Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Senin, 06 Oktober 2008

Kapak Hitam

"Many people will walk in and out of your life, but only true friends will leave footprints in your heart"
~ Eleanor Roosevelt quotes


Bertemu sahabat-sahabat lama terkadang mengasyikkan. Saya katakan ‘terkadang’, karena tidak semua sahabat kita di masa lalu memiliki hubungan yang akrab dengan kita. Terlebih lagi bila bertemu dengan sahabat lama yang besar mulut, menceritakan kisah-kisah kesuksesannya sampai berbusa-busa. Oh Kawan, ingin rasanya saya ke Singapura…lho?

Dan alangkah beruntungnya saya masih memiliki sahabat-sahabat lama yang ramah. Mereka, bersama saya, adalah empat orang pecundang yang tergabung dalam kelompok tanpa bentuk bernama Kapak Hitam. Nama Kapak Hitam tidak ada sangkut pautnya dengan Kapak Merah, terkecuali dalam satu hal: punya masalah dalam hal sopan santun. Beberapa waktu lalu, masih dalam suasana lebaran, kami berkumpul. Apalagi kalau tidak ngerumpi, membicarakan gosip-gosip terbaru tentang nasib teman-teman se-angkatan kami.

Anggota ‘geng’ ini adalah:

Sigit

Nama beken : Kriyip, Pak Ogah. Nama Kriyip disematkan kepadanya dikarenakan matanya yang sipit.

Status : JoJoBer (Jomblo-Jomblo Berhadiah)

Pekerjaan: Buruh pabrik singkong. Katanya sih di bagian ‘nursery’ atau pembibitan pohon singkong milik PT Sampoerna. Pekerjaan ini baru ditekuninya semenjak tiga bulan yang lalu. Sebelumnya dia sempat memiliki usaha ternak ayam, tapi sepertinya gulung tikar.

Sigit adalah orang yang periang, suka melucu dan jago ‘ngoso’. ‘Ngoso’ berasal dari bahasa Jawa, artinya membuat seseorang jadi bahan tertawaan. Dalam kelompok, dia adalah ketua kami. Ini tidak lain karena prestasinya dalam Playstation, ‘olahraga’ favorit kami selain badminton dan karambol. Dia adalah jawara dalam game Winning Eleven (salah satu game favorit dalam Playstation berupa permainan sepak bola).

Saat kuliah dulu, dia dan Beni (teman SMA juga, tapi kuliah di Fakultas Hukum) adalah orang-orang yang seringkali menginap di kos saya. Tidak jarang kami bertiga pulang larut malam sehabis dari main bilyard.

Dibanding 6 bulan yang lalu (terakhir kami bertemu saat saya hendak pergi ke Kalimantan), badannya bertambah besar 1,5 kali lipat! Satu hal yang sepertinya belum berubah, dia tidak memiliki pacar. Satu-satunya kisah cinta yang saya dengar dari dirinya adalah saat kami berdua masih kuliah di UNS. Saat itu dia pernah sangat mencintai teman sekelasnya, tapi dia tak pernah mengungkapkannya. Ada yang berminat? Ketik reg (spasi) sigit, kirim ke kutub utara.

Agus

Nama beken : Glen, Helm. Kenapa Glen? Karena wajahnya mirip Glen Fredly (setelah ditempeleng orang satu kampung). Sedangkan dipanggil Helm karena model rambutnya yang mirip dengan helm batok (tolong bayangkan sendiri).

Status : berkeluarga dan sudah memiliki anak laki-laki berumur 3 bulan.

Pekerjaan : PNS di Perhutani. Kantornya di Palu, Sulawesi tengah.

Di antara keempat pecundang, anak ini saya rasa adalah yang paling ‘lurus’ jalannya, tidak neko-neko dan berasal dari keluarga yang paling mengerti sopan santun di antara kami. Ayahnya adalah teman sekolah ibu saya, dan ibunya adalah teman sekolah bapak saya. Keduanya dari Sukoharjo. Rumah kakek-neneknya juga masih satu desa dengan rumah kakek-nenek saya, di Sukoharjo juga.

Dalam hal Playstation, dia ada ada di posisi dua di bawah Sigit. Karena alasan itu, dia mendapat jabatan sebagai wakil ketua di kelompok kami. Satu lagi, dia punya adik yang sangat cantik. Sekarang baru kuliah di jurusan Psikologi UMS. Ada yang berminat? Silakan ketik reg (spasi) adiknya agus, lalu kirim ke planet Jupiter.

Budi

Nama beken : sepertinya tidak punya. Dia sepertinya ingin dipanggil Sam, tapi kami tak pernah memanggilnya seperti itu. Kasian deh lu…

Status : In A Relationship (menurut kabar yang beredar sih begitu, secara dia agak tertutup untuk persoalan asmara).

