Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Jumat, 11 Januari 2008

Tips Mengatasi Insomnia



It's already late tonight, I cannot go to sleep
I tried counting sheep and lambs, didn't work
I miss you dear too much....


(Dikutip dari lagu I.M.U.L karya D Cinnamons dalam album Good Morning)

Setiap manusia menghabiskan seperempat sampai sepertiga dari kehidupannya untuk tidur. Berarti jika umur Anda sekarang 20 tahun, maka setidaknya 5 tahun Anda gunakan untuk tidur.


Tidur sangat penting bagi manusia. Saat tidur, organ-organ tubuh beristirahat dan sel-sel tubuh yang rusak mengalami perbaikan (natural healing mechanism). Asam laktat (penyebab kecapekan) juga dinetralisir saat tidur sehingga ketika bangun tubuh terasa segar kembali. Tidur yang cukup juga mampu menstabilkan emosi. Kurang tidur akan menyebabkan turunnya tingkat motivasi, konsentrasi, ketelitian, kreativitas dan produktivitas kerja.


Hampir setiap manusia pernah mengalami masalah tidur. Satu dari tiga orang dilaporkan mengalami gangguan tidur dan satu dari sembilan orang memiliki masalah tidur yang cukup serius.


Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari). Jenisnya ada tiga, yaitu: susah tidur (sleep onset insomnia), selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia), dan selalu bangun lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia). Setidaknya ada empat faktor penyebab insomnia antara lain:


Fisik yang Terganggu
Beberapa penyakit fisik dapat menyebabkan insomnia, misalnya asma, rematik, demam, maag, penyakit ginjal dan thyroid. Penyakit-penyakit ini tentunya harus diatasi terlebih dahulu. Untuk penderita asma diterapi dahulu sesak nafasnya, penderita rematik diterapi nyerinya dan seterusnya.


Psikis yang Terganggu
Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter tidak ditemukan penyakit fisik tertentu, faktor psikis baru dipertimbangkan sebagai penyebab insomnia.


Bukan hanya problematika kehidupan saja yang menyebabkan orang susah tidur, bahkan memikirkan kekasihnya yang tinggal berjauhan pun bisa mengakibatkan tidurnya terganggu. Untuk itu, diperlukan kesadaran dari orang tersebut untuk menyelesaikan permasalahannya secara proporsional dengan penuh usaha, sabar dan tentu saja tawakal. Ini bisa dilakukan secara mandiri atau dengan bantuan psikolog.


Sebaiknya jangan menggunakan obat tidur tanpa anjuran dari dokter*. Penggunaannya pun dibatasi hanya selama 2-3 hari dan dapat diulang maksimal sampai 3 kali.


Penggunaan Obat-Obatan dan Alkohol
Penggunaan minuman keras dan narkotika akan mengganggu fungsi organ tubuh dan persarafan yang normal.


Lingkungan yang Mengganggu
Kondisi lingkungan tertentu, semisal suara bising, lampu sangat terang, akan mengganggu konsentrasi tidur. Maka aturlah lingkungan kamar tidur Anda senyaman mungkin, tenang dan sedikit gelap.


Kebiasaan Buruk
Sebaiknya hindarilah kebiasaan-kebiasaan buruk di bawah ini:
[+] Hindari minum kopi atau pun makanan dan minuman berkafein dari sore hingga malam menjelang tidur. Kafein dapat merangsang saraf sehingga Anda menjadi sulit tidur.
[+] Hindari kegiatan lain di atas ranjang yang tidak ada kaitannya dengan tidur, misalnya makan atau bekerja. Gunakan ranjang hanya untuk TIDUR dan SEKS. Hal ini berguna untuk membuat Anda terbiasa bahwa ketika di ranjang maka itulah saatnya tidur.


Selain mengatasi penyebab-penyebab insomnia di atas, ada baiknya Anda mencoba mengatur pola tidur Anda sestabil mungkin. Tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Biasakan menepati jadwal itu agar pola tidur Anda normal kembali.


Belajar teknik relaksasi juga tidak ada ruginya. Anda bisa mencoba yoga atau meditasi. Sebagian orang bahkan melakukan hal-hal tertentu (yang kadang tidak masuk akal) untuk mendapatkan suasana rileks ini, antara lain:
[+] mandi air hangat
[+] menghitung domba
[+] tidur menghadap ke utara
[+] menggerak-gerakkan jari kaki
[+] mengelus perut
[+] tarik napas dalam
[+] membayangkan sesuatu yang "indah"
[+] seks
[+] menghitung mundur
[+] mendengarkan radio hingga tertidur


Selamat mencoba dan tentu saja, selamat tidur. =)


* Obat tidur dari golongan benzodiazepin memiliki 2 macam tipe:
[+] waktu paruh pendek (triazolam dan zolpidem), untuk yang sulit masuk tidur.
[+] waktu paruh panjang (estazolam, temazepam dan lorazepam), untuk yang mengalami interupsi tidur.

