Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Sabtu, 18 Oktober 2008

Afandi Dwi Harmoko

Foto di samping diambil di Cagar Alam Sangeh, Bali kurang lebih 14 tahun yang lalu. Paling kiri adalah ibu saya, paling kanan adalah saya dan di antara kami adalah adik saya satu-satunya, Afandi Dwi Harmoko.

Nama ‘Afandi’ diambil dari nama pelukis bergaya ekspresionis yang meninggal pada tahun 1990-an, tidak lama setelah adik saya lahir. Dan memang, satu-satunya bagian dari keluarga kami yang berbakat dalam hal melukis ya cuma adik saya yang satu ini. Nama, memang ibarat doa.

Nama ‘Dwi’ artinya dua, karena memang anak kedua. Sebelum Afandi lahir sebenarnya ibu sudah mengandung dua kali, tapi dua-duanya mengalami keguguran. Afandi adalah anak mahal: butuh tujuh tahun untuk menunggu kelahirannya di dunia.

Sedangkan nama ‘Harmoko’ diambil dari nama Menteri Penerangan waktu itu. Belakangan, nama Harmoko sering dipelesetkan dengan ungkapan “Hari-Hari Omong Kosong”. Tapi pada kenyataannya adik saya jauh dari kesan itu, dirinya cenderung pendiam. Nama, tidak selalu mencerminkan orangnya.

Andri Kusuma Harmaya dan Afandi Dwi Harmoko bila diidentikkan dengan tokoh pewayangan mirip dengan Baladewa dan Kresna. Atau mungkin Adipati Karna dan Arjuna. Dan bukan tidak mungkin, Dasamuka dan Kumbakarna. Saya dan adik saya memiliki watak yang sangat berlainan, seperti bumi dan langit, seperti hitam dan putih dan atau seperti jamu brotowali dan jamu beras kencur. Afandi memiliki kulit yang putih bersih, rupawan, rendah hati dan akhlak yang baik. Itu semua bila diputar 193 derajat adalah karakteristik saya. Mungkin sudah suratan bila saya kemudian mewarisi semua sifat jahat dari keluarga saya. Dan di lain pihak, sifat baik dengan sukses melekat pada adik saya.

Tapi ada satu hal yang membuat saya sedikit bangga. Ibu saya pernah berujar, bahwa kelak, saya lah yang seharusnya bisa menjadi pegangan bagi adik saya. Ini ada sangkut pautnya dengan ramalan primbon. Tidak perlu saya menjelaskannya, karena ini sangat rumit dan sangat sulit dijelaskan dengan akal sehat.

Perawakan adik saya saat balita lebih kecil dibanding dengan saya di usia yang sama. Fakta ini mungkin ada hubungannya dengan konsumsi susu masing-masing dari kami. Saya mengkonsumsi susu hingga umur lima tahun, sedangkan Afandi sepertinya tidak sampai umur segitu. Mungkin juga ini berhubungan dengan prestasi akademik kami nantinya. Pelajaran moral kesebelas: berilah anak Anda dengan susu setiap hari hingga umur lima tahun bila berharap anak Anda kelak menjadi seorang dokter.

Saat SD, saya tidak pernah mendapat rangking 3, selalu rangking 2 kecuali pada saat lulus SD: saya juara pertama. Ini berbeda dengan adik saya yang harus bersusah payah untuk bisa mendapatkan rangking. Bahkan, saat mau masuk SMP dulu, adik saya hampir saja tidak bisa masuk di SMP favorit di kota kami. Ini sehubungan dengan NEM SD adik saya yang ‘mepet’.

Pun jalan yang ditempuh terjal dan berliku, Afandi sekarang akhirnya bisa mengikuti jejak saya untuk kuliah di Fakultas Kedokteran, seperti yang dicita-citakan ayah kami.

“May Allah bless you, my bro…”


Prabu Baladewa - raja Mandura (kiri) dan adiknya, Prabu Kresna - raja Dwarawati (kanan). Gambar diambil dari [link].




