apa2 mngenai fenomena menakjubkan ini ternyat bukan dongeng.inilah tiba saat nya tips jitu itu.
menga[a kita berhenti tumbuh pada usia tertentu? ternyata ada dna yang mengature semua ini .kita beruntung ternyata alam semesta ini tak sesederhana yang takdiduga para ilmuan kita bisa memanipulasi gen kita untuk memperoleh tinggi badan sesuaoi yang kita inginkan ,caranya?
1.pelajari tekik2 yoga
2.andda harus membangkitkan kundalini yang ada dalam diri anda (kunhdalini adalah kekuatan tak ternbatas yang ada dalam diri setiapa manusia ) lalu programkan agar cakraepifisis tulang dan hormon pertumbuhan anda kembali aktif dan memberi anda tinggi badan yang anda inginkan dalam alam bawah sadr anda.anda alkan menjalani kehidupan dengan luar biasa.
3.anda bisa belajar teknik yoga merah dari mas boedi margono seorang pakar yoga dan spiritual ,untuk mengendalikan mutasi gen anda secara positif sehingga memungkinkan anda berevolusi secara cepat khususnya tingi badan .
ok selamat berjuang dan bekeerja jangan hanaya puas dengan kotak kehidupan anda sekarang ini ,tidak ada yang tidak mungkin didunia ini kenyataan sering kali lebih aneh dari pada imaginasi manusia semua mungkin jangan pesimis ,hiduplah dengan penuh optimisme dan keceriaan dan keajaiban ,wahai saudara ku penuhilah dirimu dengan keajaiban .kita semua mampu ,impian adalah kenyataan yang sedang dibangun, salam sukses luar biasa!!!

hadiawan mengatakan...

cak, kalo nggemukin badan gimana cak...makasih yo...

Andri mengatakan...

@ All:
Makasih atas komentar2nya ya..Sebenarnya sudah ada niatan untuk posting artikel tentang tips menambah berat badan..Tunggu saja.. =)

Anonim mengatakan...

aku mau tanya nih.. aku pengen banget punya tinggi 165 tapi aku udah usaha semaksimal mungkin.. renang tiap minggu,minum suplemen pniggi badan dan makan makanan yg bergizi.. tapi tinggi aku belum bertambah juga,padahal mama dan papa termasuk kategori lumayan tinggi, papa 178 dan mama 162.. tapi tinggi aku cuma 159
aku skrg 16 tahun,msh bisa bertambah ga tingginya?


tolong solusinya dong,please??
thanks

Andri mengatakan...

Tampaknya,usaha yg Anda lakukan sudah maksimal.Tinggal dilanjutkan saja,secara rutin tentunya.Hingga 20 tahun pertambahan tinggi badan masih dimungkinkan kok.

Jangan lupa berdoa. :)

Anonim mengatakan...

ada cara lain ga mas??
putus asa ni
:((

Anonim mengatakan...

wah..pak, kalo olahraga jogging, skipping bukannya bikin betis jadi gede??

kira2 slain susu makanan apa lagi sih yg bikin tinggi??

Andri mengatakan...

Bila ada informasi yg update insyaAllah nantinya saya posting. :)

Makanan yg dianjurkan adalah makanan yg banyak mengandung protein dan kalsium. Contohnya adalah telur,susu dan produk2 olahannya (keju,mentega),ikan,daging (sapi,kambing,ayam dsb),kacang kedelai dan produk2 olahannya (tahu,tempe,oncom),kacang tanah,kacang hijau dan kacang merah.

Lex dePraxis mengatakan...

Suplemen alternatif yang beredar di pasar biasanya hanya marketing saja. Peningkatan hanya bersifat sugestif, tidak benar-benar signifikan. Saya tetap percaya kunci pertumbuhan ada di nutrisi dan olahraga. Anyways, salam kenal yah. Dan jika ingin tahu lebih banyak tentang rahasia CINTA, bisa cek tulisan saya yang berjudul Butir-Butir Cinta. Sampai jumpa lagi, Sobat.

Lex dePraxis
Romantic Renaissance

Andri Journal mengatakan...

