Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Senin, 25 Oktober 2010

Rawon Setan


Ada beberapa warung yang menjual nasi rawon di Surabaya, tapi belum lengkap rasanya bila belum mampir di Rawon Setan. Lokasinya dekat dengan Tunjungan Plaza, tepatnya di depan Hotel JW Marriott Surabaya.

Beberapa artis ibukota pernah mampir di warung ini. Foto-foto mereka terpampang jelas di dinding warung ini. Yang dipigura paling mencolok yaitu foto Jusuf Kalla saat berkunjung ke warung ini tahun 2009. Hal ini tentu memberikan sebuah imej bahwa warung ini memang istimewa.

Padahal,untuk masalah rasa, sebenarnya biasa saja. Malah menurutku tidak lebih enak dari Rawon Pak Pangat yang juga ada di Surabaya. Perbedaan antara keduanya terletak pada penyajian dagingnya. Rawon Setan menyajikan daging dalam bentuk irisan besar yang empuk sementara Rawon Pak Pangat menyajikan daging dalam bentuk suwiran.

Dari sini bisa ditarik sebuah pelajaran mengenai sebuah teknik pemasaran, yaitu dengan memajang foto-foto orang terkenal yang sudah pernah berkunjung bisa meningkatkan imej dari tempat usaha kita. Hal ini mungkin bisa kuterapkan di tempat praktekku. Sayangnya, orang yang cukup terkenal yang berobat ke tempat praktekku sampai saat ini baru mantan ketua RT.

13 komentar:

Vicky Laurentina mengatakan...

Aku malah mandang sebelah mata ke toko/warung yang majang seleb terkenal di tempatnya. Menurutku itu malah tanda pedagangnya kurang percaya diri dengan dagangannya sampek-sampek dia harus masang foto seleb di tempat miliknya.

ReBorn mengatakan...

ghahah, bener tu, tempat gue juga ada yang begitu. kadang kalo lagi hoki disinggahi orang penting, itu bisa sangat membantu pemasaran bisnisnya.

BIG SUGENG mengatakan...

Fotonya mas andri habis itu langsung dipasang di warung rawon setan?

Ada lho dokter umum yang menemukan metode sunat pakai cincin itu juga majang besar-besar piagam rekor muri dan foto barung jaya suprana (mungkin jaya suprana disunat lagi?)

Fanda mengatakan...

Tapi ada juga sih tempat makan yg pajang tanda tangan para seleb dan memang makanannya enak, contoh: depot Leko (iga penyet)...*lho, kok malah promosi ya??*

sis mengatakan...

hehehehe.... artikelnya bermanfaat banget ndri. sampeyan wong wonogiri tho. podo Ndri, aku asale Jatiroto.

Siswanto mengatakan...

kapan kapan jadi mau mampir ke warungnya ni

renra cikatos mengatakan...

ko namanya serem gitu yach..tapi itu bukan makanan buat setan kan?

inten mengatakan...

Rupaya Rawon setan memang terkenal. Aku sempat penasaran waktu diceritain sepupu yang kuliah di SBY tentang rawon ini. Dan ternyata di Bali ada juga beberapa cabangnya, dan cukup ramai juga peminatnya. Majang Foto artis bisa jadi strategi pemasaran yang masih jitu untuk masyarakat kita saat ini. Di Bali pun Rawon setan juga terkenal karena banyak dukunjungi artis weleh..weleh...

baburinix! mengatakan...

wah ada da saja...ada warung setan, hehehehe...hanya untuk menarik perhatian kan?

seperti di Jakarta kemarin, ketemu warung Nasi Goreng Gila di ujung jalan Kh.wahid Hasyim...herhehe...

andika mengatakan...

Kayake itu hampir mirip sama 'Tong Setan' deh.hahaha

sewa mobil di surabaya mengatakan...

kalau rawon setan aku belum pernah mencoba tapi kalau rawon pak pangat sudah pernah mencobanya rasanya sih ya biasa saja

sewa mobil di surabaya mengatakan...

bener banget tuh itu merupakan salah satu strategi khusus untuk berdagang tuh

Belajar Bahasa Inggris online graits mengatakan...

Di daerah saya ada namanya bakso setan,,,,enak...kalau rawon setan rasanya gimana ya..di jambi tempat saya tinggal susah cari makanan ini...

Recent Comments