30 komentar:

Dony Alfan mengatakan...

Watak dan wajah boleh beda,tapi sumber penghidupannya sama saja: jadi dokter.
Waktu masih bocah saya gak doyan susu,tapi cuman doyan teh. Tak heran,gedenya jadi goblok,wakakak!

piyek mengatakan...

Aku & adeku juga terpaut 7 tahun (hmm.. rasanya ini salah satu kesamaan kita juga :D). Waktu ibuku hamil 3 bulan, nyaris keguguran. Dan waktu lahir, adeku juga hampir mati lemas. Mungkin itu yang menyebabkan adeku sering sakit waktu kecil. Berbanding terbalik dengan aku yang agak 'badak'. Hehehe..

Prestasi akademik juga tak mampu menyaingiku (sombong.. sombong..). Tapi yang pasti badannya lebih tinggi (huh..).

Orang2 bilang kalo kami mirip. Gaya bicara, cara ketawa, gerak tangan waktu ngobrol, dan masih banyak lagi. Sampe ada yang bilang kalo aku versi ceweknya adeku & adeku versi cowoknya aku. Padahal aku gak ngerasa mirip tuh (mmm.. kecuali hobi nyanyi & gigi kami yang besar2 :p). Ya cakepan aku lah.. Hahaha!

Kelakuan kompak paling lucu: menirukan tarian Spice Girls di lagu STOP. Waktu itu aku masih SMP & adeku baru masuk SD. Jijay banget ya.. :D

Duh, sori comment-nya panjang banget. Agak lupa diri ;p

eLpHieNa mengatakan...

'Kresna'...Kbetulan aq ma ka2q memakai nama itu,krn bpkq pgemar wyang kresna.Itu yg bpk critakan..
7thun?Menang aq dok,aq ma adekq trpaut 16 thun,dia lhir wkt aq sma kls1...Wuh..Rekor kan...
Mendengar kguguran kok aq jd tkut pny ank 4 ya?Hehe..Pdahal itu rncna hdupq..Insyallah smua pke ASI slama 5thun biar pinter katamu...Hihi..:p

Dedi - Wuluh mengatakan...

Kakak + Adek sama2 pinter ya... :D
Apalagi profesi sbg dokter dan calon dokter, pengabdi masy semua... :D
cayoo mas andri...

arlin mengatakan...

adikmu ga marah nih profilnya dipublikasi begini?
btw, two thumbs up for your mother!!baca bbrp artikel di blogmu ini, ibumu ternyta memang orang yg super sabar; sabar ngerawat bapakmu yg sakit, sabar pas keguguran, sabar waktu ngelahirin adikmu, n extra sabar punya anak kyk kamu Ndri..he2, ditunggu yah biografi ibumu

wirati mengatakan...

weh baca ini mengingatkan ku pada adik laki-lakiku. aku saudara berlima. Tapi yang pertama udah meninggal sisa empat. Semuanya laki-laki dan semuanya tamatan teknik, bahkan iparku juga teknik.

wah hanya aku yang beda jadi wartawan. he..he..he.. nasibnya beda walaupun dulu kecilnya sama-sama pintar. aku paling dekat ama adikku yg laki. bahkn dulu aku dibilang pacaran ama dia karena sanat akrab. he..he..he..he...

orang bilang kami snagat cocok bahkan kini pun saat dia sudah menikah dia masih manja padaku. he..he..he.. termasuk anak laki-laki alias keponakanku si Bintang,,,,, dekat banget ama aku..
nurun kali yah sifat bapaknya. he.he.he.he

Andri mengatakan...

@ mas Dony:
Untunglah don km dulu cuma minum teh..Coba kalo mimik susu,bisa2 km jd dewa blogger @.@

@ Piyek:
Sayangnya adek km cowok ya yek..Coba kalo cewek,apalagi kalo rambutnya lurus panjang seperti kakaknya..Mungkin aku minta dikenalin.. ;p

@ dik Fina:
Ayahmu penggemar Kresna?Tapi kalo dilihat sepintas dari foto kok kayaknya ayahmu sangar ya..padahal Kresna itu wajahnya kalem lho..kecuali pas berubah jd raksasa. :)

Takut keguguran?Sebenarnya km gak perlu terlalu khawatir..asal km kontrol ke dokter tiap bulan insyaAllah semuanya akan baik2 saja kok..

