Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Kamis, 25 Maret 2010

Histeria Konversi

20.30 : IGD heboh.Aku heran,setiap kali jadwal jagaku hampir habis,sering datang pasien yang sakitnya aneh-aneh.

Pasien wanita muda umur 27 tahun datang dengan sesak nafas.Nafasnya cepat dan kepayahan.Dia juga merasa dadanya terasa panas,perutnya nyeri.Banyak juga yang mengantar,semuanya panik.

"Dia punya sakit lemah jantung dok",kata salah satu keluarga pasien.

Tanda-tanda vital dalam batas normal.Pasang oksigen,pasang infus.Auskultasi.Wheezing,negatif.Suara vesikuler,terdengar di seluruh lapang paru.Bagus.Jantung..mmm..bagus juga.

"Punya riwayat asma?"

"Tidak"

"Kejang?"

"Iya"

"Pernah sakit seperti ini sebelumnya?"

"Pernah,sama persis dok.Sebulan yang lalu,masuk rumah sakit.Kalau kaget mesti jadinya seperti ini"

Asma negatif.Pneumothorax negatif.Infark miokard?Kemungkinan terjadi pada wanita muda sangat kecil.Periksa EKG,berantakan.Tapi sekilas kubaca sepertinya dalam batas normal.Diagnosa sementara,histeria konversi.

Kutulis di lembar instruksi : Injeksi antalgin 1 ampul.Injeksi ranitidin 1 ampul.Alprazolam 2x0,5 mg.Observasi.

Histeria konversi..

Sangat sulit membedakan apakah itu histeri ataukah benar-benar ada gangguan organik.Gejala histeri kadang begitu seriusnya,sampai semuanya heboh.Mulai dari gemetaran,gerakan tertentu,kram,atau yang lebih dramatis lagi kelumpuhan anggota badan dan kejang.Kadang kala seperti kerasukan setan,ditusuk jarum tidak menghindar,karena memang tak merasakan sakit.Mirip kesurupan.Mungkin histeria konversi dan kesurupan itu satu hal yang sama.

Empat tahun lalu,saat aku menjadi tim medis gempa Jogja,aku juga pernah melihat hal serupa.Bedanya,pasien adalah seorang pria umur 40 tahun.Matanya melotot,seluruh badannya kaku.Kuukur tanda-tanda vital,normal.Seseorang berinisiatif membacakan ayat-ayat suci,dan ajaib,dia sadar kembali.

21.15 : Keadaan umum pasien membaik.EKG diulang,hasilnya normal.Caroline,dokter penggantiku,sudah datang.Aku jelaskan kondisi pasien berikut obat-obatan yang sudah masuk.OK,beres.Pulang..

3 komentar:

Pandi mengatakan...

pengalaman yang unik.. luarbiasa.. mas andri sudah saya anggap dokter teladan..

maya mengatakan...

what a great experience...
emang resiko jd dokter berat juga y, hrus bener diagnosanya meski keadaan panik sekalipun

aJoe raChmasari mengatakan...

wew,
kemaren stase jiwa..banyak banget mas macem begituan pas jaga.

Recent Comments