13 komentar:

Anonim mengatakan...

aii pak,,,semoga gag bosan dgn commentqu,,,

q dulu pnh insomnia,,,tapi pas masi sd,,,,gara2nya takut kalo aku jadi satu2nya orang yang blum tidur di rumah,,,tapi tiap mikir gitu malah gag bisa tidur,,,

ntu ada teorinya gag di dunia kedokteran???

tapi lama2 penyakit itu uda ga pnah muncul lagi,,,,semenjak smp uda ilang babar blas,,,,

dulu rasanya menderita banged dahh,,,tapi untungnya sekarang uda enggak,,,

mlah tiap bau bantal langsung bo2,,,hehehe,,,,

--->lagi2 keket

NB;yang naruto vol 1 comment dari qu juga tapi lupa kasi nama,,,,
sregep to aku,,,apikan po ra???

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Itu namanya SUGESTI adekku sayaaang...Termasuk dalam kelompok psikis yg terganggu lho itu (ckakakaka...).
Semakin km mikir,semakin km ga bs tidur kan?Dan itu membentuk suatu lingkaran setan yg gak ada putusnya.... :(
Sebagian orang dewasa pun kadang memaksakan untuk memejamkan mata (saat lg susah tidur),supaya lekas tidur maksudnya.Itu satu tindakan yg kurang tepat.Sebaiknya lakukanlah hal-hal lain sambil menunggu kantuk datang,membaca novel misalnya... =)

Dony Alfan mengatakan...

Matur suwun Mas, saya jadi punya info lagi buat mengatasi insomnia saya. Benar2 bermanfaat.

Oya, sampeyan cah kedokteran tho?
Aku cah Solo mas, cedhak nek karo Wonogiri.

Salam kenal

Andri Kusuma Harmaya mengatakan...

Sami-sami dony....Senang rasanya bs membantu...Hehehe...
Yup,betul sekali.Saya dulu kuliah di FK UNS Solo.Skr dines di kota kelahiran Wonogiri.. ;P
Salam kenal jg...Kalo boleh taw Solonya mana yak?Kul/ker?

herlan mengatakan...

pak dokter makasih banyak nih atas infonya, saya ijin copi yah, mungkin lewat blog saya banyak teman-teman blogger dan yang lain bisa membacanya.

jokoklewer mengatakan...

selamat sore pak,saya udah 1 tahun belakangan ini menderita susah tidur,saran-saran yang pak dokter jabarkan udah saya lakukan bahkan minum obat serti "LELAP" dan "OTD" pun sudah saya lakukan,tapi masih belom ada hasilnya juga....gimana solusinya ya pak...

Andri mengatakan...

@ Jokoklewer:
Setiap penyakit pasti ada obatnya.Insomnia biasanya didasari oleh adanya penyakit,baik fisik maupun psikis.Kalo memang tidak ada kelainan fisik maka perlu dipikirkan adanya kelainan psikis.Yg penting cari dulu penyebabnya. :)

Lex dePraxis mengatakan...

Sebagai hipnoterapis, saya selalu menyarankan klien untuk BERHENTI BERUSAHA TIDUR, dan bergolek-golek saja dengan santai di atas ranjang sambil berbicara dengan suara hati merencanakan ingin bermimpi apa. Biasanya (jika tidak ada gangguan biologis yang serius) mereka akan tertidur dalam waktu lima hingga lima belas menit.

Lex dePraxis
Romantic Renaissance

Andri Journal mengatakan...

@ Lex dePraxis:
Saya pernah mendengar kabar bahwa Romi Rafael bisa membuat orang tertidur pulas hanya dengan kekuatan hipnotisnya.Saya pikir,dg tingkatan ilmu seperti itu tentu tidak akan sulit mengatasi insomnia.Persoalannya adalah guru2 saya tidak pernah menyinggung masalah hipnoterapi,jdnya saya tidak tahu banyak soal hipnoterapi ini. :D

Anonim mengatakan...

Pa'dox q gax tau ni ap yg trjdi pd driQ! Suzah bO"... Pdhl q maciH muda lho, . . 17taoN! Cie_elaAah..... :> Dah kya' rangtUa ja yg insoMnia! EmaNg Kdag q mkirin org2 trksiH yg jauh drQ! Coz ckRag ni q bru kulh djOgja,.lhA mrKa diDemAk 'n Xmantan! Ap tU pybAb-y z? Trz q hruz gmNa dOnk pa'dOx??? Lha q kgen ox ma mRka... Ea,namaQ ci'uL pa'!!! ^_^ blz ea pa'dOx. . .

amrizal mengatakan...

Bos tolongin gue dunk gue da 10 tahun insomnia gimana ya cara ngilanginnya...

Rama Sejati mengatakan...

Artikel yang bagus !

Barangkali informasi mengenai Insomnia berikut juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik -> Insomnia ?

Jimmy mengatakan...

Tips yang praktis dan bisa diterapkan dengan mudah bagi kita yang tidak bisa tidur. Sekedar menambah pengetahuan tentang insomnia
silahkan berkunjung ke http://www.mengatasiinsomnia.com

Recent Comments