@ mas Dedi:
Sebenarnya kami berdua gak terlalu pinter kok mas..cuma beruntung saja bisa masuk fakultas kedokteran. :D

@ Arlin:
Aku mungkin gak akan pernah nulis postingan khusus tentang ibuku lin..Tak akan pernah cukup untuk melukiskan semua hal tentang diri beliau:wanita dg hati paling dalam sedunia.

@ Wirati:
Lho..bukannya wartawan itu termasuk teknik jg:teknik meliput even,teknik wawancara dan tentu saja teknik menulis.Ya kan? ^^

Salam buat ponakanmu ya wir..Oh iya,tolong tanyain ke dia,mau gak tak kirimi oleh2 dari Kalimantan. ;)

Lyla mengatakan...

duhhh ora mudeng ngomongin wayang... aku meh nonton wae lah hehehe

ririn mengatakan...

waktu kecil ko cakep sih ndri,, hihihi

yahh, yahh... sampe sekarang aku masih minum susu tiap hari,, udah 18taun lo... hm, pantes ga masuk FK, hhh...

hm, jadi kalo mo jadi presiden, minum susunya sampe umur berapa ndri? hehe

johanis mengatakan...

hui.. ceritanya ebat..
sukses ya bang..
btw salam kenal y...

Andri mengatakan...

@ Lyla:
Suka nonton wayang kah?

@ Ririn:
Silakan tanya ke SBY untuk masalah itu... ;p

@ Johanis:
Salam kenal juga...

Judith mengatakan...

Ndri, pas kowe nulis di sb ku kuwi jam 3 sore .. perbedaan waktu Indo-swiss 6 jam kalo winter. Waktu Indo lebih cepat. Maturnuwun Doanya ya Adikku, salam nggo Afandi Semoga sukses selalu :D

Aku juga sama kayak Dony, dari kecil nggak doyan susu. Saiki diswiss mau ndak mau musti minum susu kalsium buat kesehatan tulang belulang, soale ditempatku iklim e duingiiin! Hiks ....*mlayu ngoyak sapi hoooi milk.. milk.. milk !!

johanis mengatakan...

iya nih dok..
menyesuaikan tema, sehat alami..haha..

asli mna dok??
btw ga ad tp. vhatnya ya? aq klo mw coment2 lwt mna?

SatoNa mengatakan...

wooow.. congratz yaah buat dd mu.. ^^

hebat deeh.. 2-2nya jadi dokter. huhuh..

aih.. aku aja ga pernah juara 1. haha.. juara 3 pernah sekali-dua kali.. :P

Darkpuccino™ mengatakan...

smoga afandi bs sesukses kakaknya kelak, hehe....

apa kbrnya pak dok?

eLpHieNa mengatakan...

Wuik jahatnya sangar! (>.<)! Km org kesekian puluh yg bilang gt..Dri SD ampe skrg msh ada yg bilang gt ke aq,tp setelah kenal silahkan dnilai sndiri... ;p

Meski ayahq wajahnya sangar katamu dok,yg pnting hatinya...Cie...Setidaknya dia pny anak maniz kayak aq... @.@ huhu...

Andri mengatakan...

@ mbak Judith:
Mungkin goro-goro ra doyan susu kuwi mbak...awakmu saiki ora dadi dokter...haha...

@ Johanis:
Aku asli jawa tengah, tepatnya wonogiri (kalo kamu tahu).Kalo maw ngasih komentar lewat sini aja...ShoutBox kuhapus karena beberapa alasan.