@ Lex dePraxis:
Salam kenal jg lex. :) Aku td dah mampir ke blogmu.Sepertinya km mahir untuk urusan bercinta ya. :D Wah,kapan2 bisa konsultasi nih. ;)

Mahe mengatakan...

katanya tulang manusia memang bisa "di utak-atik" y? tuh, ada suku di suatu belahan bumi yg make gelang-gelang gede di lehernya. karena gelangnya banyak dan numpuk-numpuk di leher mereka, lehernya jadi panjang... kalo tulang leher bisa, harusnya tulang punggung, ma tungkai/kaki bisa panjang juga donk... menurut dokter gmn?

Trus, produk2 di internet itu gmn y? trus ada produk dari jepang (klo gk salah) yg diiklankan di TV, yg pake alat stimulator (yg pake gelombang apaaa gitu...) yg dipake di kaki trus kakinya diolesin krim tertentu, katanya merangsang pertumbuhan tulang kaki secara signifikan. gmn tuh menrut medis dan ilmu dokter yg tentu dah belajar seabrek-abrek...

thanx...

Anonim mengatakan...

askum,
pak, sebenarnya ada gak faktor yang menyebabkan penundaan untuk tinggi?
by: peewee

growtaller-web mengatakan...

Badan tinggi emang oke.. lumayan buat dongkrak kalo wajah pas2an :-)

Anonim mengatakan...

brow ..... gw juga mau tinggi .....

gimana caranya yah .....

gw mau tinggi dan gemuk nya sedeng ajah ngga usah gemuk banget .......

gimana caranya brow .....

please .......

Andri Journal mengatakan...

@ All:
Tiga hal yang perlu mendapat perhatian pada pertumbuhan tulang yaitu KALSIUM-OLAHRAGA-VITAMIN. Kalsium adalah bahan dasar tulang, sementara olahraga meningkatkan kemampuan tulang untuk menyimpan kalsium. Vitamin yang penting untuk tulang antara lain vitamin D,A dan C.

Vitamin D selain mempengaruhi laju penyerapan kalsium dari makanan, juga memiliki efek langsung atas pembentukan tulang. Telah diperlihatkan pada percobaan di laboratorium bahwa jaringan tulang yang dibiakkan dalam medium yang kaya kalsium tetapi kurang vitamin D akan mengalami peningkatan proses pengikisan.

Kekurangan vitamin A akan menyebabkan sel osteoblas tidak memproduksi cukup zat tulang sehingga tulang itu akan lebih pendek daripada ukuran normal. Sebaliknya, kelebihan vitamin A akan mempercepat berhentinya pertumbuhan tulang sehingga pertumbuhan tubuh akan berhenti lebih cepat.

Sedangkan vitamin C penting bagi pembuatan kolagen oleh sel osteoblas. Dengan demikian, kekurangan vitamin C dapat mengakibatkan terganggunya pertumbuhan tulang.

Anonim mengatakan...

Dok, aku karang udah umur 18 thn n tinggi aku sekitar 146,yang kata orang2 pendek banget, gimana nie dok bisa lebih tinggi lagi ga ya 151 aja ga apa2 dah....
tolong di jawab ya

akatsuki mengatakan...

aq rian,, 17 th+..
tggi aq skrg 168 cm..

aq mw tnya neh dok..
aq da sring bgt latihan wat nmbah tinggi bdan,, dri basket, renang, hanging, streching, lari santai,, aq jga uda minum suplemen, apa lagi susu,,, aq rutin banget...
tp knp ya tggi aq lama bgt bertanbah na... emang cii nambah,, tp aq bgung ma tmen aq,, dia seumuran aq, tp tggi na 174 cm,, udah gitu nambah na cepet banget..
pdahal dia ga pernah latihan kya aq, ap lg dia jg ga pnah minum susu.. kedua org tua nya jga pendek... kq bisa ya dok...??
tp klo aq tnya dia,,, kta dia dia sering mastrubasi (onani) apa emang bneran ngaruh ya?? tlg di jelaskan..

Anonim mengatakan...

