Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Rabu, 06 Juni 2012

Infeksi Luka Operasi

Superficial Incisional Surgical Site Infection

Harus ditemukan kriteria berikut: (1) infeksi terjadi dalam setelah prosedur operasi; (2) hanya pada kulit dan jaringan subkutan pada tempat insisi; (3) penderita terdapat paling sedikit satu hal berikut: (a) drainase purulen dari insisi superficial; (b) kuman dapat diisolasi dari biakan yang diambil secara aseptic berasal dari cairan atau jaringan pada insisi superficial; (c) paling sedikit satu dari tanda dan gejala infeksi (nyeri atau nyeri tekan, bengkak terlokalisir, kemerahan, hangat); (d) diagnosis superficial incisional SSI oleh dokter bedah atau dokter yang merawat.

Deep Incisional Surgical Site Infection

Harus ditemukan kriteria berikut: (1) Infeksi terjadi dalam 30 hari setelah prosedur pembedahan jika tidak ada implant yang ditinggal pada tempat tersebut atau dalam 1 tahun jika implant ditempatkan pada dan infeksi yang terjadi berhubungan dengan prosedur pembedahan; (2) melibatkan jaringan ikat dalam (misal lapisan fascial dan otot) pada insisi; (3) penderita memiliki paling sedikit satu dari berikut: (a) drainase purulen dari insisi profunda tetapi bukan berasal dari komponen organ/ rongga dari daerah pembedahan; (b) insisi dalam spontan mengalami dehiscens; (c) abses atau bukti lain infeksi yang melibatkan insisi dalam yang ditemukan pada pemeriksaan langsung, selama pembedahan ulang (reoperation), atau dengan pemeriksaan histopatologis atau pemeriksaan radiologis; (d) diagnosis sebagai deep incisional SSI oleh dokter bedah atau dokter yang merawat.

3 komentar:

obat herbal jantung mengatakan...

luka bekas operasi memang rentan terkena infeksi

pulsa mengatakan...

yang saya bingung, kenapa dokter2 di Indonesia selalu anti dengan obat2an China. Yang saya tau, ada 1 obat China yang harganya lumayan mahal namun terkenal ampuh untuk menyembuhkan infeksi. Coba deh...

zona berita mengatakan...

waduh...
amit2 cabang bayii....
jangan sampe dah....
heheheh

Recent Comments