Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 15 Januari 2010

Terapi Perdarahan

Perdarahan adalah kasus yang sering dijumpai oleh dokter, baik itu dari hidung, mulut, anus maupun alat genital. Ada empat macam obat yang biasa dipakai.

Carbazochrome (Adona, Androme). Bekerja dengan menurunkan hiperpermeabilitas vaskular dengan menghambat hidrolisis phosphoinositide. Obat ini tidak mempengaruhi koagulasi platelet atau fibrinolisis. Biasanya dipakai dalam kasus obgyn. Dosis untuk dewasa adalah 30-90 mg/hari terbagi dalam 3 dosis atau 1 amp (2 ml) SK/IM dosis tunggal harian atau 1 amp (5 ml) sampai 2 amp (10 ml) secara IV/IV drip. Sediaan berupa tablet 10 mg dan 30 mg. Yang berupa ampul kandungannya 5 mg/ml (2 ml, 5 ml dan 10 ml).

Asam Traneksamat (Kalnex, Transamin). Bekerja dengan menghambat fibrinolisis. Asam traneksamat merupakan analog asam aminokaproat, dapat diberikan per oral, bekerja dengan cara memblok tempat ikatan pada lisin yang biasanya berinteraksi dengan plasmin, menghambat secara kompetitif terhadap aktivator plasminogen. Biasanya dipakai dalam kasus paru, THT, interna dan bedah. Dosis untuk dewasa adalah 1 tab 3-4 x/hari atau 1-2 amp/hari IV atau 1-2 dosis terbagi IM atau 2-10 amp dengan infus drip. Sediaan berupa tablet 250 mg dan 500 mg. Yang berupa ampul kandungannya 50 mg/ml dan 100 mg/ml (5 ml).

Vitamin K. Merupakan ko-faktor pembekuan darah. Faktor pembeku darah yang dipengaruhi oleh vitamin K adalah faktor II, VII, IX dan X. Vitamin K diperlukan oleh pasien dengan gangguan fungsi hati. Dosis untuk dewasa adalah 1 drag 3x/hari atau injeksi 5-10 mg dosis tunggal IM. Sediaan berupa drag 10 mg. Yang berupa ampul kandungannya 10 mg/ml (1 ml).

Ethamsylate (Dycynone). Bekerja dengan menstabilkan membran yang menghambat enzim spesifik prostaglandin dalam proses sintesanya, atau dengan kata lain membantu agregasi platelet. Dosis dewasa untuk kondisi darurat adalah 2 amp 3x/hari IM/IV, untuk pencegahan dan terapi 1 tab 3x/hari. Dosis untuk anak ½ dosis dewasa. Sediaan berupa tablet 500 mg. Yang berupa ampul kandungannya 250 mg/2 ml.

11 komentar:

aphied mengatakan...

kl pendarahan gr2 sariawan obatnya apa dok ?
hheee. .

Andri Journal mengatakan...

@aphied:
Minum vitamin C aja phied.Vitamin C jg bisa mengatasi perdarahan kok.Kerjanya mirip dengan carbazochrome.

donlenon mengatakan...

Dok, yang paling murah yang mana nih??

kemarin kan diriku kecelakaan terus jari retak, setelah dijahit sekitar satu minggu setengah, rasanya masih snut2 dan kadang berasa masih pendarahan.. *halah malah konsultasi.. he he..

Tolong bantu saya mengatasinya dok? (dibaca dengan nada pasien rumah sakit yang desperate :D)

Andri Journal mengatakan...

Kalo masih perdarahan bisa saja jahitannya kurang erat.Tapi kalo udah erat dan masih juga tjd perdarahan ya sebaiknya dikasih asam traneksamat.Harga Kalnex 500 mg 2050 per tablet,transamin 500 mg 1925 per tablet.Generiknya tentu lebih murah lagi.

ade gustiann mengatakan...

makasih informasinya.. harus rutin mengkonsumsi vitamin c nih...

BIG SUGENG mengatakan...

Kalau mimisan itu bahaya nggak?
sekarang sih udah lama nggak mimisan

baburinix mengatakan...

aduh aku mo periksa darah nih mas ..kira2 gol apa ya?

Anonim mengatakan...

Mau nanya nih dok kalo berak darah...terus darahnya kagak brhenti2...sudah minum antibiotik baquinor pernah berhenti....tapi 1 minggu kambuh lagi...gmn nih??pernah minum Tyamphenicol sembuh tapi hanya 2 hari kambuh lagi....tlg info-nya...sudah minum yakult juga...tlg masukannya saya harus gmn??

Andri Journal mengatakan...

@ Anonim:
Dilihat warna darah yang keluar saat BAB. Kalau merah segar, kemungkinan perdarahannya dari saluran cerna bagian bawah. Kalau hitam, kemungkinan perdarahannya dari saluran cerna bagian atas.

Terapinya tergantung dari penyebabnya.

Princess Radith Rooms mengatakan...

untuk perdarahan post operasi KET, bener gk yah klo dikasih kalnex 500mg, mefinal500mg, santa-e tablet..??? Mohon bantuannya..

Anonim mengatakan...

aq mau tanya dok.
transamin 500mg itu bisa utk memperlancar haid ga sih? soalnya aq haidnya suka telat. trus tmen ada yg ksh saran minum transamin 500mg... thx

Recent Comments