Dear Akatsuki,

perlu diketahui tinggi badan tidak dipengaruhi oleh onani sama skali. malah ada orang awam yang berpendapat bahwa onani akan membuat badan kamu susah gemuk dan lain sebagainya. Ukuran pria seumur kamu tingkat produksi hormon HGH (hormon pertumbuhan) nya masih sangat optimal sekali sampai umur 18 tahun. Dan proses pertumbuhan masih bisa berjalan sampai 25 tahun (wanita 21 tahun) *menurut penelitian di US. Minum susu juga langkah yang tepat untuk menambah tinggi dari dalam. Tapi minum susu itu ada aturannya loh. Mungkin sampai sekarang banyak orang yang tidak memperhatikan, meminum 1 gelas susu dalam sekali telan kurang baik untuk proses penyerapan dalam tubuh. Minum 1 gelas susu sebaiknya dilakukan dalam beberapa tahap. tiap setengah / seperempat gelas diminum beberapa kali sampai habis. Itu disebabkan lambung kita memiliki daya serap yang terbatas apalagi untuk di siang hari - malam hari.

Aktifitas yang kamu lakukan sudah cukup baik kok. Tapi kenapa kamu tidak melakukan metode YOGA dan Kicking yang disarankan oleh GetHeight?

Kamu coba buka deh http://getheight.blogspot.com Baru saya temuin minggu lalu dari forum. Website berbahasa inggris sih memang, tapi mudah dimengerti kok (ada step by step nya dalam bentuk gambar). Di sana, si GetHeight membeberkan 2 buah latihan rahasia yang tidak banyak orang gunakan untuk menambah tinggi selain Hanging.

Saya udah coba, kerasa penarikan tulangnya.. hehehe.. Harus dicoba tuh tuk yang mau nambah tinggi badan.

Charles Handriawan-

Naya mengatakan...

Dok. Thx z infonya... Lumayan bantu tapi ga bisa bikin tambah tinggi.. Hix_hix_hix,
Anyway untuk ukuran tinggi 158 + berat badan +/- 48 kira2 seimbang g' untuk seukuran cewek dok? Apakah dengan olahraga seperti jump out bisa menambah tinggi badan meskipun secara bertahap?

dhimas mengatakan...

eh dok makasih tuk infonya, kalo boleh nanya nich bos, klo mo ngemukin badan gimana, tapi porsi makannya tetap, maksud ane produk apa yg co2k tik ngemukin badan, tanpa menambah porsi makanya healthlovemoneyand family

Anonim mengatakan...

aq rian,, yg kmrn nanya masalah onani bikin tinggi apa ga... hhe

makasih dok ats info na,,,
oia aq jg mw cii nyoba yoga,,, tp ga tau latihan na di mana...
trus yg dimaksud kicking itu apa ciii...?? tlg jlaskan

punya mengatakan...

saya waktu kecil rajin minum susu,, cehari 2 kali sampai smp... wktu kecil juga tidak ketinggalan telurkampung +madu,, apa itu kurang??, ayah saya 165, ibu 150 , saya 163, sya pengen lebihy tinggi lg gimana caranya??, saya sekarang berusia 21 thn... dan sayang sering berolah raga, joging, futsal,, badan saya memang jadi bnyak teman2 pd ngiri,, tp tinggi saya kurang,,,mohon bantuanya... trimakasih

Anonim mengatakan...

Aduuuuhhh
Yoga mulu.yoga mulu yg dbhas
Naaah...akk in masi sma jd gpny wkt u/ yoga2an
Les mulu tiap hari gyan dsni gd pusat yoga dtambah gy gd ijin dr ortu u/ gitu2an
Ngerti kan mksdnyaa....
Nah..pak/mas/om/akang/abang dkter akk pnah liat di toko spatu yg jual spatu dmna bs ninggiin bdan 2cm it 2h kejany ngrasang sraf apa c??ko bs cm make spatu nmbah tnggi qt
Tdinya akk mo beli tp kyanya dragukan 2h prodak???
Kasi saraan donkk
Oey nii tnggi akk 162 berat bdan 45 it 2h krus ato gg c?akk ngrasa pngen nrunin gy loo cz ngrasa gmuk tp tmn2 ad yg blg g gmuk ad yg blg krus
Jd bingung???
So,sbaikny akk diet o g?trs mkan tmpe+tahu ngaruh tnggi bdan g c???

