Quote




Be thankful for what you have; you'll end up having more. If you concentrate on what you don't have, you will never, ever have enough.

~ Oprah Winfrey

Kamis, 30 Oktober 2008

Kiriman dari Paris



Saat sedang naik taksi air dari Kapuas menuju Terusan Tengah, saya mendapat SMS dari ibu saya di Jawa. Kata beliau, saya mendapat kiriman dari Paris. Ketika saya membaca SMS itu saya tersenyum. Alasan pertama kenapa saya tersenyum adalah, saya bangga karena ibu saya yang gaptek bukan buatan itu akhirnya bisa menulis SMS juga. Alasan kedua, apalagi kalau bukan karena perasaan senang. “Akhirnya nyampai juga kiriman dari mbak Lisa”, batin saya.

***

Saya menemukan mbak Lisa seperti halnya saya menemukan mbak Judith. Prosesnya sama persis. Jika saya menemukan mbak Judith dari blognya mas Dony, maka saya menemukan mbak Lisa dari blognya mbak Dyah.

Dan lagi, saya menemukan blog mas Dony seperti halnya saya menemukan blognya mbak Dyah. Pertemuan itu diawali dengan apa yang saya sebut sebagai Blog Search. Begini ceritanya…

Saat awal-awal blogging, saya memiliki sebuah protap (prosedur tetap) blogging. Mula-mula, saya menulis sebuah artikel dalam blog. Biasanya artikel yang saya tulis itu berhubungan dengan masalah kesehatan dan atau kedokteran. Selanjutnya, saya mencari blog yang sesuai dengan tema artikel yang saya tulis tadi melalui sebuah fasilitas internet bernama Blog Search. Saya ingat betul, blog Putera Daerah saya temukan saat saya sedang posting tentang insomnia, dan blog mbak dyah saya temukan saat saya sedang posting tentang urtikaria.

Protap itu saya jalankan dengan harapan bahwa saya akan mendapatkan umpan balik dari blog yang saya beri komentar. Artinya, saya ingin berdiskusi tentang masalah itu. Sebenarnya, hingga kini pun saya ingin menjalankan protap itu. Apa daya, waktu sehari hanya terdiri atas 24 jam, dan saya tidak punya cukup waktu untuk Blog Search dengan kondisi saya sekarang ini.

Mbak Lisa adalah salah satu pengunjung Dunia Aqila, blognya mbak Dyah. Tanggal 25 Februari 2008 adalah saat dimana saya pertama kali berkunjung, melalui sebuah ketertarikan terhadap foto profil yang kala itu bergambar penari Bali. Pelajaran moral ke-duabelas : buat lah foto profil Anda semenarik mungkin jika ingin traffic ke blog Anda naik. Memajang foto gadis berambut lurus panjang menurut saya patut dicoba.

Saat itu mbak Lisa sedang posting tentang ulang bulan anaknya, Celia, yang saat itu genap berumur 1,5 tahun. Posting tentang ulang bulan berikut perkembangan yang telah dicapai si kecil Celia – baik motorik maupun bahasa, adalah ciri khas blog mbak Lisa yang pertama.

Sejak saat itu, saya jadi sering berkunjung ke Une Nouvelle Vie, nama blog mbak Lisa, meskipun jarang memberi komentar. Jarang berkomentar bukannya malas, tapi lebih karena memang saya tidak paham dengan seluk beluk Perancis, apalagi bahasanya yang sengau itu. Jika ingin berlatih bahasa Perancis, maka berlangganan artikel dalam blog ini sangat saya anjurkan. Ungkapan sederhana semisal “bonjour” untuk “pagiii…” sampai lirik lagu “les petits oiseaux là haut volent volent voooolent….”, semuanya ada. Bahasa Perancis, bagaimana pun juga adalah ciri khas blog mbak Lisa yang kedua.

