Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Sabtu, 07 Juli 2012

Uretra

Secara anatomis uretra dibagi menjadi dua bagian, yaitu uretra posterior dan uretra anterior. Uretra dilengkapi dengan sfingter uretra interna yang terletak pada perbatasan buli-buli dan uretra, serta sfingter uretra eksterna yang terletak pada perbatasan uretra anterior dan posterior.

Sfingter uretra interna terdiri atas otot polos yang dipersarafi oleh sistem simpatik sehingga pada saat buli-buli penuh, sfingter ini terbuka. Sfingter uretra eksterna terdiri atas otot bergaris yang dipersarafi oleh sistem somatik. Aktivitas sfingter uretra eksterna ini dapat diperintah sesuai dengan keinginan seseorang.

Uretra anterior terdiri atas: (1) pars bulbosa, (2) pars pendularis, (3) fossa navikularis, dan (4) meatus uretra eksterna. Uretra posterior pada pria terdiri atas: (1) pars prostatika, yakni bagian uretra yang dilingkupi oleh kelenjar prostat, dan (2) pars membranasea.

Uretrografi adalah pencitraan uretra dengan memakai bahan kontras. Bahan kontras dimasukkan langsung melalui meatus uretra eksterna melalui klem Broadny yang dijepitkan pada glans penis. Gambaran yang mungkin terjadi pada uretrogram adalah: (1) jika terdapat striktura uretra akan tampak adanya penyempitan atau hambatan kontras pada uretra, (2) trauma uretra tampak sebagai ekstravasasi kontras ke luar dinding uretra, atau (3) tumor uretra atau batu non opak pada uretra tampak sebagai filling defect pada uretra.

Pada uretrogram, uretra pars membranasea terletak setinggi garis khayal yang menghubungkan kedua tepi superior dari ramus inferior ossis pubis. Lebih superior lagi dari pars membranasea, kontras normalnya akan memberikan gambaran seperti ekor tikus (mouse tail appearance).

11 komentar:

pengembara mengatakan...

kembangkan ilmu pengetahuan dan tetap semangat

BlogKiti mengatakan...

wah tidak semua orang mengerti hal ginian loh. gw aja bengong2 bacanya. hehe... :-) salam

Dyah mengatakan...

Pak Andre ...Urtra fungsi untuk apa tho pak ?

Andri Journal mengatakan...

@ Dyah: Uretra seperti halnya pipa yang mengalirkan urin dari kandung kemih untuk dikeluarkan.

Belajar Forex mengatakan...

Ikut menyimak artikelnya gan :-)

Salam,

fuad mengatakan...

Salam kenal TS...

masih PTT kah? saya juga sedang PTT...dan sekarang lagi belajar bikin blog yang berisi share tentang pengalaman saya sebagai dokter PTT di Tanah Papua....

kunjungi blog saya juga ya TS...salam sejawat.

http://fuadthebolanger.blogspot.com

Andri Journal mengatakan...

@ fuad: sekarang udah gak ptt. Blognya udah kuintip, bikin kangen PTT. Kenal Rahmad Krismantoro? Alumni FK Unair angkatan 2002.

agus kaosgrosir mengatakan...

Agar urethra terjaga dengan baik, bagaimana jumlah air yang perlu diminum ?

Apakah pakaian yang kita kenakan (baju resmi / kaos oblong) mempengaruhi rangsangan untuk buang air kecil ?

Salam

kona mengatakan...

waaah...ilmu pengetahuan ni perlu banget...thanks gan

fuad mengatakan...

@ andri: iyo, saya kenal ama rahmad. Dulu ketemu pas hiperkes d jogja. Dari unair ada rahmad, dinas, hayuni, lia, dkk.

Ts dari unair juga kah? Kayaknya tertarik jadi sama urologi ya? Sama euy, saya juga tertarik buat jadi urolog. Semoga bisa kesampean... :)

btw, ts punya urology campbell dan smith versi pdf ngga? Saya mau dong kalo ada...

ibnumuksin mengatakan...

blogwalking

Recent Comments