Pekerjaan : Programmer. Saat ini sedang mengerjakan proyek, katanya. Saya pribadi menganjurkan ke dia untuk membuka usaha sendiri di Wonogiri. Usaha itu berupa warnet yang dilengkapi dengan kafe berfasilitas hotspot. Selain itu juga membuka reparasi komputer dan jualan voucher handphone. Ide saya brilian kan?

Dia adalah anggota kelompok paling kaya. Bapaknya adalah seorang camat. Rumahnya paling mewah di antara kami, jadinya kami sering berkumpul di rumahnya. Apalagi keluarganya royal dalam hal makanan. Jika hendak main ke rumah Budi, saya sengaja tidak makan dari rumah (maksudnya supaya bisa menampung makanan dari Budi sebanyak mungkin). Prinsip ekonomi: bagaimana caranya supaya dengan modal sekecil-kecilnya mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya…halah…

Saat SMA dulu, di antara kelompok kami, dia adalah satu-satunya yang memiliki komputer. Kami sempat membuka usaha pengetikan dan penjilidan juga lho…Tepatnya saat ada tugas membuat karya tulis ilmiah. Walaupun keuntungan yang didapat belum bisa dikatakan lumayan. Jabatannya dalam kelompok kami: sekretaris.

Andri

Nama beken : m*l*n, semacam buah. Nama ini saya dapat sejak SMP. Kata teman-teman, itu karena kepala saya paling besar di antara mereka. Paling besar, dan paling manis tentunya.

Diantara keempat anggota, saya dan Budi adalah yang paling lemah dalam hal Playstation, jadinya urutan 3 dan 4 adalah posisi langganan kami. Jabatan saya dalam kelompok : wakil sekretaris merangkap sie pubdekdok.

Saya, Budi dan Agus saat SMA dulu satu kelas, yaitu kelas 3 IPA 1. Budi sendiri adalah teman sebangku saya. Sedangkan Sigit ada di jurusan IPS, tepatnya di kelas 3 IPS 3.

Kegiatan non kurikuler yang paling berkesan saat SMA mungkin saat Liga Sepakbola Antar Kelas. Saat itu, saya diberi jabatan sebagai kiper, Budi sebagai bek kanan dan Agus dipasang sebagai bek kiri. Tiga orang di lini belakang ini dijuluki Trio Kwek Kwek, saking payahnya. Dalam 5 pertandingan saja, kami kebobolan 10 gol!Hmpf…




24 komentar:

tukang Nggunem mengatakan...

Gambar ngisor dewe kok mirip fotoku sing ilang wingi...oalah mesti sampeyan nemu fotoku kuwi ya, terus sampeyan gawe bahan posting..wasyem kih...balekke!!!!!!!

Btw ada tawaran buat ngumpul lagi, kali ini ada si Andik Lintang lanang sama Haris Rumah Mimpi, berminat??

O iya, minal aidin wal faizin bro...mohon dimaapkan segala kesalahan...padahal kapan aku tau gawe salah ro sampeyan yo....

Andri mengatakan...

Ora mungkin..Lha rambutmu kan kriwil2 ra nggenah kae kang..hahaha..

Gek kapan ketemuane?Wong aku iki wis meh bali nyang kalimantan meneh og..Taun ngarep wae yo.. ^^

piyek mengatakan...

WAKAKAKAKAKAKAK... Ketawa sampe guling2 di tanah.

Foto-mu gak nguatin Ndri. HAHAHAHAHA...

Tapi kok jatuhnya nggilani ya...??? *kabur dengan kecepatan tinggi*

Keket mengatakan...

astopirloh
potone ra nguati tenan pak, hahaha
kui mesti kesalahan

wis sue ra buka blog ki

Andri mengatakan...

@ piyek dan keket:
Lho...Lho...Lho...Siapa bilang itu fotoku? Wong jelas itu fotonya mas Brad Pitt kok.... (='.'=)

Takutnya...ntar kalo yang tak pajang fotoku, bisa-bisa kalian kena katarak...hoho...

A.G mengatakan...

Perasaan Brad Pitt jek neng Holiwud, tp opo wes pindah nyang Solo yoo ?

Btw kang Brad Pitt iku idolaku lho mas tp bukan maksud mengidolakan dirimu :p wkwkwkwk

Andri mengatakan...

@ mbak Ayin:
Brad pitt emang sih nang holiwud kok mbak,sing nang solo kae kan adine sing ragil..haha..

Yen wis mari watuke telfon aku meneh wae..Aku pengin reti suaramu yen ra watuk ki piye jane..Jare lembut? :p

Matur nuwun yo mbak Ayin..

Lyla mengatakan...

huahahaha....giliran Andri fotonya yg kerenn....

Dedi - Wuluh mengatakan...