Martin mengatakan...

tinggi badan dan gemuk badan tuh relatif sekali...krna selera org juga berbeda2 ...di jawa tengah tinggi 170 dah kelihatan tinggi, namun di surabaya 170 terlihat pendek krna orgnya rata 175cm..,namun beda lagi sama jakarta 175 kelihatan pendek krna rata org 180 cm...,namun 180 terlihat masih pendek bagi pemain olahraga krna tinggi rata2nya 190cm-200cmm keatas..
begitupla dengan berat..
jadi yg baik adalah sesuaikan dengan jati diri sendiri .,

bung bonafit mengatakan...

DALAM BONAFIT-SYSTEM ANDA AKAN BELAJAR BANYAK HAL TENTANG TINGGI BADAN. Tak masalah usia BERAPAPUN ANDA. Bonafit-SYSTEM MEMBERIKAN SOLUSI PASTI UNTUK ANDA YANG INGIN MENAMBAH RASA PERCAYA DIRI DENGAN PERTAMBAHAN TINGGI BADAN ANDA. SILAHKAN jalan-jalan dulu ke www.bonafit-system.com

menambahtinggibadans mengatakan...

Ya benar , iNfo anda itu benar..

juga tertera di blog saya...
memang dengan tambahan latihan yang benar, akan menunjang pertambahan bahkan bisa 10 cm lagi.

Banyak orang bilang , lewat usia 20 tahun ,tulang sudah keras dan tidak bisa Memanjang lagi , ITU SALAH ...
badan bisa tambah tinggi lagi walaupun sudah usia 30 tahun , tapi dengan catatan asupan gizi yang berkualitas , tidur cukup , dan latihan yang benar ...

salam sukses

berbagi dari hati mengatakan...

mas andi, ada peninggi badan namanya fastep..itu bgus g y?

Anonim mengatakan...

Okr juga infonya mas.... kemarin2 aku juga browsing ni.. eh dapet juga infonya coba deh di http://www.formulaidaman.com
Disitu juga ada program peninggi badan dengan alami denga sedikit latihan... selain itu kita bisa dapet info2 lainnya.. diantarannya panduan bisnis online dan Metode rahasia idaman yang buat memperbesar kelamin pria dan juga efektif buat pengobatan infotensi...
thanks ya bwt ya punya blog ini...
salam..

Budiman Setiawan mengatakan...

CD Brainwave Peninggi Badan ini sudah terbukti bisa Meninggikan Badan
Sebanyak 1-2 cm dalam sebulan.Para pelanggan yang memakai produk ini
juga menyatakan kepuasaanya. Syarat pemakai harus berusia dibawah 30
tahun. CD ini bisa juga untuk meningkatkan pertumbuhan badan anak yang
kurang normal pertumbuhannya.

http://gelombangsuara.blogspot.com/ (CD PENINGGI BADAN)

http://nambahhilmu.blogspot.com/ (DESAIEN WEBSITE)
budi
085274279153

i_tha_c_hi mengatakan...

saya sudah 18th...tinggi saya sekitar 158an...apa saya bsa mncapai tinggi 160an ke atas dalam wktu dkat...jka saya melakukan metode yg anda lakukan...kira2 butuh waktu brapa bulan ya...mohon cpat dblz...to di fb saya

http://www.facebook.com/profile.php?ref=profile&id=1752571368

ranggi alvian mengatakan...

ya kalo terima apa yang tuhan kasih itu adalah kewajiban. makanya saya di umur15 dng tinggi 157 masih kurang. saya akan coba tips2 agak bisa tinggi min 170. amin

Tinggi badan mengatakan...

Terima kasih atas informasinya mas.

maoel mengatakan...

kalau kita ingin keinginan kita tercapai kita musti banyak berdoa dan berusaha….. pasti akan ada jalan keluarnya…. contoh jalan pertama ya ngelakuin tips diatas….. atau bisa juga lewat jalan lain seperti ke: http://tinggitinggitinggi.co.cc/ jangan karena merasa anda pendek, atau tinggi badan anda tidak seperti yang anda harapkan dapat membatasi diri anda untuk menikmati hidup. STOP!!! ubah pemikiran itu…. semoga bermanfaat,

Anonim mengatakan...

