Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Sabtu, 28 November 2009

Tempat terFavorit di Rumah

Tempat favorit dari rumahku adalah lantai atas, tepatnya pada bagian teras depan. Bagian itu menghadap ke arah timur. Tempat dimana aku biasa bersantai, melamun, memandang awan sembari merokok. Dari sana aku bisa memandang Gunung Lawu nan gagah serta hamparan hutan kayu putih yang hijau. Jika beruntung, aku juga bisa saja memandang sunrise berujud bola orange yang ada di ufuk timur. Sedangkan jika melihat ke arah selatan maka akan nampak bukit setengah gundul. Gunung Gandul namanya.

Luas teras itu sempit saja, mungkin cuma 2,5 m x 2,5 m. Di sana ada satu pot berisi tumbuhan gelombang cinta. Di sebelah kiri ada pohon mangga yang tak terlalu rimbun daunnya. Di situ seringkali burung-burung bertengger seenaknya sembari melantunkan nyanyian yang aduhai merdunya. Ruangannya yang tenang membuatku bisa berpikir dengan jernih. Tak jarang ide-ide pun muncul di tempat ini. Dan mungkin ide terbesar yang pernah lahir di sini adalah konsep tentang acara orientasi mahasiswa, dimana angkatanku waktu kuliah dulu menjadi panitia.

Saat kuliah dulu, tempat ini menjadi tempat berkumpul teman-teman yang kebetulan main ke Wonogiri untuk memancing di Waduk Gajah Mungkur. Selepas mendapat ikan, entah itu nila atau pun wader, mereka biasanya mampir dulu di rumahku. Ikan-ikan itu kami cuci lalu kami goreng. Ditambah dengan sayur daun singkong buatan ibu, sudahlah cukup untuk mengganjal isi perut. Kami senang sekali waktu itu.

Belajar tablature gitar macam “Nothing Else Matters” nya Metallica sampai “Stairway to Heaven” nya Led Zeppelin pun kulakukan di sini. Selain tenang, ruangan ini pun jauh dari ruang keluarga. Dengan begitu aku tak perlu risau suara gitarku yang aneh dan menyayat-nyayat hati itu akan mengganggu orang lain.

Dan akhir-akhir ini, tempat itu semakin sering kupakai saja. Tinggal mencolokkan modem SMART maka aku bisa internetan sesuka hati, tentu saja dengan ditemani udara yang sejuk dan segar serta kicauan burung nan merdu.


"Gunung (atau bukit?) yang ada di kejauhan itu lah yang namanya Gunung Gandul. Wonogiri, sesuai namanya, memang dikelilingi oleh hutan dan gunung. Foto itu baru saja aku ambil tadi sore dengan kamera handphone. Kamera digitalku rusak dan mungkin butuh waktu agak lama untuk memperbaikinya" :(

7 komentar:

berkarya merajut harapan mengatakan...

ngelamunin apa dok?

Andri Journal mengatakan...

dokter tantur maw tauuu aja... :P

Vicky mengatakan...

Aku punya masalah dengan yang namanya duduk di teras. Saban kali aku duduk di teras belakang rumah, aku pasti digigit nyamuk.. :-D

atmo mengatakan...

kok gunung gandul ? emang apa sing gumandhul ?

nurrahman mengatakan...

weleh2, jadi kepengen punya rumah berlantai dua, hehe

Andri Journal mengatakan...

@atmo:
kurang tahu pak.setahuku sih ada batu besar yang 'gumandhul' di puncak gunung.jadi kalo terjadi longsor, kemungkinan batu besar itu bakal 'ngglinding' ke bawah. @.@
@nurrahman:
sip sip..
@vicky:
katanya,nyamuk yg nggigit itu semuanya nyamuk betina ya?bener gak sih?

yenni 'yendoel' mengatakan...

hati2 banyak nyamuk dok! pakai autan dulu..hehhehehee

Recent Comments