Selain seorang ibu yang memperhatikan perkembangan anaknya dan juga blogger yang berbahasa gado-gado Indonesia-Perancis, mbak Lisa juga adalah fotografer yang patut diperhitungkan karya-karyanya. Hasil-hasil fotonya sangat enak dilihat, setidaknya lebih enak dilihat dari foto-foto di blog saya yang kebanyakan diisi oleh wajah monyet si pemilik blog, dan penis tentu saja. Dari Une Nouvelle Vie Anda bisa mengetahui tempat-tempat yang layak dikunjungi bila sekali waktu hendak jalan-jalan ke Paris. Tidak hanya foto, tapi juga deskripsi singkat tempat tersebut, dan bahkan peta! Simak saja…

Voguéo adalah salah satu pelayanan transport umum sungai Seine. Pelayanan Voguéo ini dimulai sejak akhir juni kemarin. Kapalnya berbentuk Catamaran dg kapasitas 75 orang. Kalo mau, kita juga bisa berdiri dibelakang. Rutenya melayani 4 perhentian di timur paris: Austerlitz - Bercy - Ivry - Maisons Alfort. Harga tiketnya 2 kali harga tiket metro, 3 euro per orang. Kalo punya tiket abonemen metro, tidak perlu bayar lagi.”

Informasi wisata Perancis, adalah ciri khas blog mbak Lisa yang ketiga.

Sebagai penutup, saya ingin mengajukan sebuah permohonan kepada mbak Lisa:
(posisi jongkok dengan tangan menengadah, sambil berlinangan air mata)

“Mbak Lisa…jika saya nanti bulan madu ke Paris bersama istri saya…maka ijinkan lah saya menumpang di rumah Anda. Merci.”

Bonne journée!




8 komentar:

eLpHieNa mengatakan...

Wah foto2nya memang menarik tuk dpandang...Itu foto anakx toh siCelia?Lucu bangedz...Anak blasteran ya jadinya?Hehe...Moga2 anakq nanti lebih cantik dari Celia hehehe...meski mungkin buatan asli Indonesia.. ;p

Lisa mengatakan...

Hua ha ha ha lucu sekali Ndri review nya. Untuk paragraf terakhir boleh2 aja, kenalin dulu dong calonnya :-)

Dony Alfan mengatakan...

Kapan neng Paris?
Si Panjul tukang gunem kae ngakune lulusan sastra Prancis, tapi bahasa Prancis-e plegak pleguk, wekekeke.

piyek mengatakan...

Eh, Ibu mu sama kayak si Mamah. Baru bisa kirim sms. Selama ini hp dipake buat nelpon aja. Hehehe..

Btw, kalo kamu ke Paris (entahkapan), jangan lupa oleh2 buatku ya.. :D

Andri mengatakan...

@ dik Fina:
Amiin...Kudoakan anakmu ntar kalo cewek semanis kamu dan kalo cowok semanis aku...Amiin...Amiin...Ya Robbal alamiin...

@ mbak Lisa:
Ayo...ayo...yang merasa silakan kenalan langsung sama mbak Lisa...hihihi... ^^

@ mas Dony:
Lulusan fakultas sastra Prancis jurusan Solo-Jogja toh?

@ Piyek:
Ok. Doakan saja semoga rejekiku lancar, supaya punya cukup dollar buat beli tiket pesawat...Perkara oleh-oleh gampang, asal aku gak lupa aja... ;p

wirati mengatakan...

looo, kiriman untukku mana nih.....
udah ditunggu ama Bintang.. he.he.he.. canda lagi dri...
selamat deh, semoga makin byk dpt oleh-oleh

rina mengatakan...

Hai, salam kenal ya. Just blogging around, dan tertarik dengan tulisan di tempat ini ;-)

Judith mengatakan...

Piye kabarmu adiku? :D

Ben cepet iso bahasa Perancis kiy pencet irungmu Ndri pas ucapan huruf sengau. Kabar2i mbakyumu iki nek kowe wes kepethuk calonmu Ndri he he!

Met wiken ya Ndri, salam nggo Piyek nek kowe ketemu :).. Maturnuwun

Recent Comments