Saya juga membuat tulisan seperti di atas.
Mudah2an bermanfaat:
http://infoindonesia.wordpress.com/2010/05/18/tips-cara-menambah-tinggi-badan/

http://media-islam.or.id

Meriezca Derby mengatakan...

Law q umUr 15 Thuun.. sdngkan Tinggi Bdan 159, kr2 bs Tinggi Lg g yaa.

Anonim mengatakan...

tips diatas sudah cukup bagus dan lengkap...
tapi mnurut saya ada yang masih kurang sedikit...
coba ke http://qutinggi.co.cc/
dsna ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba...

Anonim mengatakan...

mau tambah tinggi tapi yang tidak mengganggu aktifitas anda.
coba jalan2 kesini http://www.agartinggi.co.cc/
disini anda cuma butuh waktu 10menit tiap hari agar bisa bertambah tinggi...
ini solusi bagi anda yang sibuk, dan tidak igin membuang2 waktu.
semoga bermanfaat

moel mengatakan...

http://www.yapasaja.blogspot.com - said" makasih boss, infonya sayang umur da lewat n gizi kurang bagus"

Andina mengatakan...

Terimakasih infonya, saya juga termasuk orang yang kurang tinggi di bandingkan dengan teman-teman saya. dan memang benar sekali faktor tinggi atau pendeknya seseorang karena faktor genetik. tapi saya akan mencoba tips dari anda. mulai sekarang saya akan berolahraga dengan teratur.

sewa mobil murah mengatakan...

bagus juga infonya aku juga pengen tinggi nih...

John Murdock mengatakan...

oummm, apa umur 25 tahun masih masuk kategori pertumbuhan?

Belly Surya Candra Orsa mengatakan...

Great Blog..!!!! Keep Blogging.... : )

widyoko_03_06_91 mengatakan...

aku putri sekarang baru kelas 2 smp, seneng banget deh udah punya tinggi 178 cm, pengen tambah tinggi lagi nih, kalo bisa sih lebih dari 180 cm, optimis nih, karena kan aku masih masa pertumbuhan, lebih2 aku minum susu, suplemen, main basket dan renang.jadi merasa paling tinggi aja di kelas aku, coz di kelas g ada yang ngalahin tinggi ku

cara meninggikan badan mengatakan...

artikel yang sangat dibutuhkan oleh semua kita yang membutuhkan solusi menambah tinggi badan tanpa perlu menggunakan alat dan obat. menurut saya untuk menambah tinggi badan ada 3hal yang patut kita lakukan:
1. lakukan olah raga peninggi badan
2. cukupi nutrisi untuk menambah tinggi badan
3. pakai selalu audio tinggi badan mungkin ini menurut anda aneh tapi ini udah teruji baik di malaysia maupun di indonesia.

salam Cara Meninggikan Badan

semoga admin website selalu memberikan solusi untuk bisa berhasil dalam hal tinggi badan. semoga kebaikan admin website dibalas oleh allah swt.

joni mengatakan...

makasih atas ifonxa ya, add fb saya ya mas admin http://facebook.com/aftamono

napaz mengatakan...

kurang jelas nh..tips tips nya

surya andika mengatakan...

mat kenal nehh,,aq org baru,,mau nanya ,,srkg aq tuhh umurnya 16 tahun tapi tinggi badan q baru 164 ,,apakah itu cukup untk cwo seumuran aq,,trus klau skiping,,bisa nambah tinggi ngak???

Elsa Maiyuni Fitri mengatakan...

kalo mau nambah tinggi coba konsumsi Hormon Growth saya umur 23th, mengkonsumsi HGH selama 6 bln alhamdulillah nambah tinggi 3 cm.
kalo ada yg mau tau lebih lanjut send pesan ke email saya aja. Poepoe_za@yahoo.co.id

Recent Comments