Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Selasa, 30 Maret 2010

Novel

Dulu,setidaknya sebelum aku lulus kuliah,aku bukanlah penggemar novel.Mungkin pengaruh keluarga.Ayah ibuku guru,jadi, buku yang pantas untuk dibaca adalah buku yang sekiranya bisa membuat nilai mata pelajaran baik.Sedangkan novel,tidak penting.

Aku baru bisa menikmati novel setelah lulus kuliah dan bekerja di sebuah klinik.Klinik saat itu sepi pasien,jadi ada begitu banyak waktu luang yang tersedia.Selain kugunakan untuk bermain playstation,iseng-iseng aku membaca novel.Nah Kawan,novel pertama yang kubaca adalah Ayat Ayat Cinta mahakarya Habiburrahman el Shirazy.Mengambil setting tempat di Mesir,novel itu menceritakan kisah romantika Fahri dan Aisha.Aku menganggap novel itu sebagai titik awal kesukaanku akan novel selanjutnya.

Dan tak usah kau tanya lagi tentang novel apa yang terbaik.Tetralogi Laskar Pelangi adalah yang terbaik!Bisa jadi karena timing membacanya yang pas,saat aku PTT dan berpetualang di Kalimantan.

Terakhir,novel yang kubaca adalah novel berjudul 'A doctor without borders'.Mengambil setting tempat di Sudan,novel ini bercerita tentang pengalaman penulis,yang juga dokter,selama menjalankan misi di Abyei,Sudan.Sebelumnya aku membeli novel berjudul Perahu Kertas.Dari 434 halaman,aku mandeg di halaman 163.Novel itu sebenarnya bagus.Mungkin masalah selera saja.Aku tak terlalu suka kisah percintaan.

Aku lebih suka membaca kisah petualangan,dan kalau bisa itu pernah dialami oleh si penulis novel.Maka dari itu aku bisa menamatkan tetralogi Laskar Pelangi.Atau buku karya Prof Padmosantjojo yang berjudul 'Aku dan Bedah Saraf Indonesia'.Tapi kalau petualangan itu terlalu fiktif aku tak terlalu suka.Karena itu novel Brisingr-nya Cristopher Paolini sampai sekarang tak tersentuh.Naga terlalu fiktif selain juga novelnya sendiri yang tebalnya lebih mirip bantal.

Jangan tanya juga apakah blog ini juga akan jadi novel nantinya.Aku juga belum terlalu yakin akan hal itu,se-belum yakin-nya aku akan masa depanku sendiri.Menurutku,kisah di blog hanya bisa 'menjual' manakala si penulis menjadi orang sukses.Ambil contoh begini.Oprah Winfrey waktu muda menulis blog,lalu begitu dia menjadi presenter sukses dan terkenal di seluruh jagad ingin membukukan tentang blognya kira-kira apa yang terjadi?Buku itu akan laku keras!Karena menurut pembaca,kisahnya inspiratif.Lain lagi bila Oprah pada akhirnya jadi penjual jamu gendong dan memaksakan untuk membukukan blognya,tentu bukunya nanti takkan selaris jamu yang dijualnya.

Jadi,aku tak mau muluk-muluk.Minimal blog ini bisa dibaca anak cucuku.Biar mereka tahu sepak terjangku sewaktu masih muda,gagah,ganteng,disukai banyak wanita..krik..krik..

10 komentar:

yenni 'yendoel' mengatakan...

dok, aku juga suka novel yang kisah nyata / petualangan, berisi cerita2 humanis. bacalah "three cups of tea". bagus.

iyem mengatakan...

jarang baca novel nie...
:D

berkarya merajut harapan mengatakan...

krik..krik..xixixi..wkwkwk bukannya aac novel pcntaan ya, dok.. insya Alloh, nanti praktk mas andri laris. tp, kyknya ketika itu mas andri urung mmbukukn ksahnya,scr kyknya lum ada bk ttg larisnya prktk dr :)

Andri Journal mengatakan...

@mbak yenni:
Ini aku baru aja beli novel judulnya 'negeri 5 menara'..setelah ini mungkin aku beli novel rekomendasimu mbak..makasih atas sarannya ya..

@iyem:
Ntar nunggu novelku terbit..baru baca.. :D

@dr tantur:
Memang sih novel AAC tentang percintaan..tp kan di situ kisahnya si fahri menuntut ilmu ke mesir..jd kan ada unsur petualangannya jg (wadoh..mekso..).Tapi yg jelas aku suka kalo setting novelnya ngambil di tempat yg asing gt..

Indra Mahardika mengatakan...

Baca juga novel geng kopi tubruk. bagus lho

berkarya merajut harapan mengatakan...

bener jg brpetualang smp k mesir.. m bikin novel ya, tak tunggu novelnya ya dok hehe klo bole judulnya ramadan di kapuas :)

aphied mengatakan...

haha. . .
kalimat terkahir sungguh mulia dokter.

ada satu novel yg blm sempat sy bc smpe skrg dok, the lost symbol.
haaaaa, kasin bgt novelnya uda smp jamuran tdk sy sentuh.
gyahahah. .
*lebay

Pandi mengatakan...

he.. he.. Novel aku suka tapi jangan tebel2, klo rencana bikin novel mah belum ada sama kayaknya seperti mas.. terimakasih sharingnnya..

Tour. Food, and Health mengatakan...

baiklah pak dokter..mari kita mulai tinggalkan jejak yang baik untuk anak cucu kita...Cheeeeerrrrrss...~~

Salam,
http://tourfooddiary.blogspot.com/

aJoe raChmasari mengatakan...

ayayayyayaya..keren.
pye mas kabare? ning ndi saiki?

Recent Comments