Waduh, fitnah namanya klo itu dikira fotone mas andri..wekekekek. Lebih ganteng aslinya yoooo ...hehehe

Dony Alfan mengatakan...

Wah geng kapak hitam wes dadi wong sukses kabeh. Pasti menyenangkan bisa berkumpul kembali dengan kawan2 lama.
Sampai jumpa lagi, dok. Salam buat orang2 Kalimantan

donlenon mengatakan...

halo bro, first of all met lebaran, mohon maap lahir batin ya..

cerita tentang masa lalu memang enak untuk disimak, seperti juga film yang lagi booming "laskar pelangi".

saya jadi kepingin lihat, bagaiman jadinya kalo nanti ada film berjudul "kapak Hitam" di 21..

salam bro..

Andri mengatakan...

@ Lyla:
Hahaha..Lha ini kan blogku Lyl..Jadinya ya terserah aku. :p

@ mas Dedi:
Lhaa..Yg dikatakan mas Dedi itu malah lebih kejam dari fitnah. @.@

@ mas Dony:
Gak jg mas..Soale kami ini masih nguli sama orang..Dikatakan sukses itu kalo dah punya usaha sendiri.Oh iya mas,mungkin suatu saat kopdar kita bakal tak postingkan lho.. ;)

@ Don Lenon:
Judulnya bukan Kapak Hitam Don..Tp "Laskar Pecundang"..Tunggu saja tgl mainnya..hohoho..

arlin mengatakan...

kenapa foto2 temennya situ gelap semua ,trus kenapa situ harus pake foto bule segala... :P
btw aku baru ngeh kalo situ senengnya kalo diajak jalan sama cewek cantik yg rambutnya lurus panjang...berarti aku TMS yah..(TMS : tidak memenuhi syarat) ^^

ririn mengatakan...

"Ayahnya adalah teman sekolah ibu saya, dan ibunya adalah teman sekolah bapak saya. Keduanya dari Sukoharjo. Rumah kakek-neneknya juga masih satu desa dengan rumah kakek-nenek saya, di Sukoharjo juga."

huakaka,,, ketawa ngakak bacanya.. ko dunia sempit banget ya ndri.. Jangan2 kalian memang ditakdirkan untuk selalu bersama..
wekekeke...

cumie mengatakan...

Nama beken : m*l*n <<< molen wkwkkwkw

Lisa mengatakan...

keren banget temen nya mas andri yg terakhir.... kenalin dooong. Kiriman blm nyampe ya ???? wah bisa2 udah sampai di kalimantan baru nyampe di wonogiri....

Andri mengatakan...

@ Arlin:
Makanya lin..Panjangin tuh rambut mulai dari skr..hehe..

@ Ririn:
Ya mungkin kami berteman akrab sedikit banyak karena kedua orang tua kami sudah saling mengenal sebelumnya.

@ Cumie:
Memang ada buah yg namanya molen? -_-!

@ mbak Lisa:
Hahaha..Belum nyampe mbak,padahal skr aku dah di surabaya lho..Bentar lg maw berangkat ke kalimantan..Ntar tak minta tolong ke ibuku deh supaya ngirim barangnya ke kalimantan. =)

aphied mengatakan...

ya ampuun ada dokter narsis..hehe...

hmm,,sepertinya aphied tw tu dok
nama beken : m*l*n = molen kah?
hahaha,,aphied sotoy..
*ditimpuk pake kamus*

eLpHieNa mengatakan...

Wedew...Teman lama bersemi kmbali... :p

Genk Kapak Hitam->kok g skalian Kapak 212nya Wiro Sableng...Wkwk..

Byuh..Potone jan narziz puol...Piye dah nyampe Kapuas dg slamat ra?:p

Andri mengatakan...

@ Aphied:
**timpuk pakai kamus dolo...**

Lha wong udah dibilangin itu semacam buah kok.. -_-!

@ dik Fina:
Lha ini dah nyampe Kapuas...Eh, jangan-jangan kamu sekarang lagi online di kampus yah? @.@

Pengiiinn... ;D

ijal mengatakan...

mas, itu kenapa paling bawahnya brad pitt ya?

apakah emang seganteng brad pitt? atau seperti lawakannya lupus taun jebot? dari jauh mirip brad pitt, dari dekat mirip sendal jepit? :-D


(maap buat temennya mas andri)

Judith mengatakan...

Lho kok Brad ipit ipit kesasar diblogmu Ndri? :D

Sukses Ngeblog ya Ndri, semangat teyuss. Good Luck boso linggise..

Eiger Yap mengatakan...

hm, i c i c, hehe...

vin mengatakan...

huaaaaaaaaaaa....fotonya brad pitt!!! gak kukuuuu *toeing toeing toeing*

Recent Comments