@ Satona:
Tapi dilihat juga sekolahnya kan? Sekolahku cuma dihuni orang-orang udik...Mungkin lain dengan sekolahmu yang 'lebih elit'.Betul tidak? ^^

@ Darkpuccino:
Amiin...Makasih atas doanya ya...Kabarku alhamdulillah sehat-sehat aja, walaupun di kalimantan sini hawanya puanaaasss sekali. :(

@ dik Fina:
"tak kenal maka tak sayang".

Iya, aku belum kenal sama sekali dengan bapakmu. Kapan-kapan kenalin yaa...Untuk mendapatkan putrinya yang manis aku harus PDKT juga ama bapaknya kan? ;D

Fenty Fahmi mengatakan...

Wah orang-orang pintar .... hehehehehe ...

vei mengatakan...

walau telahir daru rahim yang sama bukan berarti semuanya harus sama, kembar sekalipun. Semua watak dan sifat adalah anugrah dari Tuhan yang dibentuk melalui proses panjang kehidupan .... salam

Lisa mengatakan...

wah ada 2 dr di keluarga.... hebat utk ortu mu.

Luluch The Cinnamon mengatakan...

oalah ndri... mukamu ternyata pasak ae yo ket cilik hihihihihi :D dapet salam dari jeng uly niy... kapan nyusul??

Andri mengatakan...

@ Fenty Fahmi:
Lebih tepatnya orang2 yg cakep.. @.@

@ Vei:
Dan bila kita amati lebih cermat,ternyata dari pasangan kakak-adik di dunia pewayangan menunjukkan beberapa kesamaan: adik biasanya memiliki watak yg lebih baik dari kakaknya..Mungkinkah ini berlaku jg di dunia nyata?

@ mbak Lisa:
Makasih mbak.. =)

@ Luluch:
Salam balik..Nyusul kemana nih.. ;p

Kalo maksudnya nikah yg jelas bukan tahun ini luch.. :D

arlin mengatakan...

"Ini ada sangkut pautnya dengan ramalan primbon."
edi sud rahmat kartolo,
apa siy maksud lo??? :P

wirati mengatakan...

waduh andri kamu kok baik gini. Tapi kalau km serius , aku akan menerima dengan senang hati. Kalau kamu ada waktu bisa buka di http://wiratiastiti.multiply.com
gayanya dia lucu banget.
Aku tunggu hadiah kamu.. kapan dikirim. Kalau bisa yg ciri khas ya... he.he.he.he. maksa......
Aku serius gak?????
kalau serius aku tunggu .. ya.......

Andri mengatakan...

@ Arlin:
Ada baiknya km baca dulu postingan berjudul "Budaya Jawa yang Arif" di label Budaya untuk memahami kalimat itu. ^^

@ Wirati:
Km kirim aja alamat rumahmu via emailku di: eharmayaku@yahoo.com

Akan kukirim sesegera mungkin. :)

nnga.ngelinaa mengatakan...

adeknya tau ndak nih diprmosiin ginih?? hhehe... adek kaka jadi dokter... mmh, sukses yaa... mana poto adeknya udah gede?? :D

Andri mengatakan...

@ Angga:
Sengaja gak tak tampilin fotonya ngga..Takutnya kalo ntar malah ngrusak pasaranku..hahaha.. :D

eLpHieNa mengatakan...

weh...takut ngrusak pasaran apa takut kalah saingan...wkekeke....piz dok...

lha iya mbok ya dipasang poto yg udah gedenya...itung2 amal toh promosiin adek...huhu...kali aja ntar ada cewek2 yang pada ngantri.... @.@

Judith mengatakan...

Bar nge klik pojok nduwur kiwo, mampir dilut. Met wiken Ndri ...*melambaikan tangan

ijal mengatakan...

wah... bikin klinik bareng dong mas? Kalau saya sama kedua orang kakak saya yang juga dokter, bedanya, kakak pertam --> dia lebih telaten dalam kerja, makanya jadi dokter bedah..

kakak kedua dia lebih telaten dalam bicara sama pasien.. makanya berniat daftar ke psikiatri..


saya? Bingung.. hehe...

Recent Comments