Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 29 Februari 2008

Peran Jambu Biji dalam Penatalaksanaan Demam Berdarah



Kandungan Kimia
Buah, daun dan kulit batang pohon jambu biji mengandung tanin, sedang pada bunganya tidak banyak mengandung tanin. Daun jambu biji juga mengandung zat lain kecuali tanin, seperti minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin. Kandungan buah jambu biji (100 gr) - Kalori 49 kal - Vitamin A 25 SI - Vitamin B1 0,02 mg - Vitamin C 87 mg - Kalsium 14 mg - Hidrat Arang 12,2 gram - Fosfor 28 mg - Besi 1,1 mg - Protein 0,9 mg - Lemak 0,3 gram - Air 86 gram.

Bagian dari jambu biji yang bermanfaat dalam penatalaksanaan demam berdarah adalah daun dan buahnya.

Daun Jambu Biji
DAUN jambu biji tua ternyata mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD). Kelompok senyawa tanin dan flavonoid yang dinyatakan sebagai quersetin dalam ekstrak daun jambu biji dapat menghambat aktivitas enzim reverse trancriptase yang berarti menghambat pertumbuhan virus berinti RNA.

Demikian hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, yang sejak 2003 meneliti ekstrak daun jambu biji untuk pengobatan DBD.

Daun jambu biji juga mampu meningkatkan jumlah trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping. Peningkatan tersebut diperkirakan dapat tercapai dalam tempo delapan hingga 48 jam setelah ekstrak daun jambu biji dikonsumsi. Asam amino dalam daun jambu biji mampu membentuk trombopoitin dari serin dan threonin, yang berfungsi dalam proses maturasi megakariosit menjadi trombosit.

Diharapkan ekstrak daun jambu biji ini dapat dijadikan obat antivirus dengue berupa suplemen yang dipasarkan ke masyarakat. Di antaranya dalam bentuk kapsul buat orang dewasa dan sirup untuk anak-anak.

Jus Jambu Biji
Meski tidak sedikit orang yang berhasil terselamatkan dari demam berdarah berkat jus jambu biji, harus diakui bahwa belum ada penelitian yang membuktikan secara ilmiah keampuhan jambu biji dalam mengatasi demam berdarah.

Tertolongnya pasien demam berdarah berkat jambu biji bisa jadi bukan karena jambunya, melainkan cairan jus yang masuk ke tubuh pasien dalam jumlah banyak. Cairan itu, apalagi jika diminum sampai 5 atau 6 gelas sehari, amat dibutuhkan pasien yang kehilangan banyak plasma darah.

Buah jambu biji mengandung vitamin C dan A. Bahkan kandungan vitamin C di dalamnya bisa tiga sampai enam kali lebih tinggi dibanding buah jeruk. Lebih tinggi 10 kali dibandingkan dengan pepaya dan 10 sampai 30 kali dibandingkan dengan pisang. Vitamin C berfungsi dalam meningkatkan kecerdasan sel, sedangkan vitamin A berfungsi menjaga regenerasi sel agar selalu tepat waktu.

(dari berbagai sumber)

8 komentar:

Keket mengatakan...

jus kesukaan keket ^^
jus jmbu plg enak beli d RS pas keket skt DB,,
hoho
blm ad tandinganN,,

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Loh ket...Km jg bs kena DB to?Badanmu kan penuh bulu...Trus nggigitnya dimana?Apa nyamuknya gak gatel? @.@
Jus jambu memang enak kuq...Aku jg pernah nyoba..Lebih disukai lg buah jambu biji yg daging buahnya berwarna merah.Pokoke mak nyuss... ^_^

Zee mengatakan...

Kalo jambu kelutuk biasa khasiatnya sama g ya dgn jambu merah?

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Hadeh...Jambu merah yg mana ya mbak?Klinik km biasanya bikin jusnya dari jambu biji yg daging buahnya berwarna merah,biji buahnya banyak,kecil2 dan keras.Itu jambu kelutuk apa jambu merah? @.@

aia mengatakan...

kakak saia pernah kena db,,

pucat banget (katanya ibuk, soalnya saia ndak bisa njenguk langsung)

ndak minum jambu,, karena ndak sempet bawa dari malang...

akhirnya cm makan biasa n banyak2 minum... (sesekali minum pocarisweat)

alhamdulillah sembuh....

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Alhamdulillah..Demam berdarah tergolong self limited disease,artinya penyakit ini bs sembuh sendiri.Yg perlu kita perhatikan adalah menjaga tubuh spy tidak dehidrasi,dg jalan mengkonsumsi cairan sebanyak mungkin,termasuk minuman dlm kemasan kaleng yg mengandung zat elektrolit.

geLLy mengatakan...

yUpi tull tUll jambu biji ga' ada matinya...N kesukaan gell hingga saat ini...

trus ngomong2 kiriman jambu bijinya mana An heee *mode ngak mau umbas.com*

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Lah...Alamat Anda aja saya gak taw...Gimana ngirimnya? **mode lugu.com**
Hehe.. ^_^

Recent Comments