Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Selasa, 14 April 2009

Travellous: A Travel Journal

Info Buku:

Tebal : xvi + 213 halaman.
Cetakan Pertama : 2009
Penulis : Andrei Budiman
Penerbit : Travellous Publishing (independen)

Sebuah buku yang berasal dari tulisan di blog kembali diterbitkan. Anda pasti sudah tidak asing dengan Kambing Jantan-nya Raditya Dika, apalagi beberapa waktu yang lalu buku tersebut diangkat ke layer lebar. Buku yang diangkat dari blog travellous.blogspot.com ini setipe dengan karya Raditya yang non fiksi. Berisi kisah perjalanan Andrei selama menjadi backpacker di Eropa.

Seperti disebutkan dalam blognya, bahwa pendistribusian blog ini sepenuhnya dilakukan secara independen, artinya tanpa campur tangan penerbit. Saya sendiri memesannya langsung via travellous@gmail.com dan beruntung mendapat tanda tangan langsung dari penulis.

Backpacker memang menjadi semakin familiar di telinga saya apalagi setelah Andrea Hirata mengemas kisahnya dengan apik dalam buku Edensor. Tidak semua orang Indonesia mampu menjadi backpacker di Eropa. Karena itu, kisah siapa pun yang pernah menjalaninya sangat layak untuk disimak.

Sampul buku yang dihiasi dengan beberapa foto hasil jepretan sendiri seolah ingin menegaskan kembali bahwa buku ini memang benar-benar buku yang membahas tentang menariknya berjalan-jalan di Eropa, dan itu bisa ditempuh dengan biaya seadanya, dengan menjadi backpacker tentunya.

Andrei mengawali kisah perjalanannya dari Singapura dan Malaysia sebelum akhirnya mendarat di Jerman. Banyak pengalaman seru yang dialami selama perjalanan. Selama perjalanan ini pula Andrei bertemu dengan orang-orang dengan budaya yang berbeda-beda. Miss in sense, yang terjadi karena bertemunya dua orang dari budaya yang berbeda, menurut Andrei adalah salah satu hal menarik dalam perjalanan lintas negara (halaman 11).

Di beberapa bagian, terlihat sekali bahwa Andrei ingin menampilkan ramahnya orang Eropa. Misalnya saja saat seorang polisi bandara di Frankfurt Airport Jerman yang menawarinya ponsel untuk menelepon seorang temannya. Padahal saat itu Andrei benar-benar sudah kehabisan uang (halaman 35). Atau tentang ramahnya keluarga tempat Andrei menumpang selama bertempat tinggal di St. Etienne (halaman 71).

Dari seluruh tokoh yang ada, rupanya ada tiga tokoh yang sangat ditonjolkan. Tiga tokoh itu adalah Andrei sendiri, Jules dan Ling. Jules dan Ling adalah gadis-gadis cantik keturunan Cina yang menjadi sahabat Andrei selama di Eropa, walau pun dalam perjalanannya hubungan mereka menjadi lebih dekat. Lantas siapakah yang akan ‘dipilih’ Andrei? Silakan Anda cari tahu sendiri.

Beberapa foto juga dselipkan di antara kisah-kisah itu. Dan ini bisa saja menjadi daya tarik tersendiri, karena kita tak perlu repot membayangkan bagaimana artistiknya Grand Palace di Brussel, atau seperti apa cantiknya Jules.

At the top of that all, membaca buku sepenuhnya sangat dipengaruhi oleh selera, jadi mungkin tidak setiap orang akan menyukai buku ini. Tapi bila Anda kebetulan adalah penyuka buku petualangan-romantis, maka Anda tidak salah pilih.

13 komentar:

Henny Y.Caprestya mengatakan...

buku tentang travelling yah??
dari blog juga??
aku pernah baca cado-cado (catatan dodol calon dokter) itu juga kayak raditya dika, lucu.tapi bukan diangkat dari blog.

salam kenal pak dokter :)

Henny Y.Caprestya mengatakan...

bingung mau balas kemana, nggak ada shoutmix sih.
cado-cado bukan raditya dika yg nerbitin pak, tapi penerbitnya sama dengan yang nerbitin buku raditnya dika. namanya gagas media

mancaracat mengatakan...

weh...udah punya bukunya ieh...selamat ya andrei

Anonim mengatakan...

Jeng Sri: ernah tau tapi blum pernah baca...nampaknya keren tuh,ngantri ah :p ...yg jelas selesai the alchemist ma TA ku... :D

tantur syah mengatakan...

mas andri juga bisa bikin buku petualangan di kapuas...

travellous mengatakan...

Thanks reviewnya Ndri! seeph, like it!

giliran kmu sekarang yg nerbitin buku ^_^v (ak tunggu)

Judith mengatakan...

Enak ya di Ina mo nerbitkan buku nggak senjlimet di tempatku.. ya ampyuunn dah njlimet carane, kena pajak pula. Selamat buat Andrei dan Andri tak tunggu bukumu yaw ;)

BIG SUGENG mengatakan...

Tidak begitu lama lagi mudah2an akan terbit dengan nama pengarang yang hampir sama. Mudah2an ya ....

Dukun Digital mengatakan...

Bro,giliran sampeyan. bloge ndang dibukukan... aku pesen nomer siji...!!

bhogey mengatakan...

setuju ma komen2 diatas..
om andri juga bisa buat buku neh,,hha

kan andrea udah, andrei juga udah, tinggal andri sekarang,hha

ririn mengatakan...

hekekekeke... pak dokter baca juga.. :D

yendoel mengatakan...

sudah mau pesan bukunya langsung ke Rei-nya. tapi kudu titip adik buat transfer dulu.
btw, layout kita sama yah, tapi aku dihias oleh teman blog juga yg sgt berbaik hati.

eMo mengatakan...

hihi... nama kalian mirip...
kapan nih nyusul bikin? biar M ada bahan buat review lagi hehe

Recent Comments